Atasi kulit kering & gatal dalam 8 langkah


Kulit kering dan gatal merupakan masalah yang umum ditemukan pada berbagai usia. Dulu, masalah kulit kering dan gatal umumnya ditemukan pada usia tua, dimana secara alamiah memang kulit menjadi lebih kering seiring dengan usia. Karena kulit kering, maka kulit mudah gatal. 
Namun di jaman modern ini, masalah kulit kering dan gatal juga dialami oleh kaum muda. Penyebabnya antara lain pola hari-hari yang selalu diruangan ber-AC dan kesalahan pemakaian produk perawatan kulit. 
Nah, bila kulit kering, selain menjadi mudah gatal, kulit juga menjadi tampak bersisik dan tampak tua. Sehingga umumnya selain mengganggu karena gatalnya, juga mengganggu penampilan. 

Yuk, kita pelajari bagaimana mencegah kulit kering & gatal. 

Langkah 1. Rajin menggunakan pelembab setelah mandi.  
Setiap kali mandi, segera oleskan pelembab dalam 3 menit pertama selesai mengeringkan tubuh. Oleskan dalam jumlah yang cukup dan meliputi seluruh permukaan kulit yang mudah kering dan gatal. 
Dengan menggunakan pelembab, maka kelembaban kulit alamiah akan terbantu tersimpan dengan baik, sehingga kulit tidak rentan kering atau retak atau bersisik. 

Langkah 2. Batasi kontak kulit dengan iritan. 
Hindari produk perawatan yang mengandung alkohol karena akan mengeringkan kulit. Demikian juga jangan terlalu sering mencuci tangan. Produk yang harus diwaspadai karena ada risiko menyebabkan kulit kering adalah : Sabun, bubble bath, parfum, kosmetik, deterjen, pembersih rumah tangga, kutex, bensin, terpentin, wol, bulu hewan peliharaan, jus dari daging dan buah-buahan, beberapa tanaman, dan beberapa perhiasan. 

Langkah 3 Hindari berkeringat dan sering kepanasan. 
Keringat dan sering kepanasan akan mempermudah kulit menjadi gatal. Setelah berkeringat dan kepanasan, tunggu hingga kulit kembali normal, setelah itu segera bilas atau lap bersih keringat. 

Langkah 4. Hindari perubahan mendadak dalam suhu dan kelembaban. 
Kenaikan suhu yang mendadak atau penurunan kelembaban dapat menyebabkan kulit mudah gatal. 

Langkah 5. Hindari menggaruk & menjaga kuku pendek.
Menggaruk hanya akan membuat kulit menjadi lebih gatal lagi. Garukan dengan kuku panjang berpotensi melukai kulit dan berisiko infeksi. 

Langkah 6. Pakailah baju katun 
Berpakaian dalam pakaian katun longgar. Hindari kain sintetis, wol, dan bahan lainnya yang terasa kasar saat disentuh. Bahan katun akan terasa lebih nyaman di kulit, disamping itu kulit dapat bernafas lebih baik dan tidak terlalu berkeringat. 

Langkah 7. Bilas bersih baju yang dicuci
Selalu cuci bersih baju baru sebelum digunakan karena mengandung banyak debu dan bahan kimia pewarna yang dapat menyebabkan kulit gatal.  Deterjen dapat memicu kulit mudah gatal dan kering, sedapat mungkin gunakan pembersih yang bebas pewangi, pH netral dan selalu bilas 2x pakaian hingga air bersih tanpa busa. 

Langkah 8. Hindari stress 
Masalah dalam hidup sehari-hari pastinya memicu stress. Lakukan upaya untuk terhindar dari stress dengan rajin olahraga, meditasi teratur dan pola hidup yang baik, sehingga kita dapat me-manage stress dengan baik. 

Demikian, mudah-mudah-an membantu ya..
salam kulit sehat.. 

Komentar

  1. Hi Dokter, mau tanya donk.. Kulit wajahku rasanya kering dan perih setiap saat kenapa ya? Selain itu sensitif banget. Aku uda pakai cetaphil untuk cuci muka dan beberapa macam moisturizer aku coba tapi ga ada yg cocok (cetaphil, philosophy, clarins, skII water, dsb). Satu2nya yg aku coba dan ga gatel di muka sih kiehl. Tapi menurut aku ga membantu dengan kekeringan di muka juga. Gimana ya harusnya? O iya, saat ini aku lagi hamil juga, mungkin pengaruh hormon ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Martina,
      selamat utk kehamilannya ya..
      Ya betul, saat hamil biasanya bisa terjadi perubahan kulit. Perubahan kulit yang terjadi dapat berbeda antara 1 orang dengan lainnya. Perubahannya memang antara lain kulit menjadi lebih kering dan sensitif.
      Untuk perawatan kulit, gunakan sabun dengan pH 5.5 ya supaya sesuai dengan pH kulit dan tidak mengikis pelembab alamiah kulit. Untuk pelembannya, pilih yang mengandung moisturizer seperti urea, asam laktat, ceramide.
      Gunakan hingga 3x sehari, pagi dan sore setelah mandi, dan malam sebelum tidur.
      Semoga membantu ya...
      salam kulit sehat..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pityriasis Alba, si putih yang mirip panu..

Menghilangkan bercak merah bekas jerawat

Keratosis Pilaris alias kulit ayam