A to Z Tanya Jawab : Kebotakan pada Pria

Teman-teman, 
A to Z Tanya Jawab adalah kumpulan tanya jawab yang pernah dimuat di Majalah Health Today dan Urbanites.. 
Siapa tahu bisa membantu teman-teman yang lain juga.. 


T:
Yth Dr. Dian, Saya Budi, pria, 37 tahun. Akhir-akhir ini, rambut saya semakin hari semakin rontok, bentuk dahi saya semakin melebar.
Berbagai produk shampoo anti rontok dan hair tonic tidak membantu.
Apakah keadaan seperti saya ini bisa dicegah karena saya yakin salah satu faktor adalah stress, apakah benar?
Perawatan maupun produk seperti apakah yang dapat membantu untuk mencegah kerontokan rambut saya dan apakah di area dahi saya yang semakin melebar itu dapat kembali ditumbuhi rambut?


J: 
Bpk Budi yang baik,
http://www.aafp.org/
Masalah yang bapak alami merupakan masalah yang tersering ditemukan pada kasus kebotakan pria, yaitu alopecia androgenetik. Kebotakan ini bukan disebabkan stess, melainkan adanya hipersensitif folikel rambut pada daerah kulit kepala tertentu terhadap hormon Dehidrotestosteron (DHT) dan dapat menyerang pria serta wanita.
Pada pria dimulai dari usia 20-30 tahun dan mengikuti pola yang khas, dimulai dari mundurnya garis rambut dahi, diikuti menipisnya rambut di puncak kepala (membentuk huruf M), lama kelamaan kedua area tersebut akan bertemu dan membentuk pola huruf U seperti tapal kuda pada bagian samping dan belakang kepala. Karena diturunkan secara genetik, kebotakan ini tidak dapat dicegah, namun dapat diobati. Segera berkonsultasi dengan dermatologis, terapi yang terbaik adalah terapi terpadu, dimulai dari hair analysis untuk menilai kondisi rambut dan kulit kepala, kemudian pemberian produk topikal yang mengandung bahan aktif penumbuh rambut misalnya minoxidil dan obat oral yang diformulasikan khusus misalnya finasteride, dan dapat dibantu tindakan seperti Hene Laser. 
Segeralah berobat, karena pengobatan yang dini akan memberikan hasil lebih baik. 



http://www.ishrs.org/hair-loss/hair-loss-male.htm


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pityriasis Alba, si putih yang mirip panu..

Keratosis Pilaris alias kulit ayam

Menghilangkan bercak merah bekas jerawat