20130527

Terapi Stretch Mark

StretchMark (SM)  merupakan masalah yang cukup sering dikeluhkan oleh pasien.. Tentunya sebagian besar adalah pasien wanita.. Walaupun ada beberapa pasien pria yang juga terganggu dengan SMnya dan menginginkan terapi untuk memudarkannya juga..

Pada wanita SM umumnya ditemukan di perut (terutama pada wanita yang telah hamil/melahirkan), di paha luar, di bokong, dan terkadang di lengan atas, paha dalam, daerah paha belakang bawah menuju betis, juga di payudara. Sedangkan pada pria umumnya ditemukan di lengan atas atau bahu, juga di pinggang.

Bergantung dari warnanya, SM dibagi menjadi 2, yaitu :
1. StretchMark Rubra : jenis yang baru saja timbul dan warnanya merah terang/gelap.

SM Rubra - Disadur dari : http-//allstretchmarks.com/

2. StretchMark Alba : jenis yang sudah lama, dan warnaya sudah pudar/putih.

SM Alba - Disadur dari : http-//beautydivaindia.blogspot.com/


Terapi untuk StretchMark juga berbeda bergantung jenisnya. Berikut adalah pilihan terapi untuk SM yang umumnya dianjurkan ke pasien :

1. Terapi Topikal
Umumnya untuk semua pasien, baik SM Rubra maupun SM Alba, terapi yang pertama diberikan adalah terapi topikal, berupa krim yang harus digunakan sehari-hari dirumah. Umumnya bahan aktif yang efektif untuk SM adalah AHA (alpha-hidroxy acid) dan RA (retinoic acid). Konsentrasi dari AHA dan RA akan ditingkatkan bertahap sesuai dengan kemajuan dan perkembangan SM di kulit pasien.

Selanjutnya, bila dirasa hasil dengan krim kurang memuaskan, dan pasien ingin lebih memudarkan kembali SMnya, maka dapat dibantu dengan tindakan.

2. Terapi untuk SM Rubra
Untuk SM Rubra, tindakan yang paling sering dianjurkan untuk pasien adalah Laser V-Beam Perfecta. Laser ini bekerja cukup efektif untuk SM Rubra. Umumnya butuh 4-6x tindakan dengan jarak 4 minggu sekali untuk melihat hasilnya. Walaupun tidak hilang sempurna, hasil yang dicapai umumnya cukup memuaskan untuk pasien. Semakin dini dikerjakan, semakin baik hasilnya.

3. Terapi untuk SM Alba :
Terdapat 2 pilihan terapi, yaitu DermaRoller atau DermaPen dan Laser Fraxel
a. DermaRoller atau DermaPen : butuh dikerjakan 5 kali dengan jarak 2 minggu sekali. Hasilnya ada walaupun dibawah Laser Fraxel.
b. Laser Fraxel : butuh dikerjakan 4-6 kali dengan jarak 1 bulan sekali. Hasilnya lebih baik dan walaupun tidak hilang sempurna, namun cukup memuaskan untuk pasien. Khusus sebelum Laser, selain krim yang rutin diberikan untuk SM, saya juga menambahkan krim untuk persiapan Fraxel. 

Karena saya tidak mempunyai ijin dan hak untuk menggunakan foto pasien yang saya kerjakan, saya mencoba mencari foto bebas di web yang bisa memberikan gambaran hasil. Foto-foto berikut dikerjakan oleh dokter dari klinik di luar Indonesia.  Sekali lagi, semua foto yang saya tampilkan disini, bukan dari foto pasien yang saya kerjakan ya.



Hasil Terapi Laser Fractional (tidak disebutkan brand-nya).
Disadur dari : http-//blog.skincarephysicians.net/

Hasil Terapi 3x Fraxel 1550
Disadur dari : http-//www.dermacaremedical.com/

Hasil Terapi 4x Fraxel 1550 yang
dikombinasi dengan 1x Thermage
Disadur dari : http-//www.mdspa.ca/stretch-marks





Demikian penjelasan dan beberapa gambaran terapi untuk StretchMark ya.. 
Mudah-mudahan membantu ya.. 

Salam kulit sehat..

Untuk bahasan tentang Laser FRAXEL secara lengkap, dapat dibaca disini ya..



16 komentar:

  1. dokter apakah penggunaan krim yang mengandung AHA dan RA aman untuk ibu menyusui?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Eka..
      AHA sejauh ini dipandang aman untuk ibu menyusui, bahkan dianggap aman digunakan oleh ibu hamil.
      Sedangkan RA masih kontroversial. Beberapa ahli berpendapat dapat digunakan dengan konsentrasi kecil, beberapa ahli berpendapat untuk tetap ditunda penggunaannya hingga selesai menyusui..
      Salam..

      Hapus
  2. Dokter, mau tanya nih, kira" di erha clinic di palembang, ada terapi strech mark gak ya? Soalnya aku hamil bnyak banget strecmark, di lengan, perut, betis, paha :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yopi,
      iya, silakan berkonsultasi dengan dermatologis setempat ya.. Ada beberapa krim yang dapat dan aman digunakan untuk stretch mark pada ibu hamil.
      Salam..

      Hapus
  3. Dokter mau tanya nih, kalau bekas jerawat itu menghilangkannya itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fadhila,
      untuk bahasan tentang bekas jerawat, silakan klik di bawah ini ya..

      http://kulitsehatku.blogspot.com/2013/07/menghilangkan-bercak-merah-bekas-jerawat.html

      dan

      http://kulitsehatku.blogspot.com/2013/07/pilihan-terapi-acne-skar.html

      Salam..

      Hapus
  4. Dokter mau tanya, saya mau punya strecth mark yang sudah lumayan lama,namun masih berwarna kemerahan/purple. Saya ingin mencb menggunakan retinoid, brp kadar yang sebaiknya saya gunakan sebagai tahap awal? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nophiesa,
      Retinoid memang merupakan salah satu bahan aktif yang dapat dipertimbangkan untuk stretchmark. Terdapat berbagai konsentrasi dan bentuk retinoid. Asam retinoat tersedia dari konsentrasi 0,01 hingga 0,1%, sayangnya asam retinoat harus menggunakan resep dokter. Untuk krim bebas, terdapat beberapa krim malam yang mengandung turunan retinoid yang bisa dibeli bebas tanpa resep. Umumnya mereka tidak mencantumkan secara khusus konsentrasinya. Saran saya, gunakan dulu retinoid ringan bebas, kemudian apabila kurang, silakan berobat ke dermatologis terdekat untuk mendapatkan asam retinoat yang lebih efektif, dan umumnya dermatologis akan mencampurkan beberapa bahan aktif lain untuk meningkatkan hasilnya.
      Salam kulit sehat...

      Hapus
  5. dokter sya mempunyai banyak SM di bagian betis, paha dalam, bokong, dan lipatan lengan. awalnya SM ini berwarna merah muda setelah berapa bulan berubah menjadi merah kehitaman, sya sudah mencoba memakai gly derm 2 tube tp hasilnya tdk memuaskan. apakah sya harus memakai derma roller atau asam retinoid ? makasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sitti,
      Untuk SM silakan coba gunakan dulu turunan asam retinoid ringan yang dijual bebas untuk malam hari, untuk pagi hari dapat melanjutkan glyderm nya..
      Bila setelah 1 bulan belum memberikan hasil yang berarti, silakan berkonsultasi dengan dermatologis untuk melakukan tindakan misalnya dermaroller atau tindakan laser lainnya ya..
      Salam..

      Hapus
  6. Dok mau bertanya.. setelah melahirkan 1 bulan, warna kulit perut saya berubah menjadi hitam, lalu stercht mark yg asalnya berwarna merah skr berubah menjadi hitam. Bagaimana ya dok cara menghilangkan SM tsb lalu bagaimana caranya agar warna perut saya kembali spt semula. Jujur saja saya merasa minder dok ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sky violet,
      Boleh dicoba dulu gunakan krim bebas untuk stretchmark yang beredar dipasaran.
      Bila kurang memberikan hasil, segera konsultasi ke dermatologis. Umumnya dermatologis akan meresepkan krim yang mengandung Alpha-Hidroxy-Acid dan Retinoic Acid untuk membantu memperbaiki kondisi kulit.
      Setelah 1 bulan penggunaan, bila diperlukan dapat dilakukan terapi sesuai dengan kondisi yang ada. Berbagai pilihan terapi meliputi Chemical Peeling, DermaRoller/DermaPen, dan Laser Fractional.
      Salam kulit sehat...

      Hapus
  7. Dokter..sy punya stretch mark hampir sebokong penuh dan di pangkal paha.jg beberapa bekas luka garukan.sudah lama sekali..bertahun tahun.
    sebaiknya sy mnggunakan tretinoin atau glicolyc acid dok?dan dosisnya segimana?trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sari,
      Untuk tretinoin dan glycolic acid yang digunakan untuk terapi SM merupakan obat racikan atau obat ethical yang harus dibeli menggunakan resep dokter.
      Sebaiknya Sari berkonsultasi dengan dermatologis terdekat untuk mendapatkan resepnya.
      Apabila ingin menggunakan produk bebas, silakan Sari mencari yang mengandung retinol (turunan lemah dari tretinoin yang dijual bebas) dan glycolic acid dengan kadar rendah yang masih bisa dijual secara bebas. Kedua kandungan ini banyak terdapat di krim pelembab anti SM yang dijual bebas..
      Salam kulit sehat...

      Hapus
  8. Dokter apa benar dermaroler bisa menghilangkan strech mark.krn bnyk ikln yg mngatakan bgitu.sy jd penasaran.mohon jwb nya.makasih dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fatan,
      dermaroller atau dermapen, bergantung dari kedalaman jarum yang digunakan, dapat membantu menyamarkan stretchmark walaupun tidak sampai hilang 100% ya..
      Tentunya harus dikerjakan dengan persiapan kulit yang baik dan dikerjakan oleh dermatologis yang kompeten ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus