A to Z Tanya Jawab : Rambut Rontok setelah Melahirkan

Teman-teman, 
A to Z Tanya Jawab adalah kumpulan tanya jawab yang pernah dimuat di Majalah Health Today dan Urbanites.. 
Siapa tahu bisa membantu teman-teman yang lain juga.. 

---
T: 


Dear Dr. Dian, saya Mira, wanita 35 tahun. Sejak melahirkan dua bulan yang lalu rambut saya rontok lebih banyak dari biasanya. Apakah betul melahirkan menyebabkan kerontokan? Berapa batasan kerontokan rambut yang dianggap normal? Saya mendengar ada laser untuk menumbuhkan rambut, apakah itu?

J: 
Ibu Mira, selamat atas kelahiran bayi anda. Banyak wanita mengeluh kerontokan rambut hingga 3-6 bulan setelah melahirkan, kerontokan ini disebabkan hormon. Saat mengandung, tingginya hormon kehamilan mencegah kerontokan rambut yang normalnya terjadi. Saat hormon kembali normal setelah melahirkan, rambut akan rontok dan kembali ke siklus rambut yang normal.
Namun perlu diwaspadai, selain karena melahirkan, berbagai kondisi dapat menyebabkan kerontokan. Misalnya sakit berat,demam tinggi, berbagai macam obat, infeksi jamur, berbagai penyakit (kelainan kelenjar tiroid, lupus, diabetes), serta perawatan rambut yang salah. 
http://ayushveda.com/
Umumnya kerontokan rambut dikatakan tidak normal bila didapatkan jumlah rambut yang rontok lebih dari 100 helai per hari. Namun, bila jumlah rambut yang rontok 50 helai atau lebih per hari, ini merupakan peringatan dini untuk segera mendapatkan pengobatan. Dokter akan mencari dan mengobati penyebab kerontokan, serta memberikan terapi terpadu yang sesuai untuk kondisi anda.
Laser yang berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut adalah Hene Laser, yang bekerja dengan meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke akar rambut dan kulit kepala, memperbaiki kualitas batang rambut dari dalam, meningkatkan akivitas sel sehingga rambut sehat dan bercahaya, serta menghilangkan iritasi di kulit kepala. Laser ini aman dan tidak menimbulkan luka atau rasa sakit. Hene Laser teratur 1-2x/minggu selama 10-12 minggu akan membantu pertumbuhan rambut baru yang sehat.  


Komentar

  1. Untuk biaya laser di erha clinic berapa yh dok?

    BalasHapus
  2. Halo Tata.. maaf jawabannya lama ya.. Setahu saya berkisar 150rb/x.. tapi mohon dicek pastinya ke cabang erha clinic terdekat ya..

    BalasHapus
  3. Dok saya mau tanya sudah seminggu ini saya mengkonsumsi obat dr dokter erha yaitu folicore plus tp saya merasa berat badan saya naik terus apakah itu berpengaruh dok karna sayabminum obat trsebut? Kebetulan saya sedang ingin menebalkan rambut karna rambut saya tipis dan rontok apakah saya bisa tidak minum obatnya karna membuat saya naik berat bdn jd saya hanya menggunakan scalp gelnsaja dan tonik hair growth apakah tidak papa atau bagaimana dok?? Terimakasih dok atas perhatiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Heny..
      Sepengetahuan saya, tidak ada hubungan antara folicore plus dengan kenaikan berat badan..
      Untuk pastinya apa saja yang dibutuhkan untuk kondisi rambut dan kerontokan Heny, silakan konsultasi kembali dengan dokter yang memeriksa dan meresepkan scalp gel dan hair tonic Heny ya...
      Salam..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pityriasis Alba, si putih yang mirip panu..

Menghilangkan bercak merah bekas jerawat

Keratosis Pilaris alias kulit ayam