A to Z Tanya Jawab : Kulit Kering & Gatal

Teman-teman, 
A to Z Tanya Jawab adalah kumpulan tanya jawab yang pernah dimuat di Majalah Health Today dan Urbanites.. 
Siapa tahu bisa membantu teman-teman yang lain juga.. 
---


T: 
Yth dr. Dian,
Saya seorang karyawan swasta berusia 53 tahun. Sejak 2 tahun terakhir ini, kulit saya sering kering dan gatal. Gatal timbul tidak tentu waktu, sehingga sangat mengganggu aktivitas saya di kantor, dan saat istirahat malam di rumah. Beberapa kali berobat, dokter hanya memberikan salep untuk pelembab dan obat minum untuk mengurangi gatal. Setelah obat habis, kering dan gatal mulai datang lagi. Saya takut tergantung dengan obat minum. Bagaimana cara mengatasinya dok?
Rudy, Tangerang

J: 
Bapak Rudy yang baik,
http://www.buzzle.com/
Masalah kulit kering dan gatal merupakan masalah yang sering ditemukan pada usia dewasa dan manula, baik pria maupun wanita. Kondisi kulit kering disebut xerosis,  dimana kulit sangat kering dan bersisik, umumnya disertai gatal. Keadaan ini disebabkan oleh keringnya lapisan kulit bagian luar, misalnya saat musim dingin, sering berada diruangan yang berAC, sering menggunakan sabun dengan kadar detergen yang tinggi, serta mengkonsumsi obat-obatan diuretika yang dapat mengurangi kadar air dalam tubuh. 
Penatalaksanaan terbaik adalah mencegah kekeringan kulit, dengan demikian gatal akan hilang dengan sendirinya. Hindari mandi dengan air panas, gunakan sabun lembut yang kaya pelembab dengan pH sesuai kulit (5,5) dan gunakan pelembab setelah mandi secara rutin. Minum air minimal 8 gelas/hari dan sedapat mungkin kurangi penggunaan AC di ruangan. Atur kelembaban ruangan agar tidak terlalu rendah. 
http://img2.timeinc.net/health/


Bila hal ini belum membantu, berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit. Umumnya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan laboratorium untuk mencari penyebab dan memberikan pengobatan lebih lanjut. Setelah penyebabnya ditemukan, barulah dilakukan pengobatan spesifik untuk penyebabnya. Dengan demikian, pengobatan tidak bersifat hanya menghilangkan gejala (simtomatis) yang umumnya hanya memberikan hasil sementara. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pityriasis Alba, si putih yang mirip panu..

Menghilangkan bercak merah bekas jerawat

Keratosis Pilaris alias kulit ayam