20101004

Thermage, Apa sih itu?

Di praktek saya, terkadang pasien berkonsultasi tentang Thermage, umumnya dari hasil baca di majalah atau info dari teman yang sering berobat kecantikan ke negara tetangga kita Singapura.
Mengingat biaya prosedur Thermage yang tergolong “lumayan”, ada baiknya kita mengetahui dengan jelas kegunaannya dan apakah kita merupakan kandidat yang tepat. Karena bila dikerjakan dengan indikasi yang tidak sesuai atau pada pasien yang tidak tepat, maka hasilnya tidak maksimal.. bahkan kadang sepertinya tidak ada hasil, padahal kita sudah merogoh kocek lumayan dalam..
Jadi yuk, kita kupas tuntas tentang Thermage!

Apa sih Thermage itu?
Thermage adalah prosedur kosmetik berbasis radio frekuensi (RF) yang aman dan non-invasif.  Thermage terbukti secara klinis dapat kembali mengencangkan kulit. Hasilnya kulit lebih kencang sehingga kita tampak lebih muda dan alami. Terapinya sedikit bahkan hampir tanpa downtime – sehingga pasien bisa kembali beraktivitas/make-up segera setelah terapi, waktunya relatif singkat, bisa dikerjakan pada semua warna kulit, dan hanya perlu dikerjakan sekali saja untuk mendapatkan hasilnya. 

Area apa saja yang dapat dilakukan Thermage ya?
Prosedur Thermage efektif dan aman dikerjakan pada hampir semua kulit tubuh yang membutuhkan pengencangan kembali, termasuk mata, wajah, bibir, perut, lengan, tangan, paha bahkan bokong. Thermage juga dapat mengurangi keparahan selulit dan stretchmark. Thermage juga dapat dikerjakan dalam kombinasi dengan Liposuction atau Smartlipo, sehingga selain lemak menghilang, kulitnya pun mengencang.
Sampai saat  ini, area wajah tentunya masih merupakan area yang terbanyak pasien pilih untuk dikerjakan Thermage, namun beberapa pasien saya juga meminta untuk dikerjakan di mata, perut (pasca melahirkan) bahkan bokong!

Apa sih yang diperbaiki oleh Thermage?
Pada wajah, Thermage dapat mengobati kulit kendur di seputar wajah, rahang, leher, mengurangi keriput dan garis-garis halus, lipatan/garis senyum yang dalam, dan kurangnya definisi di bibir.
Di sekitar mata, Thermage bisa mengobati kantung mata, hooding (kelopak mata turun karena usia), tekstur kasar pada kelopak mata, keriput dan garis-garis halus.
Di perut dan bokong, Thermage dapat mengurangi guratan stretchmark dan mengencangkan kulit.
Pengalaman saya, Thermage sangat baik untuk dikerjakan di wajah, leher (rahang) dan stretchmark perut.

Harus dikerjakan berapa kali untuk mendapatkan hasilnya ya?
Tidak seperti prosedur laser yang memerlukan empat atau lebih sesi, sebagian besar pasien hanya membutuhkan satu sesi Thermage.

Berapa lama prosedurnya ya?
Prosedur Thermage rata-rata membutuhkan sekitar 1 jam  untuk wajah dan sampai 2 jam untuk bagian lain dari tubuh, tergantung pada lokasi, ukuran dan kondisi daerah yang akan dirawat.
Karena Thermage prosedurnya singkat dan cukup dikerjakan satu kali, maka cocok untuk pasien dengan tingkat kesibukan dan aktivitas tinggi.

Apakah ada persiapan khusus sebelumnya atau tindak lanjut sesudahnya?
Tidak seperti operasi, tidak ada persiapan pra-prosedur seperti cek darah atau puasa. Dan tidak ada perawatan khusus yang dibutuhkan setelah prosedur, selain dari perawatan kulit dasar dan tabir surya sebagai bagian dari rejimen perawatan kulit sehari-hari. Karena prosedur Thermage sedikit atau tidak ada downtime, kebanyakan pasien kembali ke kegiatan rutin mereka segera setelah perawatan. Beberapa pasien mengalami kemerahan sementara atau sedikit bengkak  setelah prosedur, tetapi ini biasanya hilang dalam waktu 24 jam, paling lama beberapa hari. Namun dari pengalaman saya, hal ini jarang terjadi.

Bagaimana urutan prosedur yang akan dilalui ya?
Saat konsultasi, bersama pasien saya akan menentukan area Thermage dan fokus utama yang akan mendapatkan perhatian lebih, misalnya pada wajah pasien sering mengeluhkan garis senyum yang dalam atau area rahang yang garisnya mengendur.
Pada hari prosedur, sebelum dimulai area Thermage akan dioles rata dengan krim penghilang rasa sakit selama 45 menit – 1 jam. Lalu sebelum pengerjaan, area Thermage akan ditandai (marking), bentuknya kotak-kotak kecil seperti papan catur. Lalu prosedur dimulai hingga selesai.
Satu hari sebelum dan 2 hari setelah prosedur, semua krim yang digunakan pasien dapat tetap digunakan seperti biasa, kecuali krim malam tertentu yang harus dihentikan sementara.

Bagaimana cara kerja perawatan Thermage?
Thermage menggunakan teknologi radio frekuensi untuk menghantarkan panas ke kolagen dalam lapisan kulit. Panas membantu mengencangkan kolagen yang ada dan merangsang pembentukan kolagen baru, yang mengurangi kendur kulit, memperbaharui kontur dan tekstur permukaan kulit.

Apa beda Thermage dengan prosedur lainnya?
Tidak seperti beberapa prosedur lain, Thermage tidak melibatkan operasi, tidak ada suntikan dan hanya sedikit atau tidak ada downtime, dan Thermage bekerja pada semua warna kulit wajah. Thermage mampu mencapai lapisan kolagen yang dalam dengan tetap melindungi kulit luar di permukaan. Dengan memanaskan lapisan terdalam kulit, Thermage sangat efektif mengencangkan kolagen dan merangsang pembentukan kolagen baru, yang menghasilkan kulit kencang dan penampilan keseluruhan tampak lebih muda secara alami.

Bagaimana hasil Thermage dibandingkan dengan prosedur lain?
Beberapa pasien ingin hasil dramatis seperti operasi facelift. Pasien lainnya ingin hasil yang lebih halus,  bertahap sehingga tampak alami, menghindari operasi dan memilih prosedur non-invasif dengan tanpa downtime. Di sinilah posisi Thermage, mengembalikan kekencangan, tekstur dan kontur kulit secara bertahap. Thermage merupakan pilihan disaat krim tidak cukup memberikan hasil dan operasi dengan pisau bedah dirasa menakutkan. Thermage adalah solusi yang aman dan efektif pada kondisi ini.
Saya selalu menanyakan kepada pasien saya sebelum mereka memutuskan untuk Thermage, hasil seperti apa yang mereka harapkan. Bila pasien menginginkan hasil dramatis segera setelah prosedur, maka Thermage bukan pilihan yang tepat. Thermage sesuai untuk pasien yang menginginkan hasil yang alami, bertahap perlahan lahan tampak lebih muda, lebih segar dan lebih kencang.

Kapan hasilnya terlihat, dan berapa lama bertahannya?
Hasil bisa terlihat segera setelah prosedur, atau muncul perlahan-lahan seiring proses pembangunan kembali kolagen yang baru. Untuk sebagian besar pasien, pengencangan kulit terlihat secara bertahap dalam dua sampai enam bulan setelah prosedur. Hasil dapat bertahan sekitar 2 tahun tergantung pada kondisi kulit, lifestyle dan proses penuaan alamiah kulit.

Seperti apa rasanya prosedur Thermage?
Selama prosedur, pasien akan merasakan sensasi dingin singkat, diikuti dengan sensasi panas dalam yang singkat, diikuti oleh sensasi dingin. Sensasi panas adalah tanda bahwa dalam lapisan kulit telah mencapai suhu efektif untuk pengencangan. Sepanjang prosedur ini, dokter akan mengatur tingkat sensasi panas, supaya seimbang antara kenyamanan Anda dengan hasil yang maksimal.  Kebanyakan pasien saya menggambarkan sensasinya seperti ditusuk ringan/kecil. Umumnya tingkat sensasi saya atur pada level dimana pasien tetap merasakan sensasi panas atau seperti ditusuk ringan, namun tidak kesakitan atau terlalu panas.

Apa Thermage sudah mendapat rekomendasi FDA (Food & Drug Administration ~ BPOM Amerika~?
Thermage sudah mendapatkan rekomendasi FDA untuk pengobatan non-invasif kerut dan perbaikan selulit. Selain itu, Thermage adalah sistem pertama yang mendapat rekomendasi FDA untuk perawatan kelopak mata non-invasif.

Oya, dokter yang dapat mengerjakan Thermage dapat dilihat daftarnya langsung di website Thermage ya..

4 komentar:

  1. apakah harus ada perawatan2 yg dilakukan pasca penanganan Thermage?? dan berapa biaya yang harus di keluarkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Putri,
      tidak ada perawatan khusus, hanya ada krim pasca terapi yang harus digunakan beberapa hari.
      Untuk biaya silakan hubungi klinik terdekat ya..
      Salam..

      Hapus
  2. Apakah dapat meniruskan pipi dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo..
      Untuk meniruskan pipi, biasanya saya memilih Skin Tightening Treatment (STT) atau Botox untuk Rahang.

      Untuk STT dapat dibaca di http://kulitsehatku.blogspot.co.id/search/label/STT ya...
      Dan ini untuk BOTOX nya.. http://kulitsehatku.blogspot.co.id/2012/08/tiruskan-wajah-dengan-botox.html

      Salam kulit sehat..

      Hapus