20130507

Pelebaran Pembuluh Darah di Wajah


Cukup banyak pasien datang dengan keluhan : dok… pipi saya banyak urat-urat.. 
Umumnya mereka bingung kenapa mereka memiliki urat-urat diwajah dan ingin menghilangkannya.

Urat-urat tersebut sebetulnya adalah pelebaran pembuluh darah. Dan bila menganggu, dapat diterapi untuk menghilangkannya.
Yuk kita bahas tentang penyebab dan pilihan terapinya.

Pelebaran pembuluh darah di wajah  adalah kelainan jinak pembuluh darah kapiler di wajah,dimana kapiler membesar permanen. Ada 2 jenis pelebaran pembuluh darah di wajah yang sering ditemukan, yaitu telangiectasia dan spider veins .  Perbedaannya adalah di sumber kapilernya. Telangiektasia berasal dari beberapa kapiler, sedangkan spider vein berasal dari 1 arteriol (arteri kecil).
Selain di wajah, pelebaran pembuluh darah juga bisa kita temukan di mana saja di badan kita.

Sebabnya apa ya?

Telangiektasia paling sering ditemukan pada pasien dengan kulit sensitif (atopi), juga pasien yang sering terkena sinar matahari yang berlebihan, pada rosacea, atau pada  pasien yang sering menggunakan krim steroid berlebihan. Pada beberapa kasus, juga dapat ditemukan pada pasien dengan penyakit autoimun, seperti lupus.
Dalam praktek, penyebab yang paling sering saya temukan adalah kulit sensitif (atopi) dan pasien yang menggunakan krim secara bebas tanpa pengawasan dokter dalam jangka panjang, yang ternyata mengandung steroid.
Spider vein dapat terjadi tanpa penyebab pasti sebelumnya, atau pada kehamilan, dengan penggunaan kontrasepsi oral, atau pada pasien dengan penyakit hati, misalnya sirosis hati.

Kelihatannya seperti apa ya?

Telangiektasia terlihat seperti garis merah tipis di kulit , umumnya di pipi dan hidung. Dalam beberapa kasus, kapielrnya mungkin sangat kecil sehingga tidak terlihat dan hanya tampak gejala kemerahan umum di kulit.
Spider vein terlihat seperti laba-laba karena arteriol tampak sebagai titik merah ditengah (seperti badan laba-laba) dengan telangiectasia memancar keluar dari pusat (seperti kaki laba-laba).
Untuk jelasnya, kita lihat gambarnya yuk…

Telangiektasia di pipi - Disadur dari http-//ars.els-cdn.com/


Spider vein - Disadur dari http-//dermnetnz.org/



Jadi, apa saja pilihan pengobatan yang tersedia ya?

Elektrocauter
Pengobatan yang sejak dahulu sering dikerjakan, terutama untuk kasus yang ringan. Prosedurnya cepat, relatif murah dan down-time nya relatif singkat.
Untuk lesi kecil, pemberian krim anestesi sudah amat memadai untuk mengurangi rasa sakit. Walaupun jarang, efek samping berupa perdarahan ringan, jaringan parut dan perubahan warna dapat terjadi.

Disadur dari http-//english.hus-hu.com/
Laser
Laser yang kini digunakan adalah laser vascular, terutama golongan pulse dye laser. Laser vascular secara khusus mentarget sel-sel darah dalam kapiler yang melebar. Sel-sel darah dalam kapiler menyerap energi dari laser, yang secara selektif menghancurkan kapiler. Laser yang sangat efektif. Risiko efek samping minimal dan  down-time nya juga relatif singkat. Biasanya butuh 1-3 sesi dengan jarak 4-8 minggu.

Berikut contoh foto before-after dari Syneron-Candela (produsen laser Vbeam Perfecta) untuk kasus telangiekatasia akibat rosacea : 

Disadur dari http-//syneron-candela.com/

Intense Pulsed Light (IPL)
Mekanisme kerja IPL untuk pelebaran pembuluh darah di wajah mirip dengan Laser, namun umumnya butuh lebih banyak sesi untuk mendapatkan hasil. Umumnya butuh 4-6 sesi dengan jarak 4-6 minggu.

Dari semua pilihan pengobatan tersebut, saya paling sering menggunakan Laser. Laser yang saya gunakan adalah V-beam perfecta di erha clinic kemanggisan. Hasilnya prediktif, dan perbandingan risk dengan benefitnya amat baik (low risk, highly effective).
Electrokauter sudah tidak pernah saya lakukan lagi untuk kasus pelebaran pembuluh darah.
IPL terkadang saya lakukan apabila areanya amat luas, dan bentuknya kapiler yang amat kecil-kecil, yang kadang terlihat hanya sebagai kemerahan yang difus di wajah.

Mudah-mudahan cukup jelas ya..
Salam kulit sehat..


16 komentar:

  1. Selamat pagi dok, saya dhania. setelah saya baca artikel diatas, saya melihat wajah saya, itu adalah hal yg terjadi pada saya. wajah saya merah2 namun tidak ada jerawat dan saya lihat lagi secara detil dengan kaca.ternyata seperti ada urat2 merah kecil yang melebar. Kalau saya boleh tau dok efek sampingnya apa ya dok?. kemudian jenis kulit saya ini cenderung berminyak dan jerawat apakah jika di laser nanti akan menghilang dok urat2 tersebut dan tidak merah lagi?. mohon dok diberikan solusinya terima kasih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Lina,
      dari semua treatment yang dibahas di atas, yang paling prediktif adalah V beam perfecta. Risiko efek samping minimal dengan pengaturan paramater yang konservatif dan dinaikkan bertahap tiap sesi nya berdasarkan respon terhadap sesi yang sebelumnya.
      Pembuluh darah akan berkurang signifikan walaupun tidak semuanya, sehingga wajah lebih tidak mudah merah.
      Salam kulit sehat...

      Hapus
  2. Dok saya dian. Saya juga mempunyai tipe wajah berUrat halus di wajah krn menggunakan cream wajah pagi dan malam, yang saya mau tanyakan apa akibat atau efek samping atau lama kelamaan wajah kita bisa seperti apa kalau tidak di hentikan menggunakan cream nya.. mohon jawaban nya dok... trima kasih !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rio,
      urat halus diwajah dapat timbul pada berbagai hal, misalnya alami/natural sering ditemukan pada orang dengan kulit sensitif (atopik), atau juga dapat akibat pemakaian jenis krim tertentu atau penyakit tertentu.
      Bergantung penyebabnya, maka progress nya pun berbeda. Bila karena kulit sensitif, maka tidak diterapi pun tidak masalah. Bila karena krim, tentunya krim harus diubah/dihentikan, supaya tidak membuat urat halus bertambah.
      Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dermatologis terdekat untuk menentukan penyebab urat halus di wajah Rio, sehingga terapi dan penanganannya bisa lebih tepat.
      Salam kulit sehat...

      Hapus
  3. malam dok saya nia, artikel diatas sangat menarik perhatian saya karena saya juga punya urat halus di pipi dan hidung saya dan itu sudah ada sejak saya kecil. apakah itu bisa dihilangkan dok? karena terlihat kusam apalagi tipe wajah saya berminyak.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nia,
      bila memang urat halus di pipi dan hidung Nia merupakan pelebaran pembuluh darah, maka bisa dikurangi dengan laser vaskular misalnya Vbeam perfecta ini.
      Namun sebaiknya Nia berkonsultasi dulu dengan dermatologis terdekat ya.. supaya diperiksa langsung dan mendapatkan penjelasan lengkap sebelum memulai terapi.
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  4. dok , mau nanya dong, elocon itu steroid ya ? apa bener bisa digunakan buat flek bekas jerawat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Irna,
      Ya betul, elocon merupakan steroid dan tidak dapt digunakan untuk flek atau bekas jerawat ya..
      Pemakaian steroid harus selalu di bawah pengawasan dermatologis supaya aman dan efektif ya.. Hindari menggunakan krim steroid sendiri tanpa pengawasan dermatologis.
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  5. Assalamu'alaikum dok.. saya mempunyai mslh serupa tp pada bagian paha dan kaki dulu sedikit tp sekarang tambah bnyk kemungkinan penyebabnya pa ea dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Lela,
      Untuk pelebaran pembuluh darah pada paha dan kaki, biasanya kita sebut varices.
      Bergantung dari ukurannya, maka terapi nya bisa berbeda, yang kecil umumnya bisa diterapi dengan laser pembuluh darah, yang besar kadang membuthkan tindakan dengan dokter bedah vaskular.
      Pada wanita, hamil dan memakai sepatu berhak terkadang berkontribusi terhadap timbulnya pembuluh darah yang melebar tersebut.
      Salam kulit sehat..

      Hapus
    2. dok, mau tanya .
      Sepertinya saya mengalami telengiectasia atau bisa jadi juga spider vein Akibat terkena sinar matahari yang berlebih .saya kan masih remaja dok.Kalau saya melihat beberapa artikel masih sangat bagus untuk meregenerasi sel dengan baik kalau begitu apakah dibiarkan saja nntinya dpat hilang? Merujuk dari salah satu artikel yang juga menyatakan dapat hilang kurang lebih 1-3 bulan

      Hapus
    3. Dear Fenny,
      Telangiektasia atau spider vein, bergantung dari penyebab dan ukurannya, terkadang memang bisa hilang tanpa terapi, walaupun jarang.
      Karena tidak berbahaya, maka tidak wajib diterapi. Terapi biasanya dilakukan karena alasan kosmetik.
      SIlakan Fenny observasi dulu untuk beberapa bulan ya.
      Bila berlanjut atau bertambah banyak, silakan berobat ke dermatologis terdekat ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  6. Dok saya mau tanya kalo laser vbeam ampuh ga ya buat ngilangin urat dipipi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo..
      Secara umum laser Vbeam baik untuk pembuluh darah yang melebar, walaupun tentunya butuh 4-6x terapi dengan interval 1 bulan.
      Namun sebaiknya konsultasi dulu dengan dermatologis terdekat supaya diperiksa apakah jenis pelebaran pembuluh darah di pipinya sesuai dan akan responsif dengan Vbeam ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus
  7. halo dok, sy punya keluhan pelebaran pembuluh darah di dagu, warnanya kemerahan tp ada bagian yg kehitaman juga, sudah pernah dilakukan v beam baru sekali, tp blm dilanjutkan lagi. yg saya mau tanya apakah bisa sembuh 100% dengan menggunakan laser v beam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Agus,
      Vbeam butuh dilakukan 4-6 kali dengan interval 1 bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal ya.
      Walaupun mungkin tidak 100%, rata-rata pasien puas dengan hasilnya.
      Salam kulit sehat..

      Hapus