Bahas Tuntas Laser FRAXEl yuk..


Fraxel? Laser apa sih itu?
Fraxel adalah prosedur laser revolusioner yang membantu untuk meremajakan kulit. Fraxel adalah pelopor jenis laser "fractional photothermolysis" – fototermolisis terfraksi-, teknologi di mana ribuan kolom laser mikroskopis yang tidak terlihat mata - masing-masing hanya 1/10 diameter folikel rambut - mengobati area kulit pada suatu waktu tanpa mempengaruhi jaringan/kulit sehat sekitarnya. Kolom ini merangsang produksi kulit baru yang lebih baik, halus, sehat untuk menggantikan jaringan kulit yang rusak.


Apa sih perbedaan Fraxel dari prosedur laser peremajaan kulit lainnya?
Di dunia laser, terdapat dua jenis perawatan laser yang tersedia untuk perawatan kulit/kosmetik; yaitu jenis laser ablatif dan jenis laser non-ablatif.
Perawatan ablatif menggunakan suhu tinggi untuk menguapkan jaringan kulit yang tidak diinginkan, hasilnya lebih efektif, tetapi dengan efek samping yang signifikan/nyata dan butuh beberapa minggu waktu pemulihan (downtime).
Sedangkan perawatan Non-ablatif, memiliki efek samping yang sangat sedikit dan downtime yang rendah, tetapi memerlukan perawatan berkali-kali untuk menghasilkan hasil, dan umumnya hasilnya tidak sedramatis perawatan ablatif.
Nah, Laser Fraxel tidak termasuk kedalam kedua jenis perawatan ini, namun berada diantara keduanya. Fraxel memberikan hasil efektif dan nyata hampir menyerupai pengobatan laser ablatif dengan downtime dan efek samping minimal seperti laser non ablatif. Jadi kita mendapatkan yang terbaik dari dua jenis perawatan tersebut: hasil yang dramatis dan downtime lebih sedikit.

Apa saja manfaat pengobatan Fraxel?
Fraxel dapat digunakan untuk berbagai masalah kulit di berbagai area kulit seperti wajah, leher, tangan, perut, bokong, dan lain-lain.
Manfaat utama Fraxel adalah:
·      Peremajaan kulit, kulit tampak lebih muda, halus, dan segar
·      Tekstur kulit membaik
·      Menghilangkan bintik-bintik coklat di permukaan kulit
·      Mengurangi garis halus dan kerutan di sekitar mata
·      Mengurangi skar bekas jerawat dan bekas luka bedah
·      Membantu mengurangi flek hitam (melasma) yang dangkal
Selama ini Fraxel merupakan laser pilihan saya untuk mengurangi skar bekas jerawat, untuk mengurangi flek hitam yang membandel (resisten dengan pengobatan lain), juga untuk peremajaan kulit.

Area terbanyak yang dikerjakan tentunya wajah. Beberapa kasus selain wajah yang juga pernah dikerjakan meliputi leher, tangan, lengan, kaki, perut dan juga bokong. 

Apa Fraxel sudah mendapatkan rekomendasi FDA (Food & Drug Administration USA)?
Ya, Fraxel sudah mendapatkan rekomendasi FDA untuk berbagai kelainan, meliputi:
-       Keriput di sekitar mata (keriput periorbital)
-       Skar bekas jerawat atau bekas luka
-       Bintik / bercak coklat karena usia atau matahari
-       Melasma / Flek hitam
-       Actinic keratosis (lesi prakanker)
-       Skin resurfacing

Apakah ada persiapan sebelumnya melakukan perawatan Fraxel?
Fraxel harus dikerjakan pada kulit yang “primed”, yaitu sudah dipersiapkan sebelumnya dengan menggunakan krim perawatan harian dirumah selama 1-4 minggu sebelum jadwal Fraxel.
Krim perawatan diberikan sesuai dengan permasalahan dan jenis kulit pasien.

Bagaimana prosedur perawatan Fraxel?
Pertama, kulit dibersihkan. Kemudian, sekitar 60 menit sebelum perawatan, salep anestesi topikal akan dioleskan merata pada daerah
Prosedur Fraxel sendiri membutuhkan waktu 20 sampai 25 menit untuk seluruh wajah.

Berapa kali perawatan yang dibutuhkan dan bagaimana jedanya?
Studi klinis menunjukkan bahwa rata-rata rangkaian pengobatan yang efektif adalah 4 sampai 6 sesi berjarak sekitar 4 minggu sekali.
Hasilnya biasanya mulai terlihat setelah 2 sampai 3 bulan.

Apakah perawatan Fraxel rasanya sakit?
Sebagian besar pasien menggambarkan sensasi panas selama perawatan. Untuk meminimalkan ketidaknyamanan, biasanya saya memberikan salep anestesi (kebal) yang lebih tebal dan merata 60 menit sebelum prosedur dan selama prosedur dibantu dengan Zimmer (udara dingin) yang juga akan mengurangi rasa panas. Bila dirasa masih sakit/panas, umumnya akan diresepkan obat minum anti sakit untuk diminum sebelum prosedur dimulai. 

Rasa sakit/panas ini umumnya hilang setelah prosedur selesai, paling lambat 1 jam setelahnya.


Apa yang terjadi setelah perawatan Fraxel?
Selama 24 jam pertama setelah perawatan, kulit terlihat merah dan mungkin tampak sedikit bengkak. Bengkak umumnya hilang setelah 1-2 hari, merah akan menghilang setelah 3-7 hari.
Selama 1 minggu setelah perawatan, akan ada krim yang harus digunakan. Krim yang digunakan sehari-hari sementara dihentikan.

Perawatan apa yang harus dikerjakan dirumah?
Selalu oleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, hindari paparan sinar matahari berlebihan selama 3 bulan setelah pengobatan terakhir, dan pakai topi lebar atau payung ketika Anda di bawah sinar matahari langsung.
Selain itu akan ada krim perawatan untuk digunakan selama proses perawatan (4-6 bulan).

Apa efek samping yang dapat terjadi?
Intensitas dan durasi efek samping tergantung pada agresivitas pengobatan dan jenis kulit pasien.
Efek samping sementara yang dapat terjadi meliputi gatal-gatal ringan, kulit kering, mengelupas, dan kulit terlihat lebih gelap dan hiperpigmentasi (bercak gelap). Efek samping seperti  infeksi dan jaringan parut secara teoritis dapat terjadi walaupun jarang.
Sampai saat ini, saya sangat puas dengan hasil laser Fraxel, terutama untuk mengurangi skar bekas jerawat.

Special Note : 
Sepanjang pengalaman saya, efek samping yang dapat ditemui pada kulit Asia adalah kemerahan yang berkepanjangan dan hiperpigmentasi, yang akan menghilang dalam 3-12 bulan setelah prosedur selesai. Efek samping lain jarang ditemukan. Efek samping seperti infeksi dan jaringan parut hampir tidak pernah ditemukan.

Walaupun belum diteliti secara pasti, berdasarkan pengalaman, secara umum efek samping Smartxide dan Fraxel mirip, hanya pada Smartxide dengan tipe jenis kulit yang sensitive atau tipe kulit yang rentan merah atau hiperpigmentasi, maka risiko merah dan hiperpigmentasi lebih tinggi dari Fraxel. 

Baik laser Smartxide maupun Fraxel, merupakan laser yang aman dan efektif, namun tetap memiliki risiko efek samping. Risiko efek samping ini akan meningkat pada pasien yang sehari-hari sering terkena panas dan sinar matahari, pasien yang tinggal di kota yang panas/sinar matahari kuat, dan pada pasien dengan kulit sensitif. 
Diskusikan dengan dermatologis secara mendalam sebelum memulai terapi ini. 






Tagline Fraxel dari www.fraxel.com 



Untuk informasi lebih lanjut tentang Fraxel, silakan klik   FRAXEL ya..  

Untuk Peremajaan dengan FRAXEL (Fractional EpiRejuvenation Peeling), dapat dibaca disini ya..

Untuk terapi StretchMark dengan FRAXEL, dapat dibaca disini ya..



Komentar

  1. dok,
    kalau untuk abnom atau hori's nevus dermal pigmentation, fraxel bisa? atau tetap mesti pakai laser nd yag 1064nm and 532nm? procedure-nya bagaimana dan berapa kali dan berapa lama processnya? mohon infonya.
    thanks.

    BalasHapus
  2. Dear Fay, untuk Hori Nevus, laser terbaik adalah NdYAG 1064nm. NdYAG dikerjakan tiap 6-8 mg/x, umumnya butuh minimal 4 kali. Bila tetap membandel setelah 4-6x dikerjakan, Fraxel dapat dicoba dilakukan. Trims..

    BalasHapus
  3. halo dokter,
    apakah perwatan ini boleh di lakukan kepada ibu menyusui, saya punya masalah melasma, lama sebelum hamil sudah ada, skrg sy mau melahirkan dan akan memberkan ASI..
    terima kasih

    BalasHapus
  4. Untuk ibu menyusui, tidak ada kontraindikasi mutlak, tapi sebaiknya menunggu setelah menyusui selesai, karena sebelum Fraxel, akan diberikan berbagai krim untuk persiapan yang digunakan di rumah, dan juga krim saat dan setelah laser. Supaya semua krim dapat diberikan dengan optimal, sebaiknya menunggu setelah ASI selesai. trima kasih..

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. dokter senin sudah tidak praktek lagi ternyata ya??

    saya ada rencana mau ke erha pik dokter,, kalau masih ada jerawat apakah boleh di laser?? apakah bisa benar2 mulus dok? jerawat saya sudah banyak yang mengecil jadi tidak terlalu parah sih dokter, biaya untuk laser itu berapa ya? apakah ada paket atau gimana dokter? hehe mohon dibalas yah terimakasih banyak dok

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. dokter,
    saya mau tanya perbedaan laser fraxel dengan smartxide. Lebih efektif yang mana untuk menghilangkan scar bekas jerawat? Proses smartxide bagaimana? dan biasanya perlu dilakukan berapa kali? Terimakasih dok...

    BalasHapus
  9. Halo Elis.. Pemilihan laser fraxel dan smartxide adalah berdasarkan jenis kulit pasien, aktivitas sehari-hari pasien dan juga biaya. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri.
    Seperti Fraxel, smartxide perlu dilakukan 4-6 kali dengan jarak 1 bulans ekali untuk mendapatkan hasil yang ideal.
    Mudah-mudahan jelas ya..

    BalasHapus
  10. Adakah perawatan jerawat dan scar jerawat untuk ibu menyusui?
    terima kasih

    BalasHapus
  11. Halo Rahma, untuk ibu menyusui dapat melakukan pengobatan untuk jerawat dengan krim anti jerawat selama bahan aktifnya aman untuk ibu meyusui. Untuk obat oral memang biasanya dihindari dulu, kecuali sangat dibutuhkan. Untuk skar jerawat dapat mengerjakan berbagai terapi seperti Chemical Peeling, DermaRoller dan Laser (Fraxel, Smartxide). DermaRoller dan Laser dapat dilakukan pada ibu menyusui. Mudah-mudahan membantu ya..

    BalasHapus
  12. Dok, sy mau tny. sy pny mslh di kaki.tanda bekas di gigit nyamuk berwarna hitam. sy sgt sensitif sekali kl kena nyamuk. sy garuk lgsg merah, luka, perih,lm2 hitam.
    apakah dgn tindakan laser tanda hitam pasti hilang?
    atau pelu suntik vit c saja
    thanks

    BalasHapus
  13. Halo Cincin.. untuk bekas hitam karena gigitan nyamuk, tidak perlu langsung laser. Bisa dimulai dengan krim dulu dan cairan peeling yang bisa digunakan di rumah. Bila belum berhasil, bisa melakukan peeling di klinik. Kalau belum juga, baru silakan pertimbangkan laser. Seperti tindakan lainnya, laser untuk bekas hitam membutuhkan lebih dari 1 sesi dan tidak bisa menjamin 100% hilang. Mudah-mudah-an terjawab ya..

    BalasHapus
  14. dok saya mau tanya, kalo untuk muka berminyak dan berjerawat yg besarbesar.. biayanya berapa ya?

    BalasHapus
  15. lanjutan pertanyaan yg tadi.. perawatan nya apa saja yaa?? saya sudah ke rscm dan lbc tapi belum ada perubahan, semenjak kuliah dengan jarak yg cukup jauh muka saya makin sering berjerawat

    BalasHapus
  16. Halo Wulan.. laser fraxel tidak dilakukan pada kulit yang masih berjerawat. Untuk kulit jerawat, pengobatannya tergantung jenis kulit dan keparahan jerawat. Secara umum pengobatan meliputi penggunaan krim topikal dirumah sehari-hari, obat minum bila perlu, serta menghindari faktor pencetus jerawat. Bila dibutuhkan dapat dilakukan tindakan seperti Acne Peeling, KIL (suntik jerawat) dan Acne Blue Light Therapy. Untuk jelasnya, silakan Wulan buka tulisan saya tentang jerawat ya.. Mudah-mudahan membantu ya..

    BalasHapus
  17. hallo dok

    nama saya selvie, sy ada masalah scar jerawat yang parah (dibagian dagu), sedih rasanya

    kemarin saya ke erha sby, mustinya saya minta difraxel (saya pernah 1x fraxel sebelum kena masalah scar baru ini), dan karena lasernya lagi rusak, maka saya disarankan untuk melakukan vbeam laser, untuk menaikkan kolagen

    pertanyaan saya dok, apa laservbeam bisa menaikkan kolagen, berapa% hasilnya dok ? karena setahu saya laser ini hanya untuk menghilangkan bekas merah saja ...

    berapa kali harus dilakukan dan jangka waktunya berapa lama ?

    menurut dokternya, dia punya pengalaman dengan scar jerawat dan dilaser vbeam terus, dan bisa naik kolagennya tapi 6 bulan :(

    scar ini bikin saya ga pede dok, risih dan sedih rasanya :(

    sekian dok,thanks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo selvie..
      bergantung dari jenis skarnya, terkadang memang Vbeam digunakan untuk merangsang kolagen baru. Hasilnya variatif tergantung dari bentuk dan kedalaman skarnya, walaupun tentunya masih dibawah Fraxel. Dan tentunya membutuhkan terapi serial sedikitnya 4-6x.
      Pilihan lain yang Selvie juga bisa tanyakan ke dokternya, adalah DermaRoller. Umumnya untuk skar, pilihan terapi yang umum adalah Office Peeling, DermaRoller, laser Fraxel / Smartxide.
      Demikian dan mudah-mudah-an membantu ya...

      Hapus
    2. thanks dok atas replynya :)

      sorry mau nanya lagi dok, ok utk serial 4-6x, selang waktu nya berapa lama ya, apakah 3 minggu sekali cukup, dok ?

      syukur kalau dengan vbeam saja bisa menyamarkan scar ini (dari bentuk sepertinya box scar), sambil menunggu 2nd fraxel

      sekian dok, thank you :)

      Hapus
    3. Untuk intervalnya 4 minggu sequel..

      Treatment terbaik tentunya tetap Fraxel, tapi sambil menunggu, Vbeam boleh dilakukan. Vbeam akan membantu menyamarkan scarnya, namun ekspektasi hasilnya tentunya jauh dibawah Fraxel ya..

      salam..

      Hapus
    4. alo dokter,

      dok..kalau laser rejuvenation apa bisa mengatasi acne scar yah ?
      tempo hari saya ke erha sby dan ternyata mesin fraxel nya tdk bisa digunakan dan kelihatannya tidak terima fraxel lagi dan disarankan untuk derma roller atau laser rejuvenation saja (kalau derma roller saya kok kurang yakin ya dok apalagi melihat prosesnya di youtube yang mengerikan hehe...)

      Dari hasil fraxel yang pertama, sebenarnya saya cukup puas dan ingin melakukan fraxel lagi yang ke-2 terutama utk treatment kontinyu dari fraxel pertama end july lalu, untuk perbaikan acne scar yang menjadi masalah utama saya

      Apa bisa saya melakukan fraxelnya di jakarta ya dok ?

      demikian dokter, saya tunggu infonya yah
      salam

      Hapus
    5. Halo Selvie..
      laser rejuvenation untuk acne scar hasilnya ada, namun hanya hasil minimal..
      Kalau memang hasil yang dituju, saran saya kerjakan Fraxel di Jakarta saja..
      Selvie bisa menghubungi dokter selvie untuk dibuatkan surat rujukan ke jakarta, dan biasanya akan dibantu oleh pihak klinik untuk mengatur jadwal fraxel supaya tidak memakan waktu (karena dari luar kota).
      tentunya persiapan kulit harus sudah baik ya..
      salam..

      Hapus
    6. alo dokter...
      thanks atas replynya

      untuk biaya laser fraxel berapa ya dok, full face dan mid lower face atau ada pilihan lain misalnya utk bagian dagu saja ?





      Hapus
    7. dok, lupa nanya untuk laser fraxel ini tersedia di erha jakarta yang mana saja ya?
      kemanggisan saja atau ada cabang yang lain supaya saya bisa plan untuk transportasi nya

      thanks dok :)

      Hapus
    8. Dear Selvie..
      kalau untuk biaya, silakan ditanyakan ke klinik langsung ya..
      Di jakarta, fraxel ada di erha kemanggisan dan erha kelapa gading..
      salam..

      Hapus
  18. Halo dok,

    Saya numpang nanya, di klinik dokter menyediakan fraxel repair tidak?

    Saya punya beberapa acne scar yang superficial, tidak dalam dan acne scarnya kecil kecil. Saya pengen banget itu ilang cepat. Saya research di internet dan menemukan bahwa fraxel repair sangat cocok untuk scarring karena cuman memerlukan 1 sampai 3 sesi dan lebih efektif dari fraxel restore yang biasanya yang memerlukan 4 sampai 6 sesi.(kalau saya salah, tolong benarkan)

    Selain itu, saya juga mau nanya apakah ada limit umur untuk melakukan fraxel? Apakah aman pada teenager umur 15-20 tahun?

    Trima kasih dok!! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Malvin..
      Jenis Fraxel yang tersedia di erha clinic kemanggisan adalah Fraxel Restore (1550 nm), jenis Fraxel yang non-ablative (minimal down time). Untuk Fraxel RePair, termasuk jenis Fraxel yang ablative (significant down time), termasuk jenis Fractional Co2 Laser.
      Untuk Fractional CO2 Laser, di erha clinic tidak menggunakan Fraxel Repair, melainkan menggunakan Laser Smartxide (dari DEKA, Italy).
      Fraxel Repair dan Smartxide merupakan jenis Fractional CO2 Laser.

      Tidak ada limit umur untuk dikerjakan, selama indikasinya sesuai dan kulit sudah dipersiapkan dahulu sebelumnya (Priming).

      Mudah-mudah-an jelas ya..

      Hapus
    2. Trims dok! Saya ada pertanyaan lagi nicg.
      Bisakah mild acne scars hilang dengan menggunakan smartxide atau setidaknya tersamarkan hingga susah dilihat dengan mata telanjang? Biasanya untuk treat mild scars berapa banyak treatment yang diperlukan? Dan juga berapa banyak percentage improvenment yang dapat ditunjukan biasanya untuk mild scars? Mohon dibantu dijawab dok. Saya serius banget buat memperbaiki tekstur kulit saya? Saya akn an mengunjungi erha setelah banjir surut.

      Hapus
    3. Lupa bilang trima kasih. Thx dok! :)

      Hapus
    4. Ohh satu pertanyaan lagi dok. Apakah smartxide boleh Untuk digunakan sebagai treatment acne scars yang masih merah/coklat?

      Hapus
    5. Dear Marvin,
      umumnya bergantung dari jenis scarnya, mild acne scar membutuhkan 3-4x treatment dengan smartxide, dengan rentang sekitar 4 minggu sekali.
      percentage improvement sangat bergantung jenis scarnya (rolling, boxcar atau ice pick). Jenis icepick paling sulit.. sedangkan rolling dan boxcar lebih baik hasilnya.
      selama acne sudah stabil, smartxide bisa dilakukan walaupun warna scarnya masih merah/coklat..
      trims.. :)

      Hapus
    6. Trims dok!
      Bukannya saya mau menantang, tapi, bukankah smartxide adalah laserablatif dan lebih kuat daripada fraxel restore? Jadinya, apakah seharusnya jumlah smartxide treatment lebih sedikit? Maaf dok agak bingung. Saya akan mengunjungi dokterdi kemanggisan hari sabtu ini. Trims dok :)

      Hapus
    7. Dear Malvin, sori jadi lupa dibalas disini karena sudah ketemu Sabtu lalu.. Mudah-mudah-an Sabtu lalu sudah jelas ya penjelasan saya.. Trims..

      Hapus
    8. Dok, saya tidak bisa laser hari ini biarpun sudah dua minggu karena terkena cacar air. Untungnya cacar air di muka gak banyak. Kira2 beberapa lama lagi yah setelh sembuh cacar air bisa fraxel? thx dok!

      Hapus
    9. Dear Malvin..
      mudah-mudah-an cepat sembuh ya..
      Ditunggu 1 bulan paling ideal dari sejak terkena cacar airnya ya..

      Hapus
  19. dok ,
    mau tny nie laser fraxel brpaan yah .
    skrg saya ada jrwt di pipi kanan kiri abis tu tngal bekas , ada bopeng lgi dok , pori2 saya gede , kulit saya sensitif bgt .thx u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  20. dok saya mau tanya, tadi saya konsultasi di erha untuk fraxel, dan ternyata harus nunggu 4 minggu untuk fraxel, dan setelah itu saya di kasih beberapa obat, yaitu obat cuci muka ACSBP , AF 2, dan mousturizer pagi dan malam namanya zg715 dan untuk malam Aza20gel, yang saya bingung sebelumnya kan saya sudah obat cuci muka , moisturizer dan obat acne yang cocok sama saya dan memakai obat itu acne saya stabil bgt, pertanyaannya, blh nga saya pake obat persiapan fraxel nya saja di tambah obat2 yang biasa saya pakai? karena saya udh cocok bgt sama obat2 yang biasa saya pakai ,

    mohon jawabannya yah dok, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Jack,
      untuk Fraxel memang ada krim persiapan yang perlu diberikan, dan umumnya digunakan 1-4 minggu sebelum Fraxel bergantung dari kondisi kulit.
      Krim apa yang biasanya sudah digunakan ya? Apa saja bahan aktifnya ya?
      Kombinasi dengan krim luar sebetulnya kurang disarankan, terutama bila kandungan bahan aktifnya tidak kita ketahui. Karena ditakutkan ber-reaksi silang dengan obat yang diberikan untuk persiapan Fraxel.
      Saat konsultasi dengan dermatologis, sebaiknya Jack jelaskan krim yang biasa digunakan, supaya dapat didiskusikan bersama, apakah tetap dapat digunakan ataukah tidak.
      Mudah-mudah-an jelas ya Jack..

      Hapus
  21. dok 1 bulan sebelum fraxel itu emang nga boleh kena sinar matahari langsung yah? soalnya saya ada acara di pantai gtu otomatis kena sinar matahari kan, apakah itu harus di hindari? oiya dok waktu itu saya di kasih krim siang gtu yang untuk sebelum fraxel, pas saya pake muka saya jadi merah2 gtu, apakah itu wajar ? soalnya saya kombinasikan obat untuk fraxel dengan obat yang bukan dari erha, karena pas saya konsulktasi dengan bu dian gpp untuk di gabung kan
    tolong di jawab yah bu, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  22. dok nanya donk, kl buat kulit yg pori2nya besar2 donk, ky kulit jeruk gt (scarred pore), bisa di laser fraxel? apakah efektif? hrs berapa kali? pori2 saya besar2 banget donk di hidung dan pipi skitar hidung.. mohon bantuannya yah dok.. thanks, btw saya masih 22 tahun dan kl saya liat teman2nya saya, gada yg pori2nya sebesar ini dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rae,
      Pori-pori besar memang sulit diterapi. Fraxel dapat membantu menyamarkan walaupun tidak sampai hilang betul, umumnya butuh 4-6x dengan jarak 1 bulan sekali.
      Tentunya sebelumnya harus berkonsultasi dulu untuk dilihat langsung kondisi nya ya..
      Mudah-mudahan membantu ya..

      Hapus
    2. jadi kl kasus ky kulit jeruk itu mungkin ga dok buat disamarkan? ato at least dibuat lbh kecil gt dok, kl pori2 gede gini kesannya jadi lbh tua dok, pdhl saya msh 22, oya dok, kl misalnya fraxel, boleh sambil minum isotretinoin ga? skrg saya lagi minum itu dok, dosis nya 10mg.. kl fraxel dibandingin sm smartxide lbh bagus mana buat kulit jeruk gini? thanks yah dok

      Hapus
    3. Dear Rae, disamarkan bisa, tapi tidak dihilangkan ya.. untuk isotretinoin dosis kecil, boleh tidak nya mengerjakan tindakan, tergantung dari lama konsumsi dan kondisi kulit. Begitu juga dengan pemilihan antara fraxel dan smartxide. Kedua-nya dapat membantu untuk pori, adapun pemilihan laser antara lain juga berdasarkan jenis dan kondisi kulit pasien.
      Baiknya Rae berkonsultasi dahulu dengan dermatologis untuk dilihat kondisi kulitnya ya.. Nanti silakan langsung didiskusikan bersama, bagaimana terapi yang tepat dan ekspektasi hasilnya.
      Laser Fraxel dan Smartxide ada di erha clinic kemanggisan ya..
      Mudah-mudah-an membantu ya..

      Hapus
  23. Anonim11.41

    Dok, saya lihat nama dokter di website erha
    Kebetulan dua minggu yg lalu saya ke erha bandung dgn harapan dpt tindakan untuk stretch mark, tapi yang saya dapat hanya 2 buah krim ACS (ACS 1 & 3) dan vitamin skin core. Dokter Deis memberi surat pengantar untuk ke erha kemanggisan karena disana paling lengkap, ada fraxel dll..
    Berhubung saya tidak berdomisili di JKT cukup sulit untuk ke erha kemanggisan, makanya sebelumnya saya mau tanya ke dokter. Apakah laser fraxel di erha kemanggisan dapat digunakan untuk treatment Stretch mark? Kira2 seefektif apa ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nindi..
      saya sudah memberikan jawaban via email juga ya..
      sengaja saya lampirkan kembali disini supaya infonya juga berguna untuk teman-teman yang lain ya..
      Berikut jawaban dari pertanyaan Nindi :

      1. Apakah sebenarnya fraxel laser di Erha bisa digunakan untuk treatment stretch mark?
      Ya, bisa.

      2. Seberapa efektif fraxel laser? (rata2 saja atau dibandingkan dengan treatment lain)
      Sampai saat ini terapi stretch mark yang sudah putih (bukan masih merah), belum ada yang bisa memberikan hasil 100%. Beberapa terapi seperti dermaroller dan laser (antara lain fraxel) bisa membantu memperbaiki.
      Fraxel memberikan hasil yang cukup baik untuk stretch mark yang sudah putih dibandingkan terapi lainnya.

      3. Perlu berapa kali saya harus mengulang treatment? Jaraknya bagaimana?
      Butuh sekitar 4-6 kali, dengan jarak 4 minggu

      4. karena saya cukup jauh (di bandung), apakah saat saya datang ke kemanggisan bisa langsung mendapat tindakan? atau (seperti yang saya baca di blog dokter) harus ada perawatan 4 minggu agar kulit stabil?
      Sebetulnya bisa langsung datang untuk tindakan, hanya kalau saya lihat dari krim yang diresepkan, tampaknya belum mencukupi untuk persiapan fraxel stretchmark. Sehingga butuh untuk ditambahkan dahulu. Selain itu, sebaiknya mungkin tetap harus dilihat dulu kondisi stretchmarknya untuk dapat memperkirakan hasilnya. Paling tidak krim tambahan harus digunakan dulu 1-2 minggu sebelum mulai dikerjakan.

      Demikian, mudah-mudah-an membantu ya..
      Salam..

      Hapus
  24. Anonim13.43

    halo dokter,
    di pipi kanan dan kiri muka saya terdapat scar, ga dalam sih dok, tp terlihat sekali dengan mata telanjang :( dan di awal nov, saya akan melangsungkan pernikahan, saya ingin sekali terlihat muka saya dengan makeup yg sempurna (tdk terlihat scar nya). pertanyaannya, apakah kalau saya melakukan perawatan smartxide/fraxel brp lama yah kulit akan normal lg, saya tinggal 5 bln menjelang hari H. Terima kasih ya dok. ditunggu jawabannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Natalya,
      Selamat atas rencana pernikahannya ya..
      Sebetulnya paling ideal perawatan di lakukan minimal 6 bulan sebelum hari H, karena smartxide/fraxel membutuhkan sedikitnya 3 - 4 kali hingga 6 kali dengan jarak 1 bulan sekali untuk mendapatkan hasil optimal.
      Untuk November, sebaiknya perawatan terakhir dilakukan Agustus/September awal untuk amannya. Bila kondisi kulit ideal dan krim persiapan dimulai segera, asumsi treatment dimulai Juni akhir, maka hanya dapat dikerjakan 3 kali (Juni, Juli, Agustus)
      Dengan 3 kali, umumnya perbaikan Sudan tampak walaupun belum optimal sekali.
      Mudah-mudahan membantu ya..
      salam..

      Hapus
  25. dok, acne scar saya ini jenisnya apa ya?? apakah bisa ilang dengan fraxel?? sebenarnya bagusan mana dermaroller dan fraxel?? makasih dok.. hehe
    (foto scar saya di profil picture)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Wildan..
      Untuk menilai jenis scar dan respons terapi terhadap treatment secara individual, terbaik tentunya dengan pertemuan langsung konsultasi dengan dermatologis. Silakan Wildan berkonsultasi dengan dermatologis terdekat ya..
      Terdapat 3 jenis tipe acne scar, yaitu boxcar skar, rolling scar dan ice pick scar. Ketiga jenis scar tersebut responsive dengan Fraxel.
      Untuk DermaRoller dengan Fraxel, hasilnya memang lebih efektif Fraxel. DermaRoller (5 sesi) umumnya memberikan perbaikan sekitar 30% dan tidak efektif untuk Ice pick scar. Fraxel (4-6 sesi) umumnya memberikan perbaikan 50 - 70% dan efektif untuk semua jenis scar.
      Mudah-mudahan membantu ya..

      Hapus
  26. Dear dr Dian Pratiwi, saya memiliki wajah yang sangat berminyak dan pori besar serta ada scar bekas jerawat, jerawat saya memang tidak lagi meradang hanya saja pori dan bekas jerawat sangat jelas terlihat sehingga wajah saya tampak kusam. Nah saya sudah konsul dengan dokter di klinik erha dan berharap dr akan mlakukan tindakan (laser misalnya) akan ttp dokter hanya memberikan cream,sementara saya ingin skali di lakukan tindakan, apakah laser itu harus dengan rekomendasi dokter ato kita bisa minta sdiri ke dokternya. Makasi banyak dok, O iya saya berobat di klinik erha Tebet, adakah disana perawatan dengan laser frxal yg seperti dokter sebutkan sebelumnya? terima kasih sebelumnya dok , dan saya menanti balasan dokter-Salam Sara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sara,
      Sebaiknya Sara menanyakan ke dermatologis yang menangani Sara tentang rencana tindakan, sehingga pilihan jenis tindakan dan kapan waktu terbaik untuk melakukannya dapat direncanakan bersama.
      Di erha tebet sampai saat ini belum ada laser Fraxel.
      Mudah-mudahan membantu ya..
      Salam..

      Hapus
  27. dok,skrg saya terapi isotretinoin sdh 1 bulan,jerawat kok keliatan makin parah,masih muncul juga. jerawatnya gede smua.apakah boleh disuntik biar lebi cepat kempes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Vinshiera,
      Vin sebaiknya segera kontrol ke dermatologis ya.. Dermatologis akan menentukan apakah jenis jerawat Vin cocok untuk dibantu dengan suntikan.
      Mudah-mudahan membantu ya..
      Salam..

      Hapus
  28. Dok scar jerawat saya dalam trs umurnya baru setahun lebih kemungkinan hilang kalau pakai fraxel itu berapa persen ya?fraxelnya harus berapa kali?biaya nya berapa dok sekali fraxel untuk scar yang ada di pipi kiri kanan?dari segi biaya mahal mana antara fraxel dan smartxide?maaf dok nanyanya banyak, makasih ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Debby,
      Umumnya fraxel dilakukan 4-6 kali dengan jarak 1 bulan/x. Hasilnya berkisar 50%, pada beberapa pasien dapat lebih baik lagi hingga 70%.
      Untuk biaya dapat ditanyakan di erha clinic kemanggisan ya..
      Secara umum Fraxel lebih tinggi biayanya dibandingkan Smartxide.
      Mudah-mudahan membantu ya..
      Salam..

      Hapus
    2. saya kan pasien Erha Banjarmasin dok kalau saya pengen fraxel dirujuk dari sini dulu ya?misalnya saya konsul dulu di disini minta difraxel trs minta krim persiapan di erha Banjarmasin apa bisa?mengingat saya jauh dan dari segi biaya jika untuk konsul saja dan dikasih krim persiapan harus ke Jakarta dulu. oh ya dok yang saya baca untuk scar bagusnya terapi nya di kombinasikan misalnya dengan bedah subsisi. nah saya punya bakat keloid, apa bisa dilakukan bedah subsisi?

      Hapus
    3. Iya Deb, umumnya memang pasien luar kota dirujuk untuk tindakan dengan membawa surat pengantar. silakan didiskusikan dengan dermatologis di erha banjarmasin terlebih dahulu ya. bila memang indikasi nya sesuai, dermatologis dapat memberikan krim persiapan utk digunakan debby terlebih dahulu. Jangan lupa informasikan bakat keloid ke dermatologis di sana, supaya bisa diperiksa langsung dan didiskusikan bersama pilihan terapi terbaik yang sesuai untuk debby.
      Sekarang ini kombinasi fraxel dengan bedah subsisi sudah jarang saya lakukan, hanya pada kasus-kasus khusus saja.
      salam..


      Hapus
  29. Good day Doc,
    Saya pasien ERHA Bandung. Saya memiliki acne scar dan memiliki bakat keloid/ hypertropic scar di wajah, terutama di sekitar daerah antara bawah telinga ke rahang bawah. Menurut Dokter yang menangani Saya di Bandung, solusi satu2nya menghilangkan acne scar untuk tipe kulit seperti Saya adalah dengan menggunakan laser Fraxel. Pertanyaan Saya, apakah laser Fraxel aman untuk tipe kulit seperti Saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo..
      Untuk kulit dengan bakat keloid/hypertrofic scar, secara teoritis ada risiko efek samping walaupun minimal. Sejauh ini dari beberapa kasus yang saya kerjakan pada kulit acne scar yang disertai dengan hypertrofic scar (bukan keloid), Fraxel aman dan efektif. Acne scar tetap membaik dan hasilnya tetap prediktif, namun untuk area hypertrofic scar tidak ada perbaikan.
      Tentunya untuk memastikan, dibutuhkan pemeriksaan langsung dengan dermatologis yang akan menangani ya..
      Mudah-mudahan membantu ya..
      Salam..

      Hapus
  30. Halo dok,

    Numpang tanya dok, tipe kulit saya sangat berminyak dan berpori2 besar. Dulu pernah ke salah satu klinik kecantikan dan dokter kulit tapi ternyata tidak cocok dan ketergantungan, jadi saya kapok. YAng mau saya tanyakan, kalau ke erha kemanggisan bisakah minta ditindak saja tanpa pakai obatnya? lalu untuk masalah saya yang berpori2 besar (daerah hidung pipi dagu) sebaiknya pakai laser jenis apa dan kira2 brp biayanya?

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Octa,
      Sebaiknya untuk tindakan, tetap menggunakan krim erha dulu sebelumnya untuk persiapan kulit (priming). Masalah pori-pori dapat dibantu dengan berbagai tindakan mulai dari Peeling, DermaPen, Laser Photorejuvenation hingga Laser Fractional (Fraxel dan Smartxide). Pemilihan jenis tindakan ditentukan dari jenis dan permasalahan kulit serta hasil yang diharapkan.
      Sebaiknya Octa berkonsultasi dulu dengan dermatologis terdekat untuk mengetahui jenis tindakan yang paling sesuai untuk Octa ya..
      Salam..

      Hapus
  31. dokter, apa bisa noda hitam atau bekas luka di kulit kaki dan tangan dihilang kan dgn laser? kira2 berapa biaya nya dok? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Tiyana,
      Umumnya noda hitam dan bekas luka dapat disamarkan dengan laser walaupun tidak hilang total. Namun, untuk memastikannya tentunya butuh konsultasi dan pemeriksaan kulit langsung.
      Jenis Laser yang digunakan bergantung dari hasil pemeriksaan, bila hanya pigmen saja maka akan meggunakan laser pigmen seperti Q-Switch NdYAG (misalnya Revlite), sedangkan bila skar maka akan menggunakan laser fractional resurfacing misalnya Fraxel dan Smartxide.
      Untuk biayanya, silakan ditanyakan ke erha setempat ya..
      Salam..

      Hapus
  32. dear Dr.Dian...saya memiliki scar yg lumayan banyak dan bervariasi scarnya,mulai ringan sampai dalam,ketika saya ke klinik dermatologis terdekat saya dianjurkan untuk dermapen,pertanyaan saya antara dermapen dan laser bagusan mana utk kulit saya yg HYPERSENSITIVE dan berminyak??dan efek sampingnya lbh besar yg mana?terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Christine,
      untuk perbandingan antara dermapen dan laser untuk acne scar, silakan baca ulasan saya di blog ini ya, judulnya Pilihan Terapi Acne Scar.
      Secara umum jenis scar, jenis kulit dan aktivitas sehari-hari akan mempengaruhi pertimbangan untuk pemilihan terapi.
      Untuk lengkapnya, silakan dibaca langsung di artikel itu ya..
      Salam..

      Hapus
  33. Dok, mohon infonya, saya pernah pakai krim walet dan A-dha, pas awal memang jadi bersih, tapi sekarang berhenti karena sudah merasa bersih, dan hasil yang ditimbulkan adlaah muncul flek hitam yang lumayan banyak di pipi :( ini perlu laser atau cukup tindakan medis di erha y dok? Mohon infonya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Era,
      sebaiknya Era segera berobat ke dermatologis terdekat ya.. Dermatologis akan memeriksa jenis flek hitam yang muncul, menentukan kedalaman flek hitam, kemudian bersama Era dapat mendiskusikan terapi yang sesuai.
      Tidak semua flek hitam perlu dilaser.
      Mudah-mudah-an membantu ya..
      Salam..

      Hapus
  34. Dok, saya kok pingin konsultasi lgsung sm dokter ya. :) dokter ada buka praktik tidak? mungkin d klinik atau di RS sekitaran BSD dok? Terimakasih dok.. Karena jarang sekali ada dokter yg bisa diajak konsultasi, dan hanya memeriksa wajah saja. kurang greget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Era..
      saya ada di erha clinic kemanggisan & erha PIK.
      Untuk area BSD juga ada erha BSD, disana Era bisa berkonsultasi dengan dermatologis mengenai masalah kulit Era.. SIlakan berkonsultasi ke dermatologis terdekat ya..
      Salam..
      Salam..

      Hapus
  35. Dok klo wajah masih ada jerawat kecil2 brutusan (yg jerawat besar cuma satu dua) itu boleh ga di laser fraxel untuk scarnya? klo nunggu sembuh betul smpe berbulan-bulan rasanya lama dok :(..makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Debby,
      Untuk jerawat hanya satu dua umumnya masih dapat dilakukan fraxel. Namun untuk memastikan tentunya butuh pemeriksaan langsung dengan dermatologis ya..
      Salam..

      Hapus
  36. Dok, saya mau tanya. Apa bedanya fraxel dan laser fractional co2 ? Saya mau dilaser co2 tapi saya ragu. Karena kulit saya sensitif, apakah ada efek samping yang berlebihan untuk kulit saya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Desy,
      perbedaan utama fraxel dan laser fractional co2 terletak pada sumber sinar lasernya. Fraxel menggunakan sinar erbium glass, near infra red dengan panjang gelombang 1550nm, sedangkan laser fractional co2 mengunakan co2 dengan panjang gelombang 10600nm.
      Perbedaan lain, silakan dibaca juga artikel tentang smartxide, yang merupakan laser fractional co2.
      Untuk kulit sensitif, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dermatologis untuk mendapatkan krim persiapan yang optimal, dan berdiskusi bersama untuk menentukan pilihan terapi yang tepat, aman dan efektif untuk jenis kulit & permasalahan kulit yang ada.
      Salam..

      Hapus
  37. Dok, saya kan pake yg alami juga masker putih telor tapi saya juga pake obat secara medis. Apakah ada efek sampingnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Desy,
      tidak masalah selama tidak ada keluhan ya..
      Salam..

      Hapus
  38. Hi Dok. Saya memiliki masalah dengan dark circles dan sedikit fine lines di area bawah mata (faktor genetik & usia & kebiasaan tidur terlalu malam). Perawatan laser mana yg lebih dokter rekomendasikan untuk hal ini, apakah Fraxel restore atau Smartxide? Ataukah mungkin ada perawatan yang lainnya? (Saya sudah hopeless dengan penggunaan krim-krim mata) Mohon juga penjelasan dokter untuk masing2 efek samping dari Fraxel & Smartxide, seperti apakah bentuk nyata dari efek samping di wajah, mengapa ablative efek sampingnya lebih significant dibandingkan non ablative? Saya butuh yg hasilnya lebih drastis (ablative) tetapi takut dengan efek sampingnya..
    Berapa perkiraan biaya untuk masing2 teknologi laser di Erha Kemanggisan.. Luas area di bawah mata yg akan dirawat, masing-masing krg lebih 2.5x1.5cm (dikali ke-2 mata) menjadi sekitar 7 s/d 8 cm2.. Berapa kali saya harus dtg ke dokter untuk perawatan ini?
    Berhubung lasernya tidak terlalu dalam seperti untuk menghilangkan scar, apakah perlu sampai 3-4x kunjungan?
    Bagaimana chance nya dengan laser agar dark circles bs hilang 100%? Apakah jika hilang setelah laser, dark circles dapat kembali muncul? Berapa lama jangka waktu dari pertama kali laser, dark circles dapat kembali muncul? Terus terang saya mempertimbangkan bedah plastik sebagai jalan terakhir. Tetapi rasanya kurang worthed dari sisi biaya dan sakit yg kabarnya teramat-sangat.. karena sebenarnya masalah saya bukan pengangkatan kantung mata (hanya dark circles saja)..
    Dan yang terakhir Dok.. Mohon informasi jadwal Dr. Dian di Kemanggisan.
    Thanks a lot in advance :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ana,
      Dark circles bukan merupakan indikasi untuk terapi Fraxel maupun Smartxide. Untuk fine lines yang sifatnya statis (bukan dinamis - ada hanya saat ber-ekspresi), baik fraxel maupun smartxide dapat membantu menguranginya.
      Melihat concern utama adalah dark cirles, kelihatannya baik fraxel maupun smartxide bukan pilihan yang tepat.
      Sepanjang pengetahuan saya, sampai saat ini terapi untuk dark circles memang belum ada yang dapat menghilangkannya hingga 100%.
      Untuk jadwal saya, dapat dilihat di page jadwal praktek di blog ini ya..
      Mudah-mudan membantu ya..
      Salam..

      Hapus
    2. Terima kasih atas jawabannya Dok. Sangat membantu. Lalu apakah surgery (blepharoplasty) dapat membantu menghilangkan dark circles? Kira2 hilang sd berapa ? Dari sisi pandang sebagai orang awam, surgery hanya mengangkat lemak di bagian bawah mata.. Sementara lapisan kulit yg menghitam di bawah mata, kan tidak bisa diganti dok. Jadi apa surgery bisa berpengaruh. Thank you..

      Hapus
    3. Dear Ana, sepanjang pengetahuan saya, blepharoplasty tidak membantu menghilangkan dark circles. Namun tentunya konsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik yang berkompetensi mengerjakan operasi ini akan dapat mejawab lebih tepat tentang hal ini.
      Salam..

      Hapus
  39. Salam dok,

    Saya Dian. Sy mau bertanya, apakah bisa melakukan whitening injection seminggu setelah mendapat treatment laser fraxel ya dok ?. Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dian,
      Sepanjang pengetahuan saya, kelihatannya kedua treatment itu tidak berhubungan sehingga tidak masalah. Namun menurut pendapat saya, dalam treatment fraxel sebaiknya menunda terapi lain yang tidak perlu untuk menghindari risiko efek samping akibat interaksi yang mungkin saja terjadi.
      salam...

      Hapus
  40. Salam dok,
    Terimakasih untuk penjelasannya ya dok. Jadi bisa tenang memilih tindakan.
    Sukses selalu buat dokter. Best Regard

    BalasHapus
  41. Halo dok, sy putri. Sy mau tanya, sy ini blm pernah punya riwayat jerawatan trus berbekas noda. Sy habis kb suntik/3 bln pasca melahirkan. Mulai dari situ timbulah jerawat yg kmudian kempes tp membekas, bekasnya bukan bolong2 kaya bopeng, tp warna merah agak kehitaman di pipi kanan, kiri, dan dagu. Sy sdh hentikan kb suntik dan beralih k pil kb. Jerawat ada timbul 1 smpai 2 tp bgitu hilang tanpa bekas. Saran apa yg bisa dr. sampaikan buat sy supaya bekas noda jerawat ini bisa hilang total dari wajah sy dok? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Putri,
      untuk bekas jerawat berupa bekas warna merah saja (tanpa lubang) tidak harus diterapi dengan laser Fraxel. Untuk bekas warna merah dapat dibantu dengan laser V-beam, dan untuk bekas warna coklat dapat dibantu dengan Chemical Peeling & krim.
      Untuk lengkapnya, silakan baca artikel saya tentang bercak merah bekas jerawat dan pilihan terapi acne scar ya..
      salam..

      Hapus
  42. selamat siang dok
    saya Alex

    Dok, fraxel kan ktnya bisa untuk menghilangkan flek dan bintik bintik coklat, jika saya punya acne scar dan juga flek hitam apakah bisa dihilangkan sekaligus? atau harus satu2, misal fraxel ke 1-3 untuk menghilangkan acne scar dan ke 4 -5 untuk flek hitam?

    dan fraxel kan harus 4-6x, jika kita hanya melakukan 1x fraxel apakah ada manfaat nya?
    dan apakah nanti acne scar nya bisa balik lagi jika kita hanya melakukan 1x fraxel?

    terima kasih atas jawaban nya dok

    BalasHapus
  43. oh iya dok satu lagi

    klo saya hanya 1x fraxel dan kemudian saya gabungkan dengan yang lain msal nya micro peel atau chemical peeling atau perawatan acne scar lainnya selain laser, apakah bisa dok?

    Terima kasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Alex..
      berikut jawabannya ya..
      1. Ya, bekas warna coklat hitam n acne scar dikerjakan bersamaan (dalam sesi yang bersamaan).
      2. Bila fraxel hanya dilakukan 1x, manfaatnya ada, tapi biasanya kurang terlihat hasilnya secara klnis (tampak mata).
      3. Acne scar yang sudah membaik dengan fraxel tidak akan memburuk lagi, kecuali bila ada skar baru.
      4. Umumnya serial fraxel diselesaikan dulu sebelum beralih ke perawatan acne scar lain.

      Secara umum, saya kurang merekomendasikan pengerjaan fraxel hanya 1x, kecuali pada keadaan khusus yang tidak memungkinkan pengerjaan fraxel berulang. Karena hasil yang didapat dengan 1x fraxel, terutama untuk acne scar, umumnya belum terlalu terlihat secara klinis.

      Demikian, mudah2an jelas ya..
      Salam..

      Hapus
  44. Terima kasih atas jawaban nya dok,

    Nanya lagi dok, klo kita fraxel tidak dalam rentang 1 bulan 1x gmn dok?
    Misal fraxel 1 bulan Januari, fraxel ke 2 bln Feb, fraxel ke 3 bulan april dan fraxel ke 4 bulan Juli.
    Apakah akan mengurangi hasilnya?
    Kan secara total tetap 4x.

    Terima kasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Alex,
      rentang terbaik fraxel adalah 1 bulan sekali, dengan rentang terjauh 3 bulan.
      Lewat dari 3 bulan, maka hasil yang didapat tidak sebaik yang dikerjakan teratur 1-3 bulan sekali.
      Mudah-mudahan membantu ya..
      Salam..

      Hapus
  45. Dok mau tanya nie muka ku habis jerawatan parah tpi alhamdulillah dah sembuh dan mninggalkan bekas jerawat/scars.kebanyakan scar tipe ice pick,wrna kulit g rata,pori-pori terbuka dan noda bekas jrawat..apakah dengan dermaroller bsa mngatasi smua masalah di wajahku??

    Mhon solusi dokter..makasih..
    Dan 1 lgi umurku bru 18 thun.ku slalu minder d hdpn orng:-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Muhammad,
      untuk jenis scar type ice pick, sayangnya kurang responsif dengan dermaroller. Scar ice pick dapat dikurangi dengan Laser Fraxel atau Smartxide. Untuk pori dan noda bekas jerawat akan membaik dengan pemakaian krim yang sesuai, terapi seperti dermaroller dan chemical peeling akan membantu.
      Salam..

      Hapus
  46. dok saya berjerawat dari muka,dada,lengan bagian atas,dan punggung dan jerawat meninggalkan scar yg lebar dan dalam,umur saya 18thn dan saya berobat di erha balikpapan,di erha balikpapan saya cuma di beri krim jerawat saja dok,hasilnya sangat minim,apakah dengan metode fraxel dapat hasil yg lebih bagus dan cepat dok?klo ya saya akan mencoba perawatan saya ke kemanggisan dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Renaldo,
      untuk laser Fraxel, penjelasan tentang cara kerja, jumlah sesi dan interval, dan prediksi hasil dapat dibaca di ulasan tentang laser fraxel di atas ya..
      secara umum, tindakan akan memberikan hasil lebih baik dibandingkan hanya dengan krim saja.
      Salam..

      Hapus
  47. dok laser fraxel hanya ada di erha pusat y? kalo di erha bandung udah ada belum y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Anggi,
      Sepengetahuan saya, fraxel belum ada di erha bandung ya..
      Namun untuk pastinya, silakan kontak erha bandung langsung ya..

      Salam..

      Hapus
  48. Dok, saya mau brtanya, kalo tipe boxscar, lebih efektif pake perawatan apa ya? apakah fraxel membantu? terus, apa ada perawatan yg bisa menghilangkan scar-nya 100%? trm kasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Icha,
      Fraxel juga efektif untuk boxcar scar.
      Smarxide juga efektif untuk boxcar scar. Untuk smartxide, silakan Icha baca lebih lanjut di blog ini juga ya..
      Namun memang, sampai saat ini, termasuk fraxel, belum ada perawatan yang bisa menghilangkan scar hingga 100%.
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  49. Pagi Dok, saya isa, mau tanya dok... kalau gejala genetik seperti steatocystoma multipleks apakah bisa di tangani dengan laser fractional co2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Isa,
      Untuk steatosistoma multipleks umumnya yang digunakan adalah laser CO2 namun bukan jenis yang fractional. Melainkan jenis laser CO2 yang biasa.
      Salam kulit sehat..

      Hapus
    2. Pagi menjelang siang dok . . saya dita dok pasien erha medan . saya mau nanya dok . perbedaan laser CO2 jenis bias sama fractional bedanya apa dok? terima kasih dok . .

      Hapus
    3. Dear Dita,
      Laser CO2 biasa adalah laser yang digunakan untuk menghilangkan benjolan di kulit, misalnya tahi lalat, kutil, dll.
      Sedangkan laser fractional, ada 2 macam, yang bukan co2 misalnya fraxel, dan yang co2 misalnya smartxide. Keduanya bekerja selektif di kulit untuk merangsang pertumbuhan kolagen baru di kulit, sehingga digunakan untuk peremajaan, pengencangan dan mengurangi skar di wajah.
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  50. Hai Dokter :)
    kenalin, saya Veronika :)
    Dokter , saya punya stretchmark yg cukup banyak dibadan soalnya berat badan saya naik drastis .. apakah dengan metode fraxel bisa ngilangin stretcmark ? Atau ada rekomendasi lain dr Dokter untuk mengatasi stretchmark saya ? Makasi Dokter :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Veronika,
      Untuk penjelasan lengkap terapi stretchmark, silakan buka link artikel saya di bawah ini ya...

      http://kulitsehatku.blogspot.com/search/label/Stretchmark

      Salam kulit sehat..

      Hapus
  51. Anonim16.41

    Halo dok. Saya punya spider vein di pipi Kiri saya urat2 merah mengganggu gitu. Jenis laser apa ya yang bisa hilangin ini? Thanks. Reply ASAP ya dok ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rizky,
      Untuk penjelasan lengkap laser untuk spider vein, silakan buka link artikel saya di bawah ini ya...

      http://kulitsehatku.blogspot.com/search/label/Spider%20Vein

      salam kulit sehat...

      Hapus
  52. Utk fraxel di erha bogor apakah sudah tersedia? Lalu tindakan fraxel ini apa dapat dilakukan oleh usia 19thn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Siti,
      Untuk ketersediaan laser Fraxel, silakan hubungi erha clinic setempat ya..
      Tentunya Siti sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dermatologis setempat ya..
      Salam..

      Hapus
  53. Dok utk smartxide atau fraxel apa sudah ada di erha bali ya dok? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Zetta,
      sepengetahuan saya, sampai saat ini belum ada ya.
      Untuk lebih pastinya, mohon langsung cek per telp ke erha bali ya..
      Kontak erha bali bisa didapat di website erha clinic ya..
      salam..

      Hapus
  54. wajah saya bekas jerawatnya banyak banget dok, dan saya ingin laser fraxel di erha. apa wajah saya bisa langsung dilasaer saat pertama kali datang ke erha?
    terima kasih dok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Aditya,
      Untuk Fraxel dibutuhkan persiapan berupa pemakaian krim-krim terlebih dahulu. Selain itu, wajah harus sudah bersih dari jerawat aktif.
      Umumnya saat pertama kali datang, dermatologis akan memeriksa kondisi kulit dan skar, kemudian meresepkan krim yang harus digunakan dirumah sebelum melakukan laser.
      Dermatologis akan membawakan surat pengantar laser untuk kunjungan berikut apabila menurut penilaian dermatologis kulit sudah siap.
      Salam..

      Hapus
  55. Dok apakah laser co2 aman untuk bumil 6 bulan? Makasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Baby,
      Laser CO2 sebetulnya cukup aman karena localized treatment.
      Namun setiap tindakan, apalagi laser, yang dilakukan saat hamil, harus dipertimbangkan risk dan benefitnya dahulu sebelum dilakukan.
      Semoga membantu ya..
      Salam..

      Hapus
  56. As..kalo KP di lengan bisakah hilang di laser fraxel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Abdul,
      untuk menghilangkan bekas warna kecoklatan pada KP memang bisa saja dilakukan laser Fraxel. Namun menurut saya, sebaiknya kita selalu memilih jenis tindakan ter-simpel/ter-rendah yang masih mungkin dilakukan selama memang masih bisa mendapatkan hasil yang efektif.
      Dalam hal ini misalnya Office Peeling, daripada menggunakan laser.
      Mudah2an jelas ya...
      Salam..

      Hapus
  57. dok mau tanya nih... harga sekali fraxel berapa ya dok dan tempatnya di mana dok ? saya daerah jakarta utara.. saya mengalami scar di pipi .. dan terlihat dalam sekali jika terkena lampu atau sinar matahari dari atas kepala saya... mohon infonya ya dok ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Robbet,
      silakan kontak erha clinic untuk harga dan lokasi ya... Setahu saya, laser ini juga tersedia di klinik lain di jakarta.
      Salam kulit sehat...

      Hapus
  58. alamat kliniknya dimana dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fitri,
      silakan kontak erha clinic untuk harga dan lokasi ya... Setahu saya, laser ini juga tersedia di klinik lain di jakarta.
      Salam kulit sehat...

      Hapus
  59. Kalau untuk menghilangkan bekas bedah operasi itu pakai laser apa yah dok, dan setelah laser efek samping apa saja yg akan ditimbulkan? Mohon jawaban'y dok☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dhuhana,
      bekas luka operasi dapat berbagai macam kondisi ya... Laser yang digunakan disesuaikan dengan kondisi yang ada.
      Bila bekas berupa warna kemerahan, maka digunakan laser Vbeam Perfecta, apabila bentuknya hipotrofik skar, maka digunakan laser Fraxel atau Smartxide untuk mengaburkannya...
      Detail lanjut dari tiap laser dapat dibaca masing2 di blog ini ya...
      Salam kulit sehat...

      Hapus
  60. Dok saya ingin bertanya,
    Umur 22 tahun, saya mempunya flek warna hitam di tangan, pada waktu SD itu tidak ada, tapi setelah kejadian patah tulang flek hitam ini timbul, waktu pengobatan patah tulang menggunakan semacam obat arak yang cukup panas, kira2 pengobatan apa yah dok yang bisa menghilangakan flek hitam ditangan ini? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Muhammad,
      untuk bekas hitam yang sudah lama (bertahun-tahun) dan di area ekstrimitas (tangan/kaki), umumnya menghilangkannya lebih sulit dibandingkan bekas hitam yang baru dan lokasinya di wajah.
      Bergantung kedalamannya, terapi untuk bekas hitam berbeda dan prognosis (perkiraan hasil/efektivitasnya) juga berbeda. Apabila dangkal, umumnya krim saja cukup, bila agak dalam, dilakukan Chemical Peeling. Bila dalam, dilakukan laser Pigmen. Tentunya semua harus dilakukan serial berkala untuk mendapatkan hasil yang cukup signifikan.
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  61. saya evan.. dok.. saya punya keluhan scar skin yang cukup dalam.. dan kulit saya jg punya potensi keloid.. saya pernah d roller sktr 3-4 x tp sepertiny tidak ad perubahan.. metode yg tepat untuk meminimalisir scar saya ap y doc? thx b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Evan,
      BIla setelah melalui tahapan dermaroller belum mendapatkan hasil yang memuaskan, langkah selanjutnya adalah menggunakan laser seperti Fraxel atau Smartxide.
      Penjelasan tentang Laser Smartxide dapat dibaca di sini ya:
      http://kulitsehatku.blogspot.co.id/2013/07/normal-0-false-false-false-en-us-ja-x.html
      Untuk artikel lengkap tentang penanganan scar, silakan dibaca di sini ya: http://kulitsehatku.blogspot.co.id/search/label/Acne%20Scar
      salam kulit sehat...

      Hapus
  62. Halo dok.saam kenal...
    Untuk bekas luka bakar terkena knalpot gitu bisa hilang lewat laser ini juga ?sy punya bekas luka di kaki sdh lebih dr 20 thn yang lalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo..
      Tergantung dari bekas lukanya ya... Perlu pemeriksaan langsung untuk tahu pasti jenis dan kedalaman bekas luka dan menentukan terapi apa yang paling sesuai..
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  63. Malam dr. Dian, saya Dessy
    Saya ingin bertanya mengenai downtime perawatan laser fraxel. Karena saya banyak aktivitas di luar ruangan, dengan kulit acne prone skin dan sensitif, kira2 berapa lama persiapan pre treatment dan lama downtimenya pasca laser fraxel dok? Supaya saya bisa menyesuaikan dengan jadwal aktivitas saya. Terimakasih dr. Dian😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dessy,
      Downtime fraxel yang diharapkan adalah 1 minggu. Namun bergantung kondisi kulit, dapat memendek atau memanjang. Downtime dapat memanjang pada kulit yang sensitif, sehingga untuk kulit sensitif butuh persiapan dan perlakuan khusus saat tindakan.
      Sebaiknya berkonsultasi dan berdiskusi dulu secara mendalam dengan dermatologis yang akan mengerjakan sebelum menjalani fraxel ya...
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  64. Ass mat siang dok. Saya kayla dr bengkulu. Saya mau tanya dok, gimana cara nya menghilangkan selulit secara cepat dok n alamat rumh sakit nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Kayla,
      sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dermatologis untuk memastikan aapakh lesi kulit Kayla merupakan selulit atau stretchmark ya.
      Pengobatan selulit memang sulit dan umumnya hasilnya belum tentu signifikan, sedangkan stretchmark lebih mudah diobati dan hasilnya lebih signifikan.
      Salam kulit sehat...

      Hapus
    2. ohya, untuk tambahan pengetahuan, silakan baca artikel saya di sini ya...

      http://kulitsehatku.blogspot.co.id/2010/10/to-z-tanya-jawab-selulit-atau.html

      http://kulitsehatku.blogspot.co.id/2013/05/terapi-stretch-mark.html

      Salam...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pityriasis Alba, si putih yang mirip panu..

Keratosis Pilaris alias kulit ayam

Menghilangkan bercak merah bekas jerawat