Jumat, 15 Oktober 2010

Keratosis Pilaris alias kulit ayam

Saya cukup banyak mendapat pasien dengan keluhan kulit lengan atasnya kasar berbenjol-benjol kecil seperti kulit ayam. Walaupun seringnya tidak ada keluhan, pasien terutama yang wanita cukup terganggu karena mengganggu penampilan.

Nah, apa sih sebetulnya Keratosis pilaris (KP) itu?
KP adalah kondisi kulit yang diwariskan, ditemukan pada 40% populasi. Bila ditelusuri, biasanya ternyata orang tua atau kakek nenek atau saudara sekandung juga ada yang menderita keluhan yang sama.
KP biasanya muncul pada anak-anak & dewasa muda; kondisi tersebut dapat berlanjut menjadi menahun (kronis). Pasien saya umumnya usia remaja atau pubertas, terkadang beberapa baru muncul saat dewasa. Seringnya para remaja ini baru pulang liburan atau bersekolah di negara 4 musim, dan mereka mengeluh saat musim dingin, barulah KP muncul. Ini disebabkan karena keringnya kulit akibat udara dan musim dingin sehingga KP muncul.
KP merupakan tanda minor dari dermatitis  atopik (asma kulit). Jadi umumnya KP ini ditemukan pada anak / dewasa muda yang kulitnya sensitif (kulit atopi). Atau pada anak/dewasa muda dengan penyakit alergi lainnya, misalnya asma atau rhinitis alergi.
Awam biasa menyebut KP sebagai kulit ayam, karena tampilannya yang menyerupai kulit ayam.

Bagaimana bentuk Keratosis pilaris?
KP ditandai dengan benjolan-benjolan kecil di permukaan kulit, warnanya bisa sewarna kulit, atau agak merah atau coklat gelap, yang memberikan tekstur kulit seperti amplas atau seperti kulit ayam.
Setiap benjolan kecil tersebut adalah sel kulit mati yang terbentuk di lokasi folikel rambut.
Daerah yang sering ditemukan adalah di sisi luar lengan atas, juga pada paha dan pipi. Pada yang luas, KP juga dapat ditemukan di punggung dan dada.


Foto contoh dibawah saya lupa nih diambil kapan / dimana, hehe maaf ya..


 Ini gambaran klinis yang sering ditemukan. 


Pada yang warnanya kemerahan ini umumnya disertai gatal. 

Bagaimana mengobati Keratosis pilaris?
Sebetulnya KP jinak dan tidak berbahaya, tapi pasien biasanya mencari pengobatan karena gatal atau karena alasan kosmetik.
Biasanya saya akan meresepkan krim untuk digunakan pasien dirumah pada area KP 2x/hari setelah mandi. Pelembab dapat membantu mengurangi kekeringan dan gatal. Pastikan pelembab mengandung bahan aktif yang efektif misalnya urea dan asam laktat. Krim yang mengandung retinoid konsentrasi kecil juga biasa digunakan untuk mengobati keratosis pilaris.
Bila krim di rumah dirasa kurang membantu, maka pasien dapat memilih berbagai terapi yang dikerjakan di klinik, seperti Chemical Peeling dan Mikrodermabrasi. Terapi perlu dikerjakan rutin minimal sebulan sekali sebanyak 4x. Chemical Peeling yang ringan efektif untuk membuka sumbatan di folikel rambut dan membuang sel kulit mati. Selain itu juga dapat membantu menyamarkan warna kulit area KP sehingga menyerupai warna kulit normal. Mikrodermabrasi dapat memperbaiki tekstur yang seperti amplas/kulit ayam sehingga kulit lebih halus.

Apakah Keratosis pilaris bisa disembuhkan?
Walaupun jinak, KP tidak bisa diobati hingga tuntas. Tujuan pengobatan adalah untuk mengurangi KP sehingga kulit lebih halus dan warnanya lebih disamarkan. Terapi harus dilanjutkan secara teratur, atau berulang bila kambuh.
Setelah kulit kembali halus dan warnanya samar, pasien diharapkan terus menjaga dengan menggunakan pelembab di rumah secara rutin untuk mencegah kekambuhan.

164 komentar:

  1. dok saya rasa saya punya penyakit kulit KP ini, baru kena setelah umur saya 21, setahun yg lalu..dan dimulai saat saya berpindah negara..KP di kulit saya tidak gatal atau memiliki warna apapun, hanya kasar saja..krim apa yg saya butuhkan dokter?perlukah saya periksakan k dokter?saya rasa semakin meluas KP nya d sekitar paha atas dan bawah..thx

    BalasHapus
  2. Dear Bunga, untuk KP yang hanya ditandai dengan agak kasar kulit saja, cukup gunakan pelembab untuk membantu menghaluskan KP yang ada dan mengurangi penyebaran KP. Bila KP terus meluas, atau mencari lebih kasar/gatal hingga mengganggu, nah barulah Bunga konsultasi dengan dokter terdekat.
    Mudah-mudahan membantu ya..

    BalasHapus
  3. dok. entah saya kena KP atau engga ya. Soalnya yang dialami saya itu kadang bernanah. Tepatnya di bagian lengan atas.

    BalasHapus
  4. Dear Kurniawan, umumnya KP tidak bernanah. Bila ada nanah, berarti ada infeksi di kulit. Segera berobat ke dokter terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang tepat ya..

    BalasHapus
  5. dok,disekitar daerah pantat saya ada benjolan seperti jerawat dan bernanah. tidak gatal dan tidak sakit. dan apabila hilang maka akan tumbuh lagi trus meninggalkan bekas hitam. apa ini termasuk KP juga??klo tidak masalah apa yg saya alami ini dok?

    BalasHapus
  6. dok,saya mengalami KP 50persen dibadan,umur saya 23, terutama pada tangan ,paha dan kaki,saat ini saya berada di korsel,untuk berobat agak susah saat ini, apakah tablet ctm bisa mengurangi gejalanya? apakah dengan minum air putih yg banyak bisa membantu? apakah dengan mandi air hangat bisa menambah parah? tolong jawabannya ya dok,trims

    BalasHapus
  7. Halo Ari.. maaf untuk jawabannya yang tertunda lama..
    Untuk mengurangi gelajanya, sebaiknya Ari banyak menggunakan pelembab, minimal 2-3x/hari, pilih pelembab yang khusus untuk kulit kering. Mandi dengan air dingin dan gunakan sabun dengan pH yang sesuai kulit, yaitu pH5.5. Bila gatal sekali, tablet CTM dapat mengurangi gatal sementara. Perbaiki pola hidup, dengan makan banyak sayur dan buah serta minum banyak air putih.
    Mudah-mudahan dapat membantu ya..

    BalasHapus
  8. Halo lala.. kemungkinan yang lala alami bukanlah KP. Kemungkinan adalah infeksi bakteri karena berupa jerawat dan ada nanahnya. Sebaiknya berobat ke dermatologis yang dekat dengan lokasi lala, supaya dapat didiagnosis dan pengobatan lebih pasti. Mudah-mudahan membantu ya..

    BalasHapus
  9. Halo dok... Baru dua hari ini saya Mengalami Gangguan di Kulit Selangkangan dekat kelamin... Berwarna Merah, bercak-bercak dan gatal-gatal.. Kira2 saya harus membeli obat apa agar hilang?? Terima Kasih Dok..

    BalasHapus
  10. Halo Noerdy, maaf jawabannya lama... Baiknya berobat dahulu ke dermatologis terdekat supaya diagnosis dan terapinya bisa jelas ya.. Karena kemungkinan diagnosisnya masih bisa beragam sekali mulai dari peradangan kulit (dermatitis) hingga jamur. Terapi akan berbeda sesuai diagnosisnya. Salam kulit sehat..

    BalasHapus
  11. Dok Saya didiagnosis oleh dokter terkena KP... khususny di bagian tangan (terkonsentrasi di bagian lengan atas) , dada , dan paha
    Saya dikasih Vitacid dan carmed ( salep ) dan krim ezerra tapi hasilnya belum ada dok ...

    saya searching dan menemukan beberapa obat seperti lotion berbahan urea dan ada juga yg bilang dengan AHA atau BHA (Alpha hydroxy acid dan Beta hydroxy acid ) juga bisa untuk eksfoliasi ..

    kira kira treatment yang cocok apa dok ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ismail..
      Untuk eksfoliasi, berbagai bahan aktif dapat menjadi pilihan, seperti AHA atau BHA, juga retinoid (misal Vitacid) dosis rendah.
      Urea penting untuk moisturizernya.
      Untuk treatment, bila mash kasar, dapat dikerjakan Microdermabrasi untuk menghaluskan, dan setelah halus, sisa warna yang mengganggu dapat dilakukan Chemical Peeling untuk memudarkan warnanya.
      Mudah-mudahan membantu ya..

      Hapus
  12. dokter, saya juga termasuk penderita KP, tetapi belakang in saya sudah ciba berbagai macam salep mulai dr hydrocortizone, salep dari dr.spesialis kulit tp belum juga ada perubahan.
    kira-kira salep atau krim apa yg bisa untuk menyamarkan atau menghaluskan kulit KP..??
    terima kasih dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo.. Ya memang, tujuan terapi KP bukan untuk menyembuhkan, tapi menyamarkan/menghaluskan saja, dan mengurangi kekambuhan. Penting untuk melakukan terapi secara kontinu untuk mempertahankan hasil.
      Saat sedang kambuh, dapat diberikan terapi sesuai kondisi (pelembab, bahan eksfoliant, terapi di klinik seperti mikrodermabrasi), namun begitu stabil, maka selanjutnya cukup menggunakan pelembab saja untuk mencegah kekambuhan.
      Gunakan sabun lembut dengan pH 5.5 untuk mandi, dan mandi dengan air dingin (jangan air panas).
      Mudah-mudah-an membantu ya..

      Hapus
  13. dokter apa ada chemical peeling buat selain wajah?
    Saya tny di beberapa klinik kecantikan kok tidak melayani peeling selain wajah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, ada.. Selain wajah, tangan, hampir seluruh daerah kulit badan (bukan mukosa/selaput lendir) bisa dipeeling. Jenis cairan peeling, konsentrasinya dan jumlah lapisannya tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit pasien. Peeling non wajah dapat dilakukan antara lain di Erha Clinic dan juga di Puspa.

      Hapus
  14. Dok apakah KP ada hubungannya dengan hormon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun tidak pernah disebutkan berhubungan langsung dengan hormon, onset KP sering ditemukan bersaman dengan masa puber, yaitu usia remaja muda. Sehingga, kemungkinan pada beberapa kasus memang KP sedikit berhubungan dengan hormonal.

      Hapus
  15. Dok, saya 21 tahun, saya sudah mengidap pnyakit KP dari umur 14 tahun, tapi dari dulu saya tidak berani untuk berobat karena takut merepotkan keluarga yang pikir saya biayanya akan mahal..
    kemarin saya memberanikan diri untuk berobat karena bintik2 yang smakin banyak dan mengerikan, dokter memberi resep saya krim EVALEN, sudah saya pakai sampai habis tapi belum ada perubahan, saya jadi ragu untuk beli EVALEN lg, menurut dokter bagaimana?
    Terimakasih...

    BalasHapus
  16. Dear Irzam, evalen adalah salah satu krim yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi KP. Apabila evalen belum membantu, sebaiknya berkonsultasi kembali dengan dokter sebelum membeli lagi. Kemungkinan dokter akan meningkatkan krim yang diberikan, atau memberikan kombinasi dengan krim lain, atau bahkan merekomendasikan terapi yang dapat membantu menghaluskan dan memudarkan KP.
    Demikian dan mudah-mudah-an membantu ya..

    BalasHapus
  17. mf dok,nama krim yg bs menyamarkan KP apa ya?
    Mohon bntuanx

    BalasHapus
  18. Dear Erny, krim yang bisa membantu KP tergantung kondisinya saat ini. Bila masih merah/kasar, maka dermatologis akan meresepkan krim yang mengandung steroid ringan, bila tinggal hitam/warna bintik coklat, dermatologis meresepkan krim yang mengandung bahan lightening. Semua krim tersebut biasanya harus didapat dengan resep dokter. Bila kondisi sudah baik, untuk maintenance, Erny dapat menggunakan krim pelembab lembut yang dijual bebas, silakan pilih brand bebas yang banyak beredar di pasaran.
    mudah-mudahan cukup membantu ya..

    BalasHapus
  19. Dok...kyk nya sy punya penyakit KP sekitar 2 bulan yang lalu sampai sekarang, tapi aneh nya kok gk berwarna kemerahan atau pun kecoklatan gitu...

    BalasHapus
  20. Dear Andi, mungkin bukan KP? coba diperiksakan ke dermatologis terdekat ya.. karena KP umumnya warnanya merah atau kecoklatan, kadang-kadang bisa juga ditemukan sewarna kulit.

    BalasHapus
  21. dok .. saya skrg berumur 19 tahun dan mengidap KP sejak umur 13 tahun , sya juga sudah pernah berkonsultasi dengan dokter kulit , namun dokter hanya mengatakan ' saat ini hal seperti ini sudah menjadi hal yang biasa dan ini tidak bisa di sembuhkan sampai kapan pun ' . itu membuat sya sangat kecewa . KP ini muncul di daerah lengan luar dan bagian paha dengan wrn coklat dan kasar .. terkadang jumlahnya bisa tinggal sedikit ,terkadang sudah sangat bnyk sekali , kira" kenapa bisa begitu ya ?
    terus ada gak larangan makanannya untuk yang terkena KP ini?

    BalasHapus
  22. Dear Mariana.. betul, jumlah/luas/keparahan KP bisa variatif tergantung cuaca/musim dan juga pajanan dengan faktor pencetus lain dari lingkungan. Tidak ada larangan makanan, Untuk mengurangi kekambuhan KP, jaga selalu kelembaban kulit. Supaya kulit selalu lembab, mandi dengan air dingin (hindari air panas) dan gunakan pelembab segera setelah mandi. Mudah-mudahan membantu ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pake air hangat bisa gk dok ? karena aku kerja nya sering lembur , jadi gak di kasih mandi air dingin karna takut keka rematik .jadi kira" gmn solusi nya ya dok ?

      kalo kita rutin pakai pelembab sesudah mandi , perubahan bisa terlihat berapa lama setelah pemakaian dok?

      Hapus
    2. Sedapat mungkin air dingin, tapi untuk kondisi tertentu air hangat suam suam kuku tidak apa. segera settle mandi, langsung oleskan pelembab merata ya.. Bila kamar tidur menggunakan AC, maka suhunya jangan terlalu dingin ya,dan gunakan piyama lengan/celana panjang untuk mencegah kehilangan kelembaban kulit karena AC.
      Untuk berapa lama baru terlihat perubahan, sulit dipastikan ya.. karena tergantung tiap kulit, kondisi lingkungan sekitar dan perawatan kulit sehari-harinya.. Tapi pastinya tidak akan segera, sedikitnya perlu 1x siklus regenerasi kulit yang sekitar 1 bulan..

      Hapus
    3. kalau pakai minyak zaitun cocok tidak tuk melembabkan kulit?

      kira" dokter ada saran produk mandi atau pelembab yang cocok untuk mengurangi KP ini?

      Hapus
    4. minyak zaitun dapat membantu, gunakan untuk malam hari sebelum tidur..
      sabun yang baik adalah yang jenisnya cleanser non soap dengan pH 5.5.
      pilih pelembab bentuk krim (daripada lotion) dan sedapat mungkin tidak menggandung pengawet, pewarna dan pewangi.
      trims..

      Hapus
    5. ok . terima kasih banyak atas semua saran dokter .

      Hapus
  23. dokter, apa tdk jual krim untuk KP?

    BalasHapus
  24. Dear Dokter
    Dok saya menderita KP nih sejak kurang lebih 1 th yang lalu, tepatnya musim dingin tahun lalu.Awal nya saya cuek saja,saya pikir cuma bentol2 biasa, tapi lama kelamaan meluas,dan bintik2 itu terpusat di sekitar lengan bawah n kaki.
    dan KP yang saya derita lebih mengarah ke KP ALBA,dan baru sebulan ini saya memeriksakan diri ke dokter , dokter memberi obat:1) DRY BANT OINTMENT -petrolatum. 2)URS 30 CREAM- moisturizing cream. 3)ACRETIN-tretinoin 0,05%.
    cream ini sudah saya coba sekitar 3mgg tp kok belum ada perubahan ya dok. apa saya harus menghentikan, n ada nggak obat buat nyembuhin KP.
    Oh iya dok saya di saudi arabia mempunyai 2 musim panas n dingin.

    BalasHapus
  25. Dear Hasna,
    memang betul, entah kenapa, kulit Asia yang tinggal di negara 4 musim, lebih mudah terkena KP, dan umumnya menjadi parah saat musim dingin. Sebetunya pengobatanannya sudah sesuai, Dry bant & Urs 30 berfungsi sebagai pelembab, sedangkan Acretin berfungsi mengurangi bintik-bintik. Namun bila dirasa belum membantu, coba untuk kembali berkonsultasi ke dokternya supaya diberi pelembab yang lebih kuat, atau terkadang dokter dapat membantu memberikan krim pelembab dengan kortikosteroid ringan dalam jangka singkat apabila dirasa perlu.
    Sampai saat ini pengobatan KP masih untuk mengontrol dan mengurangi keparahan KP, dan belum ada terapi yang bisa menyembuhkan secara permanen. Namun dengan pengobatan tepat dan maintenance teratur, KP dapat dikontrol dan dicegah kekambuhannya.
    Demikian mudah-mudahan membantu ya..

    BalasHapus
  26. Dear Dokter
    Trimakasih banyak buat kesedianya membantu masalah saya.
    Dok saya membaca sebuah artikel yang menulis "KP AKAN HILANG DENGAN SENDIRINYA KETIKA KITA BERUMUR 30 TAHUN", apakah benar begitu Dok? sedang kan sekarang saya sekarang berumur 26 tahun, adakah kemungkinan untuk sembuh?
    Dan adakah diet khusus untuk penderita KP? Dan makanan apa saja yang tidak boleh dimakan? oh iya dok, apakah obesitas juga berpengaruh terhadap KP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Hasna,
      umumnya KP tidak hilang sempurna, namun seiring usia, keparahan dan kekambuhannya semakin ringan. Tidak ada diet khusus dan tidak ada pengaruh obesitas.
      Tirms..

      Hapus
  27. Dokter pori2 kulit saya tiba2 membesar dan kasar warnanya masih sama seperti kulit tidak kemerahan, apakah ini termasuk KP?
    Bagaimana cara mengatasi kulit kasar tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Lusi,
      pori-pori di daerah mana ya? mohon jelaskan lebih spesifik ya.. sy tunggu penjelasannya, trims..

      Hapus
    2. Hanya didaerah tangan bagian atas kata teman-teman saya memang seperti kulit ayam yang sudah dicabut bulunya dan saya takut akan menyebar karena kalau disentuh terasa kasar tetapi warnanya serupa dengan kulit. Apakah ini termasuk KP?
      Bagaimana cara mengatasinya apakah vitacid bisa membantu menghilangkan atau melembutkan kekasaran kulit tersebut soalnya saya pernah baca diinternet ada yg menggunakan vitacid kalau tdk bisa sebaiknya menggunakan krim atau salep apa?

      Thx,

      Hapus
    3. Kalau dari lokasi & penjelasannya sepertinya termasuk KP.
      Vitacid merupakan salah satu pilihan terapi, name pemakaiannya seharusnya diresepkan dokter setelah melihat kondisi kulit.
      Saran saya, sebaiknya lusi berkonsultasi dulu dengan dermatologis terdekat supaya mendapatkan pengobatan yang aman dan efektif sesuai kondisi kulit lusi..
      Bila belum sempat berobat, akan lebih aman menggunakan krim pelembab ringan yang memang dijual bebas dan diformulasikan untuk kulit kering atau sensitif.
      trims..

      Hapus
    4. saya sudah menggunakan vaseline unuk kulit kering tetapi idak ada perubahan malah sepertinya sekarang makin menyebar bagaimana cara mengurangi kekasarannya?

      Hapus
    5. Dear Lusi,
      kalau sudah tidak tertangani dengan krim bebas, seperti saran saya, lebih baik berkonsultasi dulu dengan dermatologis terdekat ya.. supaya pengobatannya bisa tepat..
      Karena tanya jawab diforum ini tidak akan dapat menggantikan konsultasi yang bisa melihat langsung kondisi kulit, sehingga terapi yang tepat bisa diberikan..

      Hapus
  28. dok.. saya juga kena KP. lalu kata kenalan saya yang kena KP juga, dia uda berobat sampai k singapur, kata dokternya KP hanya bisa hilang dgn aendirinya ketika sudah menikah. apa betul dok? saya suda pke krim cukup lama tapi blm ada perubahan..

    BalasHapus
  29. Dear Risa..
    sejauh ini kelihatannya KP tidak bisa hilang/sembuh.. baik menikah atau setelah dewasa, KP tetap ada, hanya memang umumnya setelah dewasa, keparahannya berkurang sesuai dengan pertambahan usia..
    Trims..

    BalasHapus
  30. aku jg pernah kena KP ini waktu remaja, dan sembuh tapi bisa sembuh total berkat dokter Rony yang praktek di Jembatan 5 itu. dua kali kunjungan pake obatnya sembuh tdk berbekas. maka ak heran kalo dibilang tdk bisa sembuh, krn ak alami sendiri di lengan byk sekali, akhirnya sembuh total mulus sedia kala. Terima kasih pada Dokter Rony.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Kino,
      terima kasih untuk komentarnya.
      dr Ronny adalah guru dan panutan saya yang amat saya hormati. Ilmu dan pengobatan beliau amat maju dan saya sangat bangga menjadi muridnya.
      Bahasan mengenai keratosis pilaris dan kemungkian sembuhnya dapat Kino baca tidak saja di blog saya, silakan dibrowse juga di web dermatology lain (jangan di web awam ya..), supaya mendapatkan perbandingan informasi. Salah satu web yang dapat dibrowse adalah american academy of dermatology, yang merupakan asosiasi dari dermatologis di amerika.
      trims..

      Hapus
  31. saya juga penderita KP sejak umur 14 th, umur saya skrg 16 th sy udh pake berbagai macam body lotion yg di jual bebas tp ga ilang" dok, sy juga pernah dikasih salep sama dokter saya ga ilang" juga. Trus apakah salep yg dokter bilang di atas itu dijual bebas & klo sy mau berobat ke dokter rony alamatny dmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Aviola,
      salep tersebut merupakan racikan, tidak dijual bebas.
      dr Ronny dapat ditemui di erha clinic kemanggisan ya..

      Hapus
  32. slm dok, KP penyebabx apa yah?... sy kena gejala yang sama, tapi kadang malah bertambah parah saat cuaca sangat panas. maka dari itu kadang sy menghindari pemakaian lotion di daerah tersebut, spy ndak menyebar. mhn penjelasannya, thanks..

    BalasHapus
  33. salam, bu dok sy kena gejala yg sama dgn penyakit kp selama kurang lebih setahun ini di area kaki dan lengan., hanya saja kadang bertambah gatal ketika cuaca lg panas. sejauh ini sy belum pernah memeriksakan diri ke dokter dan menghindari pemakaian lotion agar gatalnya tidak menyebar. pertanyaan sy dok, apa sebenarnya penyebab utama KP dan bgmna mekanisme pengobatannya?...trims. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Khadijah..
      Penyebab KP terutama adalah kulit atopi/sensitif dan dipengaruhi oleh cuaca/musim.
      Biasanya saya akan meresepkan krim pelembab untuk digunakan pasien dirumah pada area KP 2x/hari setelah mandi.
      Bila diperlukan, maka pasien dapat memilih berbagai terapi yang dikerjakan di klinik, seperti Chemical Peeling dan Mikrodermabrasi. Terapi berguna untuk membuka sumbatan di folikel rambut dan membuang sel kulit mati. Selain itu juga dapat membantu menyamarkan warna kulit area KP sehingga menyerupai warna kulit normal. Mikrodermabrasi dapat memperbaiki tekstur yang seperti amplas/kulit ayam sehingga kulit lebih halus.
      Mudah-mudah-an jelas ya..

      Hapus
  34. dok, saya mau tanya lg..
    sabun dengan pH 5.5 yg d jual bebas d pasaran ada g ya?
    apa dokter punya rekomendasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Irzam,
      sabun pH5.5 yang dijual bebas di pasaran ada beberapa, yang mudah ditemukan adalah sabun cair Johnson & Johnson pH 5.5 dan sabun cair Sebamed.
      Mudah-mudah-an membantu ya..

      Hapus
  35. Dok, saya memiliki kulit di bagian lengan atas(yang terkena matahari saja, bagian bawah atau yang tertutup kaos tidak ada sama sekali) seperti kulit ayam ini, tapi tidak berwarna coklat, melainkan berwarna seperti kulit bahkan lebih putih. Apakah ini memang betul KP atau bukan?

    BalasHapus
  36. Halo Ubay..
    Kalau dari penjelasan Ubay, kemungkinan memang bukan KP, namun masih satu spektrum dengan KP, yaitu aksentuasi folikularis atau pitiriasis alba.
    Baik KP, aksentuasi folikularis atau pitiriasis alba, ketiganya merupakan bagian dari tanda minor atopi (kulit sensitif).
    Untuk pitiriasis alba, ulasan lengkapnya silakan Ubay baca di blog saya juga ya..
    Untuk diagnosis yang lebih pasti kelainan kulitnya, tentunya sebaiknya Ubay berkonsultasi ke dermatologis terdekat ya..
    Mudah-mudah-an membantu ya..

    BalasHapus
  37. Dok , knp KP saya timbul di leher ya ??
    lalu KP yg ada di lengan ats saya pertama' berwarna putih lalu merah apkh itu KP ?
    dan kalo bole tau nama krim ap yg harus di gunakan ?

    BalasHapus
  38. Dok , Knp KP saya timbul di Leher ya ?
    Lalu KP yg di lengan sya itu pertama' berwarna putih lalu merah apkh itu KP ?
    dan kalo bole tahu nama krim apa yg harus di gunakan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Carvin,
      Leher bukan area yang sering terkena KP. Untuk daerah leher, perlu diperiksa lebih lanjut apakah itu KP ataukah kelainan lain, yang sering adalah dermatitis atopik. Baiknya Carvin berobat ke dermatologis terdekat untuk mendapatkan diagnosis pasti ya..
      Warna KP memang bisa merah atau putih..
      Krim yang digunakan bergantung dari kondisi yang terlihat saat pemeriksaan.. Krim bebas yang dapat coba digunakan adalah pelembab seperti Physiogel atau Noroid. Gunakan sabun dengan pH netral seperti Physiogel atau Sebamed. Jangan mandi dengan air panas.
      Bila belum membantu, baiknya konsultasi ke dermatologis terdekat ya..
      Mudah-mudah2an membantu ya...

      Hapus
    2. lalu dok , kalo boleh tny knp wajah saya sehabis mandi , selalu berkerak ya ? sprt org ngiler
      kalo bole tau harus pake obat ap ?

      Hapus
    3. Itu adalah salah satu tanda dari kulit kering, yang sering ditemukan pada kulit atopi (sensitif). Kulit kering dan KP masih termasuk dalam satu kelompok besar tanda/gejala minor dari penyakit atopi kulit (dermatitis atopi). Boleh ikut gunakan sabun dan pelembab seperti yang saya sarankan sebelumnya ya..

      Hapus
    4. Terima Kasih byk ya dok ats smua Info dan Saran nya ..

      Hapus
  39. Dok, saya mau tanya. saya memiliki masalah pada bagian kulit pantat saya. kulitnya kasar terlihat seperti kulit ayam dan jika lembab biasanya gatal,terkadang ada yang seperti jerawat kecil bernanah dan itu lebih banyak di area yang tidak tertutupi celana dalam. bagaimana caara mengatasinya. terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Felita,
      dari keterangannya, tampaknya itu bukan KP ya.. Apalagi ada jerawat kecil bernanah nya..
      Silakan berobat ke dermatologis terdekat untuk mendapatkan diagnosis dan terapi yang tepat ya..
      Untuk sementara, hindari keringat berlebih ya. Gunakan baju longgar dan pilih bahan baju dan celana dalam dari katun yang baik menyerap keringat.
      Mudah-mudah2an membantu ya..

      Hapus
  40. Dear dr.Dian,

    Saat ini saya sedang mengobati KP yang berada di bagian tangan terutama lengan atas dengan menggunakan sabun mandi sebamed cleansing bar dan lotion sebamed day defence cream,apakah langkah tersebut sudah benar?
    Jika saya ingin melakukan konsultasi lebih lanjut di erha clinic depok apakah pengobatan nya akan sama dengan pengobatan yang ada di erha klinik kemanggisan.

    Trims
    Adi

    BalasHapus
  41. Dear Adi,
    langkah yang dilakukan Adi saat ini sudah tepat.
    Bila ingin konsultasi lebih lanjut, dapat dilakukan di erha clinic depok. Untuk KP, pengobatannya sama dengan di erha kemanggisan.
    Salam..

    BalasHapus
  42. saya sudah lumayan lama terkena KP ini, tapi baru sekarang searching nama penyakitnya dan bagaimana cara menanganinya

    dibagian paha bintik-bintik coklat tapi kalau diraba tidak kasar, sedangkan di lengan luar kalau diraba terasa kasar

    step-step penanganannya bagaimana dok? pertama lotion apa dulu yang dipakai, dan seterusnya lotion apa?

    saya baru mau menggunakan carmed, tertulis urea 10%. tepatkah carmed sebagai lotion pertama yang saya pakai? dan sabun merek apa yang dokter rekomen untuk ph 5.5?

    terima kasih sebelumnya, mohon dibalas a.s.a.p ya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Enola,
      step awal yang diambil Enola sudah tepat.
      Urea 10% (apapun brandnya) termasuk dalam lotion untuk penanganan awal KP, digunakan 2-3x/hari setelah mandi ya..
      Sabun ph5.5 boleh brand apa saja, yang saya tahu adalah sebamed dan johnson ph5.5.
      digunakan untuk 1 bulan, juga sekaligus jaga kulit jangan kering ya.. tulisan mengenai kulit kering di blog ini silakan disimak ya..
      bila setelah 1 bulan pemakaian rutin belum ada perbaikan bermakna, silahkan berkonsultasi ke dermatologis terdekat ya..
      salam..

      Hapus
    2. terima kasih dok sudah dijawab dengan cepat, nanti kalau dengan carmed tidak ada perubahan saya mau tanya lagi

      sukses buat dr.Dian :)

      Hapus
  43. dok saya mau tanya saya mempunyai kp dibagian lengan 2 tangan terkena cara pengobatan yang pertama apadulu ya dokmakasih balas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yusuf,
      Silakan menyimak komen-komen di artikel ini ya.. Mudah-mudahan banyak mendapat informasi baru..
      Singkatnya :
      Urea 10% (apapun brandnya) termasuk dalam lotion untuk penanganan awal KP, digunakan 2-3x/hari setelah mandi..
      Mandi dengan Sabun ph5.5 ya.. boleh brand apa saja, yang saya tahu adalah sebamed dan johnson ph5.5.
      digunakan untuk 1 bulan, juga sekaligus jaga kulit jangan kering ya..
      bila setelah 1 bulan pemakaian rutin belum ada perbaikan bermakna, silahkan berkonsultasi ke dermatologis terdekat..
      salam..

      Hapus
  44. dok aku punya penyakit gatal gatal kalo di gigit nyamuk pasti gatal sekali untuk tidak di garuk itu susah sekali.sampai memerah jadi luka sampai kering trus membekas hitam susah hilangnya.biasa jga sampai kulit saya terkelupas dan perih sekali. kadang kadang jga gatal tidak ada penyebabnya.kakak saya jga bgtu dok.artikel yang saya baca katanya itu penyakit prurigo.kira kira apa obatnya ya dok ?? tlong di blas ya dok habis bekas hitamnya mengganggu penampilan sangat. umur saya 18 tahun.gatal ini mulai waktu saya SMP waktu saya SD tidak pernah dok . makasih banyak dok .:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Andha,
      Prurigo dapat disebabkan berbagai macam hal, diantaranya memang gigitan nyamuk. Andha harus mencari faktor penyebab pada kulit Andha, sehingga dapat dicegah tumbuh lesi baru.
      Secara umum, jaga kulit supaya tidak kering (mohon disimak atasi kulit kering di blog ini). Untuk bekas hitamnya, silakan Andha berobat ke dermatologis terdekat ya. Umumnya akan diberikan krim untuk menghilangkan bekas hitam, dan dapat dibantu dengan tindakan misalnya Chemical Peeling.
      Mudah-mudah-an membantu ya..
      Salam..

      Hapus
  45. Dok saya penderita kp. Dan semakin lama kp ini semakin banyak dan sangat mengganggu penampilan saya .lotion urea 10% itu seperti apa dok?dan saya juga ingin mencoba berobat di dr ronny yg jemb lima itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yulli,
      Lotion urea 10% yang beredar di pasaran misalnya Soft-U-Derm Forte dan Carmed 10%.
      SIlakan berobat ke dr. Ronny ya..
      Beliau guru dan panutan yang amat saya hormati. Mudah-mudahan Yulli cocok dan lekas membaik ya KP nya..
      Salam..

      Hapus
  46. Amin Trimakasih dok. Maaf tanya lagi .
    Lotion soft u derm forte atau carmed itu biasanya terjual ditoko mana yah dok ?
    Trimakasih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas Yul.. Lotion-lotion tersebut umumnya mudah didapat di apotik biasa seperti Century , Guardian maupun apotik umum lainnya.
      salam..

      Hapus
  47. Dok, saya menderita KP sejak umur 17 tahun, Saya pernah berobat ke Malaysia,
    doker memberi saya sabun dan body lotion..
    KP saya hilang hanya warna kecoklatannya tidak hilang.
    setelah sabun dan lotion habis, kulit saya kembali kasar.
    menurut dokter, tindakan apa yang harus saya lakukan??
    lotiuon apa yang cocok untuk penderita KP??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Susilo,
      ya betul, umumnya perjalanan KP memang hilang timbul.
      Perawatan kulit harus tepat, supaya KP tidak mudah kambuh.
      Silakan menyimak komen-komen di artikel ini ya.. Mudah-mudahan banyak mendapat informasi baru..
      Singkatnya :
      Urea 10% (apapun brandnya) termasuk dalam lotion untuk penanganan awal KP, digunakan 2-3x/hari setelah mandi.. Lotion urea 10% yang beredar di pasaran misalnya Soft-U-Derm Forte dan Carmed 10%.
      Mandi dengan Sabun ph5.5 ya.. boleh brand apa saja, yang saya tahu adalah sebamed dan johnson ph5.5.
      digunakan untuk 1 bulan, juga sekaligus jaga kulit jangan kering ya..
      bila setelah 1 bulan pemakaian rutin belum ada perbaikan bermakna, silahkan berkonsultasi ke dermatologis terdekat ya..
      Untuk KP, menurut saya pengobatan di Jakarta dan Malaysia sama saja..
      Mudah-mudahan membantu ya..
      Salam..

      Hapus
    2. saya tinggal di medan dok,,
      waktu saya berobat,dokter bilang harus dikelupas, saya jdi takut,,
      makanya beribat ke luar.

      kalau saya mau menghilangkan bekas bintik2nya, saya harus menggunakan chemical peeling tca atau ga dok??
      maksih dok

      Hapus
    3. Dear Susilo,
      untuk bintik-bintik yang sudah rata yang warnanya coklat kehitaman, biasanya bisa dibantu dengan Chemical Peeling. Bahan aktifnya dapat bermacam-macam, antara lain TCA.
      Namun, pastikan dilakukan dengan dermatologis supaya aman ya. Karena TCA, apalagi di area non wajah, harus dilakukan oleh dermatologis yang berpengalaman.
      Butuh beberapa kali peeling untuk mendapatkan hasil. Walaupun tidak hilang total, hasilnya cukup memuaskan.
      Mudah-mudahan jelas ya..
      Salam..

      Hapus
  48. Halo dok, Nama saya Tika
    Saya kena KP sudah dari kecil, ayah saya juga puny KP ini walau hanya sedikit sedangkan saya hampir 1 badan (lengan yang paling parah, diikuti bagian kaki, paha sedikit, perut, dan punggung). Saya tidak pernah bepergian ke luar negeri, dan terbiasa hidup di lingkungan yang dingin (BerAC, pegunungan, dsb)

    Dulu saat saya kecil ada dokter yang bilang bahwa itu alergi keringat, makanya habis berkeringat harus mandi. Tapi saya perhatikan ketika saya berkegiat malah kelihatan berkurang.

    Saat saya pindah ke Jakarta, kulit saya jadi semakin kasar dan merah (sebelumnya hanya kasar saja, merahnya pink seperti foto ke 2). Saat itu saya rasa karena kondisi air mandi yang tidak baik, karena saat saya pindah ke lain area, membaik lagi. Kondisi saya terhitung stabil tidak hilang/bertambah.

    Sekarang ini kulit saya tidak bgtu kasar yang di bagian lengan, hanya ada sedikit yang menjol. Dan memang ketika menggunakan lotion/krim pelembab kondisinya lebih halus. Saya belum pernah ke dermatologist hingga saat ini karena menurut saya tidak mengganggu saya sehari2 karena tidak gatal, hanya sedikit mengganggu penampilan saja dan kurang PD menggunakan baju yang low cut/tidak berlengan.

    Pertanyaan saya:
    1. Benarkah KP itu berkaitan dengan keringat? Bisakah berolah raga/berkeringat mengurangi KP?

    Karena walaupun ketika berkeringat memang terlihat berkurang, saya menyadari bahwa KP yang di punggung saya bentuknya hampir mengikuti bentuk Bra. Apakah mungkin, bila KP ter-trigger dari keringat yg mengering/gesekan kulit dengan sesuatu (seperti bra yang menempel di kulit)?


    2. Apakah obesitas dapat menjadi faktor KP? Karena keluarga saya kebanyakan berbadan besar, walaupun tidak semuanya kena KP hanya saya dan 1 adik saya.

    3. Apakah faktor external seperti kondisi air dapat mempengaruhi seberapa parah KP yang di derita? Dan apakah penggunaan bahan seperti cairan dettol untuk air mandi dapat membantu?

    4. Untuk pola makan, adakah makanan yang harus dihindari?

    Banyak yang mengatakan mengurangi makan ayam membantu mereka mengurangi KP. Ada juga yang benar2 menjadi vegetarian. Apakah ini benar?

    5. Krim pelembab apa yang menjadi anjuran dokter, yang bisa mengurangi kekasaran KP tsb? Apakah yang ada di pasaran saja cukup, aau memang harus kedokter?

    6. Apakah penggunaan lulur/body scrub saat mandi dapat membantu KP? Atau malah bisa memperparah kondisinya? lulur/body scrub yang seperti apa yang baik utuk penderita KP?

    Karena beberapa orang memnerikan mix review tentang body scrub dan KP. ada yg bilang baik, karena dia menghilangkan sell kulit mati, sehingga membantu. ada yang bilang malah meperparah kondisi mereka.

    Terima kasih sebelumnya dok! Artikelnya sangat membantu saya memahami apa itu KP :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Tika, berikut jawabannya ya..
      Pertanyaan saya:
      1. Benarkah KP itu berkaitan dengan keringat? Bisakah berolah raga/berkeringat mengurangi KP? Sejauh ini timbulnya KP tidak banyak dihubungkan dengan keringat. KP banyak dihubungkan dengan udara/cuaca/musim.
      Apakah mungkin, bila KP ter-trigger dari keringat yg mengering/gesekan kulit dengan sesuatu (seperti bra yang menempel di kulit)? Gesekan kulit dan keringat tidak memicu timbulnya KP, namun dapat memperparah KP yang ada.


      2. Apakah obesitas dapat menjadi faktor KP? Sejauh ini KP tidak dihubungkan dengan obesitas.

      3. Apakah faktor external seperti kondisi air dapat mempengaruhi seberapa parah KP yang di derita? Tidak. Apakah penggunaan bahan seperti cairan dettol untuk air mandi dapat membantu? Tidak, cairan antiseptik justru umumnya dapat membuat kulit semakin kering, yang akhirnya memperparah KP. Gunakan sabun dengan pH 5.5 yang kaya pelembab.

      4. Untuk pola makan, adakah makanan yang harus dihindari? Tidak ada makanan yang perlu dihindari untuk mencegah kambuhnya KP.

      Banyak yang mengatakan mengurangi makan ayam membantu mereka mengurangi KP. Ada juga yang benar2 menjadi vegetarian. Apakah ini benar? Sejauh ini hubungan antara makanan dan KP belum ada bukti empiris yang membuktikan hubungan di antara keduanya.


      5. Krim pelembab apa yang menjadi anjuran dokter, yang bisa mengurangi kekasaran KP tsb? Ya, betul. Apakah yang ada di pasaran saja cukup, aau memang harus kedokter? Gunakan dulu krim yang dipasaran, apabila sudah cukup membantu, maka belum perlu ke dokter. Namun bila dirasa krim bebas tidak dapat memberikan perbaikan, maka sebaiknya berobat ke dermatologis.

      6. Apakah penggunaan lulur/body scrub saat mandi dapat membantu KP? Atau malah bisa memperparah kondisinya? lulur/body scrub yang seperti apa yang baik utuk penderita KP? Pada saat KP berwarna kemerahan, jangan gunakan lulur/scrub karena akan memperparah kondisi KP dan menambah iritasi kulit. Apabila KP berwarna coklat kehitaman dan kasar, maka scrub ringan dapat membantu mengurangi kekasaran KP. Pilih scrub yang tidak terlalu kasar, gunakan 1x/minggu saja, tidak usah terlalu lama, cukup beberapa menit saja. Dan jangan di-scrub terlalu keras untuk menghindari iritasi.

      Demikian, mudah-mudahan membantu ya Tika..

      Hapus
  49. dokter, saya slh satu penderita KP
    bbrapa hari ini muncul bruntus halus di hidung dan sekitarnya tp tidak berwarna, cuma kalau di lihat scr detail tampak banyak sekali
    apakah ini termasuk KP atau bukan??
    pengobatannya agar cepat hilang bagaimana??

    Saya berdomisili di malang, saya pengen konsul ke erha clinic malang tp takut mahal
    apa mikrodermabasi bs untuk menghilangkan bruntus di hidung?
    kira" sekali mikrodermabasi dan perawatan lain di erha berapa??

    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ukhti,
      umumnya KP tidak tumbuh di dihidung, kemungkinan bruntus tersebut bukan KP.
      Sebaiknya Ukhti berkonsultasi dengan dermatologis setempat ya, untuk memastikan diagnosis dan mendiskusikan terapi.
      Untuk harga terapi di erha, silakan ditanyakan ke erha setempat ya..
      Salam..

      Hapus
  50. Dok saya mau tanya kenapa KP dilengan saya disertai dengan bulu yang juga ikut memanjang tolong penjelasannya dok !

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Darman,
      Umumnya bulu pada area KP tidak ikut memanjang.
      Namun terkadang pada pemakaian pelembab yang digunakan untuk mengobati KP, dapat menyebabkan bulu ikut memanjang.
      Juga penting diperhatikan, apakah memang kondisi di lengan Darman adalah KP, atau kelainan kulit lain yang mirip KP yang disertai dengan bulu memanjang.
      Silakan berkonsultasi dengan dermatologis terdekat untuk memastikan diagnosis ya..
      Mudah-mudahan membantu ya..
      Salam..

      Hapus
    2. Trimakasih dok atas jawabannya , sepertinya saya penderita KP dok dengan ciri" bintik coklat kehitaman yang muncul di tempat bulu" tumbuh dan berada dilengan hanya saja bulu" juga ikut memanjang , tapi saya belum pernah memakai pelembab dok karena saya baru tau sekarang lo mengatasinya dengan pelembab ,
      yang saya ingin tanyakan lagi dok apa mungkin KP ini menyebar ke tangan di bagian bawah siku , karena KP saya masih berada di bagian lengan atas siku ..

      Thank's infonya dok sangat bermanfaat Salam Sukses selalu ...

      Hapus
    3. Dear Darman..
      Iya betul, KP dapat menyebar ke lengan bawah juga..
      Untuk mencegahnya, segera gunakan pelembab secara rutin ya..

      Senang sekali blog saya bisa bermanfaat utk Darman..
      Salam n sukses selalu utk Darman juga ya..

      Hapus
  51. Dokter, kulit tangan saya kering plus sensitif, jadi kalo di cubit atau aktivitas yang menyebabkan kulit tersebut tertekan kedalam. Misal, ditekan ke ujung meja, dsb. Kulit tersebut langsung seperti sehabis digigit semut, merah dan agak gatal. Itu yang pertama
    Yang kedua, kulit tangan saya juga sepertinya terkena KP juga, seperti yang disebutkan pada postingan di atas.

    Pertanyaan saya, bagaimana cata menghilangkan sifat sensitif pada kulit tangan ini dan menghilangkan KPnya juga? Terima kasih, dok. Atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Miftah,
      kalau dari penjelasan tentang permasalahan pertama, kelihatannya Miftah menderita urtikaria tekan, jadi urtika/biduran timbul di area yang sering terkena tekanan. Umumnya hal ini disebabkan karena sel pemicu reaksi alergi (histamin) yang sensitif dan mudah dirangsang dengan hanya tekanan biasa. Karenanya, hal ini sulit untuk dihilangkan. Yang terbaik adalah pencegahan. Hindari tekanan berlebih pada area yang sering muncul ya..
      Untuk KP, penatalaksaannya silakan dibaca di tulisan saya diatas dan juga di magian tanya jawab di postingan ini ya..
      Salam...
      Mudah-mudahan membantu ya..

      Hapus
  52. Dokter, saya ada bintik-bintik kasar, kecil, keras tapi masih berwarna kulit di sekitar belahan dada dan punggung atas. Yang di belahan seperti kulit ayam dan yang di punggung hampir menyerupai keloid tapi kecil-kecil. Tidak terasa gatal sama sekali, tapi sangat mengganggu penampilan. Sudah pernah konsultasi ke dermatologist dan katanya ini semacam lemak-lemak padat kecil, biasanya karena bawaan. Saya juga memang memiliki jerawat di punggung dan dada. Apakah ini termasuk KP atau jerawat ? Bintik-bintiknya sudah ada sejak saya umur 14 tahun dan sekarang saya 20 tahun. Kira-kira treatment yang tepat itu yang bagaimana ya ?
    Terima kasih sebelumnya dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Stefanny,
      membaca penjelasan Stefanny, tampaknya memang bukan KP ya.. Salah satu diagnosis yang mungkin adalah steatosistoma, kantong-kantong berisi lemak di bawah kulit, umumnya dilaser CO2 atau di-electrocauter untuk menghilangkannya. Tentunya untuk memastikan diagnosis, butuh pemeriksaan langsung ya..
      Setelah diagnosis dipastikan bersama dengan dermatologist, barulah ditentukan bersama pilihan terapinya..
      Salam..
      Mudah-mudahan membantu ya..

      Hapus
  53. hallw dok, saya sudah pasti 100% terkena KP, sebab lengan atas saya cukup banyak bintik2 kecoklatannya. setelah saya baca komentar2 di atas tampaknya harus menjadi seorang lelaki yg cucok hahaha... Dok cuman mau nanya, kalo di operasi atau di beri sinar2 laser buat ancurin Kpnya kira2 bisa gk dok? soalnya udh risih banget. Thanks di tunggu balesannya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Patrick,
      KP tidak diterapi dengan laser. Terapi KP yang paling ideal adalah Chemical Peeling dan Mikrodermabrasi. Untuk terapinya secara detail, silakan dibaca artikel di atas ya..
      Salam..

      Hapus
  54. ear Dokter Dian

    Saya berusia 36 thun dan sepertinya menderita gejala spt diatas.

    Di lengan atas saya muncul persis seperti gambar bintik merah agak hitam dan kulit kasar,

    Tetapi menurut penjelasan KP akan hilang seiring dengan umur, kenapa saya yang 36 baru muncul ya dok?

    apakah ini wajar? atau saya tidak menderita KP?

    Terimakasih dok saya ditunggu balesanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yoyok,
      untuk memastikan sebaiknya segera berkonsultasi dengan dermatologis terdekat ya..
      Umumnya KP dimulai pada usia remaja atau dewasa muda. Namun terkadang dapat juga muncul di usia lebih matang, terutama bila ada pencetus seperti perubahan cuaca yang ekstrim, atau pindah tinggal ke negara 4 musim.
      Mudah-mudahan membantu ya..
      salam..

      Hapus
    2. Dear Dokter Dian

      Terimakasih responnya .

      FYI saya memang semapat ke CHina pada bulan Januari 2013 dan shunya sampai minus, Tetapi dengan rentang waktu yang lama itu apakah itu bisa jadi pencetus?

      terimakasih dokter

      Hapus
    3. Dear Yoyok,
      Iya betul, terpapar dengan suhu ekstrim hingga minus merupakan salah satu pencetus KP, terutama pada individu dengan kulit sensitif.
      Sebaiknya segera berobat ke dermatologis untuk segera mendapat pengobatan untuk membantu meredakan KP ya..
      Salam..

      Hapus
  55. dear dr. Dian. saya terkena KP sejak umur 19 tahun, sudah berobat ke dr kulit dan sembuh.
    lalu kemudian KP saya kambuh lagi, dikarenakan dokter yg lama sudah pindah saya berobat ke klinik dermatologi lain.
    tapi yang membuat saya heran diagnosis nya bukan KP melainkan penyakit karena alergi amilum/karbohidrat. sakit apa gitu lupa saya namanya.
    menurut dokter bagaimana tindakan saya selanjutnya? sedangkan saya sudah 3 hari mngoleskan cream tapi blum ada perubahan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Aira,
      Bila ragu dan tidak mendapatkan kemajuan dengan krim yang sekarang digunakan, sebaiknya Aira berkonsultasi dengan dermatologis lain untuk mendapatkan second opinion mengenai diagnosis dan pilihan terapi.
      Jangan lupa membawa obat yang telah digunakan supaya dermatologis dapat megetahui riwayat terapi sebelumnya dan akhirnya memberikan pengobatan lebih tepat.
      Salam..

      Hapus
    2. bagusnya ke klinik dermatologis atau ke ruamah sakit aja y dok?
      saya jadi bingung?
      1 pertanyaan lagi dokter, emank ada ya dok penyakit kulit karna kandunagan amilum dalam karbohidrat? namanya apa?
      terima kasih dokter dian, :)

      Hapus
    3. Dear Aira,
      boleh kemana saja selama memang ditangani oleh dermatologis ya.. (yang bergelar SpKK - spesialis kulit dan kelamin).
      Untuk diagnosisnya mungkin maksud dokternya adalah liken amiloidosis ya?
      salam..

      Hapus
  56. Dear Dr. Dian,

    Di lengan, punggung dan dada saya tersebar luas bintik-bintik yang menonjol berwarna putih seperti jerawat kecil dan tidak gatal, mirip seperti penjelasan KP namun tidak berwarna merah. Jika kulit sedang kering bintik-bintik tersebut terutama di daerah lengan dan punggung mengeluarkan cairan seperti lemak pada jerawat namun lebih padat dan halus.

    Apakah ini KP? Bagaimana cara menghilangkannya dok karena sangat mengganggu penampilan, terlebih lagi kulit saya berwarna gelap.

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dimaz,
      Dari penjelasan nya, kelihatannya bukan KP ya.. Karena KP tidak pernah mengeluarkan cairan seperti lemak.
      Namun tentunya untuk diagnosis pasti, sebaiknya Dimaz segera berkonsultasi langsung dengan dermatologis terdekat supaya dapat diperiksa langsung kelainan kulitnya ya..
      Setelah diagnosis tegak, barulah dapat didiskusikan bersama pilihan terapinya.
      Semoga membantu ya..
      Salam...

      Hapus
    2. Thx Dokter...
      Mungkin bukan cairan lemak dok.. bintik2 tsb mengeluarkan spt isi jerawat namun halus dan teksturnya lebih keras dibanding jerawat atau juga seperti kulit mati dan hanya di bagian kulit yang kering2 saja dok... kalo kulit yang lembap hanya menonjol2 saja...

      Salam..

      Hapus
  57. Dokter Dian, saya punya keluhan ditangan bagian dalam muncul bintik2 seperti kulit merinding,tidak gatal,tidak mengandung cairan dan tidak berwarna,udah hampir 3 bulan gak hilang2, apakah ini termasuk KP jg? Dulu waktu remaja jg muncul dibagian punggung dan pundak saya,tp sekarang udah hilang, kira2 gimana ya Dok, mengobati nya, kalau saya terpapar udara dingin makin tambah jelas bintik2 nya dan terasa gatal..
    Atas jawaban nya saya ucapkan terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ricka,
      ada kemungkinan KP, tapi tentunya butuh pemeriksaan langsung dengan dermatologis untuk memastikan ya.. Karena ada beberapa kelainan kulit lain yang mirip juga dengan deskripsi dari Ricka.
      Untuk sementara sebelum berkonsultasi dengan dermatologis, dapat menggunakan pelembab terlebih dahulu, dan menjaga supaya kulit tidak kering dengan mandi dengan sabun pH5.5 dan tidak mandi dengan air panas ya..
      Salam..

      Hapus
  58. Dokter Dian, boleh minta alamat tempat prketeknya Dokter Roni yang dimaksud dalam perckpan diatas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sandra,
      dr. Ronny dapat ditemui di erha clinic kemanggisan ya.. Untuk alamat ada di jadwal praktek ya..
      Salam..

      Hapus
  59. syukurlah dapat artikel ini. bu dokter, sy juga mengalami hal yg sama.. bintik2 merah di bagian paha.. dan lengan berbiji2 gitu.. ga pede banget.. awalnya sy pikir karna konsumsi obat hormon dr dokter SPOG.. tp lama kelamaan nambah banyak terutama bintik2 merah di paha.
    mau ke dokter kulit ragu2 juga. mohon bantuannya buk, salep atw obat apa yg cocok, dan aman (lg program punya baby). makasih atas jawabannya bu dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rivi,
      Krim atau lotion Urea 10% (apapun brandnya) dapat digunakan dan aman untuk program hamil, digunakan 2-3x/hari setelah mandi.. Lotion urea 10% yang beredar di pasaran misalnya Soft-U-Derm Forte dan Carmed 10%.
      Mandi dengan Sabun ph5.5 ya.. boleh brand apa saja, yang saya tahu adalah sebamed dan johnson ph5.5.
      Bila setelah 1 bulan pemakaian rutin belum ada perbaikan bermakna, silahkan berkonsultasi ke dermatologis terdekat ya..
      Salam..

      Hapus
  60. Dok Saya Mau nanya... apakah penyakit saya ini KP apa bukan...

    Penyakit saya tuh bintik bintik merah (kayak bentol tapi agak kecil) nah trus lama kelamaan jadi hitam tapi lama kelamaan hilang... (tapi flek hitamnya susah hilang)... bintik merahnya itu gatal...
    Nah tapi ada beberapa bukti kalo ciri2 di atas cocok gambarnya juga sama"benjolan-benjolan kecil di permukaan kulit, warnanya bisa sewarna kulit, atau agak merah atau coklat gelap"
    dan di gambarnya juga hampir cocok sama penyakit saya selain itu emang sama memburuknya pas musim dingin (musim hujan) kalo musim panas jarang tumbuh yang baru.

    Nah Dok saya Pernah ke dokter Spesialis kulit... kata dokternya itu katanya cuman jerawat... tapi apa mungkin dok jerawat itu tumbuh di lengan (banyaknya bagian atas bagian bawah dikit)/pantat/paha

    Ooh iya penyakit saya ini tumbuh di hampir semua bagian.. Punggung (Lumayan banyak), Tangan Bagian atas (Banyak), Paha (Sedikit), Pantat (Banyak), Dada dan perut (Sedikit).
    Saya jadi g pede kalo pake baju berlengean pendek dok...

    Nah kira kira penyakit saya itu jerawat apa KP iya??

    Mohon atas jawaban dan bantuannya dok....
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Aam,
      Membaca penjelasan dari Aam, kelihatannya besar kemungkinan penyakit Aam adalah KP. Namun tentunya untuk memastikan diagnosis silakan berobat ke dermatologis lagi untuk diperiksa secara langsung.
      Salam..

      Hapus
  61. Dear dr. Dian
    nama saya Nuel, saya menderita KP dan sudah hampir setahun, saya sudah coba pake Hydrocoltizone salep 10% tapi gak ilang". terus ada teman menyarankan untuk inject vitamin C, katanya itu dapat membuat kulit bersih. apakah langakah itu tepat??? atau malah jadi tambah parah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo..
      Injeksi Vitamin C walaupun tidak memperparah KP, namun juga tidak akan membantu KP secara bermakna.
      Sebaiknya perawatan kulit dari luar (sabun dan krim yang tepat) digunakan rutin teratur digunakan untuk membantu mengurangi KP.
      Jenis sabun dan krim yang digunakan, silakan membaca tanya jawab di sini ya..
      Salam..

      Hapus
  62. dok saya mau nanya,saya penderita KP,obat/cream apa dok yg dapat menghilangkan KP.tolong di bls dok,
    sebelumnya terima kasih yah dnk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ria,
      terapi untuk KP dapat Ria baca di artikel ini dan di tanya jawab disini ya..
      Singkatnya :
      Urea 10% (apapun brandnya) termasuk dalam lotion untuk penanganan awal KP, digunakan 2-3x/hari setelah mandi.. Lotion urea 10% yang beredar di pasaran misalnya Soft-U-Derm Forte dan Carmed 10%.
      Mandi dengan Sabun ph5.5 ya.. boleh brand apa saja, yang saya tahu adalah sebamed dan johnson ph5.5.
      digunakan untuk 1 bulan, juga sekaligus jaga kulit jangan kering ya..
      bila setelah 1 bulan pemakaian rutin belum ada perbaikan bermakna, silahkan berkonsultasi ke dermatologis terdekat ya..
      Salam..

      Hapus
  63. dok saya gk tau kena KP apa gak
    soalnya tumbuh bintik-bintik kaya merinding gitu,,tapi makin banyak,,tidak gatal dan tidak berwarna merah hanya tumbuh bintik2 kaya merinding aja,,kadang kalo di garuk keluar putih-putih kaya bulu gitu
    Mohon atas jawaban dan bantuannya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Faldo,
      dari keterangan Faldo, kemungkinan bukan KP melainkan Aksentuasi Folikular, suatu kondisi kulit tampak bintik-bintik di daerah pori seperti merinding. Kondisi ini jinak dan tidak berbahaya, dan tidak menular, umumnya ditemukan pada kulit sensitif, kadang bahkan ditemukan bersamaan dengan KP.
      Untuk terapinya, sama dengan KP. Silakan dibaca ya thread tanya jawab disini..
      Salam..

      Hapus
  64. dok saya sudah setahun menderita gatal" bintik merah, nah saya tidak tau ini KP atau bukan tp di daerah punggung saya sudah sampe agak sedikit menebal dan berwarna hitam, apa ini KP?
    dibagian paha dan leher juga ada kemudian di bawah pusat juga banyak timbul bintik gaatal.
    mohon pencerahannya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ian..
      Kalau dari penjelasannya, kelihatannya bukan KP ya..
      karena KP jarang sekali gatal, dan bila gatal, umumnya gatalnya ringan.
      Dan hampir tidak pernah ada keluhan menebal dan menghitam.
      Segera konsultasi dengan dermatologis terdekat untuk mendapatkan diagnosis pasti ya..
      Salam..

      Hapus
  65. Dokter di dibawah mata disamping hidung saya ada bruntus2 kecil warnanya seperti kulit dan tidak gatal cuma permukaannya agak kasar.. Ini KP bukan ya dok? Bagaimana cara menghilangkannya agar permukaan wajah halus kembali? Dan boleh cuci wajah pakai air hangat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Lilo, membaca keterangan Lilo, sepertinya bukan KP ya..
      Kemungkinan pembesaran kelenjar keringat.
      Namun tentunya untuk memastikan, mohon berkonsultasi langsung dengan dermatologis setempat ya..
      Umumnya ada beberapa krim yang dapat membantu memudarkannya..
      Salam..

      Hapus
  66. Dear Dokter Dian

    Sebelumnya terimakasih atas postingan mengenai KP ini. sy baru tahu tentang penyakit ini, dan sepertinya dipastikan saya mengalaminya (sebelumnya sy pikir ini biang keringat). KP ini ada di area lengan atas (kemerahan dan kasar), area punggung (cukup luas, agak kecoklatan dan juga kasar), serta di paha (bintik coklat tapi tidak kasar). sy sudah mengalami KP ini sejak SMP kalau tidak salah dan sekarang umur saya 22 th. terkait chemical peeling atau mikrodermabrasi, yg ingin saya tanyakan apakah ada cara home treatment yg mirip chemical peeling atau mikrodermabrasi ini? seperti bahan alami atau scrubing mungkin? karena KP di saya ini hampir semuanya masih kasar dan sy mau coba treatment sendiri dulu sebelum penanganan klinis, disamping pemakaian lotion dan sabun yang sudah disebutkan di komen2 sebelumnya.

    Kalau boleh tahu Dr. Dian sendiri praktik dimana ya ? Terima kasih dok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Shiraz,
      dari pemjelasannya memang kelihatannya betul Shiraz menderita KP ya..
      Untuk home treatment, bila tidal ada iritasi di kulit, dan KP sudah tidak kemerahan (melainkan kecoklatan), maka dapat mencoba scrub bebas di rumah.
      Cukup di-scrub ringan saja, dan setelah itu bilas hingga bersih dan tidak ada scrub tersisa, lalu oleskan krim pelembab. Scrub cukup dilakukan 1-2 x seminggu ya..
      Tempat praktek saya silakan dilihat di laman jadwal praktek di blog saya ini ya..
      trims..salam..

      Hapus
  67. bu dian saya bisa beli obat untuk KP ini di bu dokter ga? klo bisa, saya minta contact person ibu.. biar enak konsultasinya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Uta..
      Jadwal praktek saya tercantum diatas ya..
      Salam..

      Hapus
  68. Dok, kulit lengan atas saya bintik bintik lebih kecil dari jerawat , banyak dan berisi gumpalan putih seperti nasi kalo di pencet tapi gak gatal. Kemudian di paha ada bintik bekas berwarna hitam yang gak hilang2 ..

    Kulit lengan saya warnanya jadi belang, diatas putih dan dibawah coklat tapi yang bagian warna coklatnya itu yang ada bintik2nya banyak.. ada juga bintik yang menetap bentuknya meskipun tergaruk juga tetap bentuknya gak berubah.. kalo udah seusai di pencet dan keluar putih2, lamakelamaan hilang bintiknya

    Apakah kemungkinan saya kena KP? :(
    Apa obat yg bisa menyembuhkannya? Dan bagaimana cara menghilangkan atau menyamarkan kulit kasarnya?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Bela,
      Kalau dari keterangan Bela, ada kemungkinan itu adalah KP.
      Namun tentunya perlu konsultasi dan pemeriksaan langsung untuk memastikannya.
      Untuk menyamarkannya.. silakan Bela baca thread ini ya..
      Berikut sedikit rangkumannya :
      Urea 10% (apapun brandnya) termasuk dalam lotion untuk penanganan awal KP, digunakan 2-3x/hari setelah mandi.. Lotion urea 10% yang beredar di pasaran misalnya Soft-U-Derm Forte dan Carmed 10%.
      Mandi dengan Sabun ph5.5 ya.. boleh brand apa saja, yang saya tahu adalah sebamed dan johnson ph5.5.
      digunakan untuk 1 bulan, juga sekaligus jaga kulit jangan kering ya..
      bila setelah 1 bulan pemakaian rutin belum ada perbaikan bermakna, silahkan berkonsultasi ke dermatologis terdekat ya..
      salam..

      Hapus
  69. Halo dok,

    Sepertinya saya mengalami gejala seperti KP ini. Saya baru balik berlibur selama sebulan, tapi bukan negara 4 musim melainkan phuket. Selama sebulan saya terkena terik matahari yang intense namun karena malas memakai lotion dan sunblock saya biarkan saja kulit saya terpapar sinar matahari.
    Setelah balik, saya awalnya mengalami kekeringan kulit sampai terasa gatal dan mengelupas namun sudah hampir sebulan gatal tidak kunjung reda dan menimbulkan bintik seperti merinding tepat pada pori-pori si permukaan bulu halus. Gatal hanya di tangan dan kai terutama lengan dan paha. Jika digaruk akan memerah jika di diamkan warnanya senada warna kulit namun dengan pori-pori yang membesar seperi merinding.
    Saya sudah minum ryvell namun gatal tak kunjung reda saya akhirnya minum incidal ditambah suplemen kalsium, gatal sempat reda namun jika tidak minum gatal akan datang kembali.

    Karena saya sering menggaruk, paha saya jadi belang warnanya. Apakah ini KP dok? saya juga baca kalo minyak ikan bagus untuk meredakan gejala dermatitis. menurut dokter?

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Meythia..
      Dari keterangannya.. kemungkinan bisa KP, namun juga mungkin hanya aksentuasi folikularis, tanda minor dari kulit sensitif (atopic skin) juga.. mirip KP namun versi lebih ringan..
      Umumnya terapi aksentuasi folikularis sama dengan KP..
      Gunakan sabun pH5.5 dan pelembab urea ya...
      Apabila keluhan berlanjut, segera konsultasi ke dermatologis terdekat ya..
      Umumnya dermatologis akan meresepkan obat minum dan obat oles untuk meredakan gejala dan menstabilkan dulu kondisi kulitnya..
      Vitamin/suplemen antioksidan dan minyak ikan (omega 3) baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit..

      Mudah-mudahan membantu ya..
      salam kulit sehat..

      Hapus
  70. dok, saya ndak tahu ini trmasuk KP atau apa
    kulit lengan saya keduanya muncul bintik bintik seperti merinding, di bagian pusar saya juga demikian. kadang merasa sangat gatal dan ketika digaruk, kulit paha saya merinding. apa itu termasuk KP?

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fauzia,
      kalau dari keterangannnya, masih bisa antara KP atau aksentuasi folikularis ya..
      Aksentuasi folikularis merupakan tanda minor dari kulit sensitif (atopic skin) juga.. mirip KP namun versi lebih ringan..
      Umumnya terapi aksentuasi folikularis sama dengan KP..
      Gunakan sabun pH5.5 dan pelembab urea ya...
      Apabila keluhan berlanjut, segera konsultasi ke dermatologis terdekat ya..
      Salam..

      Hapus
  71. selamat siang dok saya mau tanya mengenai kp, saya sudah dipastikan oleh salah satu dokter bahwa saya terjangkit penyakit kulit kp, saya sudah menderita selama 5tahun dengan gejala" seperti postingan" diatas yg mengarah pada kp, hingga saat ini telah menyebar pada, dan lengan hingga warnanyapun telah menjadi coklat bukan lagi berwarna merah, saya sudah memakai sabun ph5,5 serta krim yang diberikan dari dokter saya pada saat iitu saya juga telah pakai pelembab yg ada pada pasaran.Jika saya memakai Lotion urea seperti Soft-U-Derm Forte dan Carmed 10%. pilihan yang tepat bagi saya lotion urea apa? lalu saya menemukan carmed 20% apa itu perlu buat saya? terimakasih dok sukses selalu GBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ricky,
      untuk lotion urea, pilih yang konsentrasinya maksimal 10 persen ya..
      Konsentrasi diatas 10%, misal carmed 20% (urea 20%) sebaiknya digunakan setelah berkonsultasi sebelumnya dengan dermatologis ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  72. dok sya menderita KP sejak SMP skrang usia sya 21 tahun, sya sudah ke dokter kulit mana" dok, tpii gak ada hasilnya, sya juga pernah di kasih resep Retin-A, tpii sya pake gak ada hasilnya, memangnya retin a itu buat pengobatan KP ya dok?. KP sya dlu cuman dilengan atas tpi kok skrng ada dilengan bawah juga, KP bisa merambat ya dok?. dok, kalo saya ke Erha Clinics yg ada dikota sya (MALANG) apa juga ada obat buat penyembuhan KP itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Novia,
      Obat yang mengandung asam retinoat (misal Retin-A) merupakan salah satu jenis obat yang dapat digunakan untuk menghaluskan KP. Namun akan lebih baik bila ditunjang dengan krim lain misalnya pelembab urea.
      Ya betul, KP bisa merambat.
      Untuk pengobatan, sampai saat ini terapi KP adalah untuk menghaluskan dan memudarkan KP, belum untuk menyembuhkan.
      Salm kulit sehat..

      Hapus
  73. Dok, saya 18 tahun, penderita dermatitis atopik sekaligus memiliki kulit sensitif. kulit saya pada dasarnya sepertinya memang tidak mulus dan cenderung berbintik2. namun bagian lengan atas, dada, hingga daerah sekitar perut saya memiliki ciri2 bintik2 seperti yg dokter sebutkan diatas. bintik2 pada lengan atas dan perut agak kecoklatan dan timbul di sekitar pori kulit yg tumbuh rambut tubuh sedangkan pada dada warna nya sewarna dengan warna kulit. yg ingin saya tanyakan, apakah bintik2 yang saya miliki ini KP atau aksentuasi folikularis? dan apakah chemical peeling cukup ramah untuk kulit sensitif seperti saya? jikalau saya menderita aksentuasi folikularis, apa yg sebagiknya saya lakukan untuk menguranginya?

    atas tanggapan dokter, terima kasih banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nara,
      dari keterangan Nara, kelihatannya yang Nara miliki campuran antara KP dan AP (aksentuasi folikularis). Untuk membedakan secara pasti KP dan AP tentunya membutuhkan pemeriksaan langsung oleh dermatologis.
      Namun, secara umum, terapi dasar untuk KP dan AP adalah sama. Karena KP bintik-bintiknya lebih kasar, terkadang perlu krim lebih kuat, yang harus diresepkan oleh dermatologis (bukan krim beli bebas).
      Untuk awal, silakan Nara mengikuti pedoman perawatan kulit untuk KP yang sudah dibahas di blog ini ya..
      Bila belum membantu, silkan berkonsultasi ke dermatologis terdekat ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  74. Dokter Dian, saya zia 21 tahun, saya mengalami pori2 yang timbul seperti kulit ayam begitu di wajah daerah pipi sekitar mata, mruntus2 gitu kecil2, jadi pori2ny timbul gitu dok. Apa itu bisa disebut KP? Warnanya sama dengan kulit kd agak tidak kelihatan, tp kl saya dirias pori2 yang timbul jadi sangat kelihatan dok. Gejala2 itu timbul 3 tahun yang lalu dok. Nah, bagaimana ya dok untuk menghilangkannya? Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fauzia,
      membaca keluhan Fauzia, kemungkinan yang diderita Fauzia bukanlah KP, melainkan pembesaran dari kelenjar keringat. Hal itu tidak berbahaya dan tidak menular, namun sulit untuk dihilangkan total.
      Untuk memastikannya, silakan Fauzia berkonsultasi dengan dermatologis terdekat ya. Dermatologis umumnya akan meresepkan lotion dengan bahan aktif tertentu yang berfungsi menekan hiperaktivitas kelenjar keringat secara temporer.
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  75. Salam dok, saya fandi 17th, saya menderita KP -+ saat 13th. saya sudah berobat ke dokter dan diberi obat seperti bedak cair berbau seperti belerang digunakan setiap malam hari sebelum tidur. Untuk KPny sudh hilang sejak 2th yg lalu stlh dikasih obat yang berbau belerang juga. Tetapi bercak bintik-bintik hitam pd lengan atas dn punggung msh belum hilang juga. dan selama saya berobat tidak pernah diberi resep obat lotion sama sekali. menurut dokter bgaimana? apa yg seharusnya dilakukan? thx..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fandi,
      Membaca keluhan kulit Fandi, kemungkinan memang yang dipunggung juga merupakan KP ya. Walalupun tentunya untuk memastikannya butuh pemeriksaan langsung oleh dermatologis terdekat. Untuk punggung, setelah diagnosis KP ditegakkan, silakan menggunakan obat yang dapat membantu menghaluskan dan memudarkan KP.
      Untuk rincian obat yang dapat digunakan dulu oleh Fandi sebelum berobat, silakan scroll up komen tanya jawab di artikel ini ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  76. Dok, Aku Inka Umur ku 14 tahun. di kulit lengan bagian atas ku juga ada yang timbul warna coklat, kalau gatal nya sih kadang kadang. dan ini timbulnya udah cukup lama. Apakah itu Keratosis pilaris
    ? Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Inka,
      Untuk keluhan dan lokasinya memang ada kemungkinan itu adalah KP. Namun, untuk memastikan diagnosis tentunya sebaiknya Inka berobat ke dermatologis terdekat ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  77. Dokter,apakah alergi ini bisa terjadi krn keturunan?Krn alergi yg saya alami seperti yg dialami ayah saya dulu. Dulu saya umur 10th tiap makan ayam dan yg amis2 pasti muncul benjolan kecil2 di jari tangan,dan itu kemudian hilang dg sendirinya. Tp stlh lama sudah tidak muncul, dan lama kelamaan setelah umur 15th muncul didaerah tubuh dan akhir2 ini umur 19th muncul di daerah lengan atas dan tdk bisa hilang.Benjolannya bervariasi ada yg besar dan ada yg kecil serta terasa gatal. Pertanyaan saya, Apakah itu penyakit KP dok? Obat apa yg harus saya gunakan?serta makanan apa yg harus saya hindari?Adakah krim untuk menghilangkan benjolan2 tsb?Mohon jawabannya,Trimakasih dokter☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rafika,
      Sifat alergi biasanya dapat diturunkan, walaupun jenis/manifestasinya di kulit dapat berbeda.
      Membaca gambaran keluhan Rafika, ada kemungkinan itu adalah KP walaupun belum pasti. Untuk memastikan diagnosis tentunya sebaiknya Rafika berobat ke dermatologis terdekat ya..
      Untuk KP tidak ada makanan yang harus dihindari.
      Krim untuk membantu menghaluskan dan menyamarkan KP dapat Rafika baca di tanya jawab di artikel ini ya.. Silakan di-scroll up ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  78. Dokter Dian, senang sekali saya menemukan artikel ini dan dokter aktif mmberikan balasan prtanyaan. Sudah lama saya mencari jwban ttg prmasalahan pori2 besar dan terlihat seperti kulit ayam ini. Saya sndiri mengalaminya di sekitar lengan atas dekat siku. Umur saya 19th, mungkin KP disini sudah cukup lama namun belakangan saat remaja, sering sy perhatikan. Apakah menggunakan lotion/ olive oil/ scrub bisa mengurangi atau menyamarkan KP ini dok? Atau, jika memang sudah dr lahir tidak bisa disamarkan? Awalnya sy pikir "kulit ayam" ini sebab dulu kecil sy kurus lalu pori2 membesar saat gemuk? Mohon maaf dan terima kasih banyak Dok............. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Firdha,
      Pemakaian krim/lotion yang tepat dapat membantu menyamarkan KP. Silakan Firdha scroll up dan membaca tanya jawab di artikel ini ya..
      KP tidak berhubungan dengan berat badan ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  79. Halo dokter Dian yang ramah, saya ingin menanyakan apakah saya termasuk KP atau tidak, karena di area paha dan punggung saya terdapat bintik bintik coklat yang menyebar tetapi tidak kasar atau gatal. Saya mengalami ini sudah 4tahun dok....terima kasih dokter Dian mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Defry,
      Bagian paha dan punggung memang merupakan bagian yang umum terkena KP pada kasus KP yang luas.
      Namun selain KP, juga ada yang diagnosis lain yang harus dipikirkan, misalnya Aksentuasi Folikularis, yang juga sering timbul pada pasien dengan kulit sensitif (atopi).
      Silakan berkonsultasi ke dermatologis terdekat untuk memastikan diagnosis ya..

      Salam...

      Hapus
  80. saya menderita kp baru beberapa minggu yang lalu,kira2 bagaimana cara menyamarkan ato menyembuhknnya,dok.warnanya agak merah dan ada bintik hitam di tengah bintiknya.sudah suntik dan di beri obat tapi blm jg berkurang malah makin banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ulfah,
      Untuk rincian obat yang dapat digunakan dulu oleh Ulfah sebelum berobat, silakan scroll up komen tanya jawab di artikel ini ya..
      Namun bila belum membaik, silakan ulfah berkonsultasi dengan dermatologis terdekat ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  81. Dok, saya ingin berkonsultasi masalah KP ini.. apakah Dokter membuka praktek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Harvey,
      jadwal praktek saya dapat dilihat di link dibawah ini ya...

      http://kulitsehatku.blogspot.com/p/jadwal-praktek.html

      salam kulit sehat..

      Hapus
  82. Dok, saya menderita KP sudah dari sd (sekitar kelas 4) dan sampai sekarang saya kuliah pun juga masih. Terutama di lengan yang lebih dominan. Apakah KP ini memang sama sekali tidak bisa hilang ya dok? atau paling tidak berkurang?
    Sebab, saya sudah mengunjungi 2 dokter dan sempat ke klinik erha, walaupun ada hasilnya, tapi minim sekali, hampir tidak ada perubahan.
    Apakah ini ada berhubungan dengan makanan / minuman yang dikonsumsi dok?

    Selain itu juga, saya dapat baca dari komentar-komentar diatas, disarankan menggunakan lotion. Kira-kira lotion apa dan merk nya yang menurut dokter recommend?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Putra,
      sejauh ini tidak ditemukan hubungan antara KP dengan makanan/minuman yang dikonsumsi.
      Untuk lotion yang dapat membantu, silakan putra scroll up komen tanya jawab di artikel ini ya..
      salam kulit sehat..

      Hapus
  83. Salam dok, apa pelembab semacam vaseline dan nivea dapat membantu memudarkan KP? Juga apa matahari mempengaruhi KP (meringankan atau malah memperparah)? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mohammad,
      Pelembab apapun brand-nya akan membantu memudarkan/menghaluskan KP. Sebaiknya pelembab yang mengandung urea dan berbentuk krim, yang dapat lebih membantu mengurangi kasar pada KP dan lebih tahan lama.
      Sejauh ini tidak ada pengaruh matahari pada KP.
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  84. Salam dok, saya menderita KP sudah menahun dari saya kecil dok, saya sudah berumur 19 tahun saat ini dan Kp sudah mulai menyebar dari lengan ke paha dan anggota tubuh lainnya, saya pernah berobat ke dokter kulit namun tak ada hasil, jika saya ingin membeli obat kepada dokter bisa? saya daerah sukabumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Efa,
      maaf saya tidak menjual obat... :)
      Efa bisa berkunjung ke dermatologis terdekat ya.. Umumnya krim racikan dari dermatologis cukup membantu. Bila hasilnya kurang, Efa dapat menanyakan treatment yang dapat didiskusikan bersama dengan dermatologis seperti micropeel ataupun chemical peeling ya..
      salam...

      Hapus