A to Z Tanya Jawab : Vitiligo

Teman-teman, 
A to Z Tanya Jawab adalah kumpulan tanya jawab yang pernah dimuat di Majalah Health Today dan Urbanites.. 
Siapa tahu bisa membantu teman-teman yang lain juga.. 
---

T: 

Dear Dr. Dian,
Saya seorang wanita bekerja usia 38 tahun, sejak sekitar 1 tahun ini timbul bercak putih di wajah, yang kemudian meluas ke badan, lengan dan tungkai saya. Saya sudah berobat ke beberapa dokter, dikatakan menderita Vililigo, diberikan obat berupa cairan yang harus saya jemur dipagi hari, namun sejauh ini belum memberikan hasil. Walaupun tidak ada keluhan  gatal atau nyeri, secara penampilan saya merasa amat terganggu. Mohon penjelasan lebih lanjut tentang penyakit ini dan pilihan pengobatan yang ada.
Dewi, Jakarta

J:  
Ibu Dewi yang baik,
vitiligo merupakan penyakit tidak menular yang sering ditemukan, akibat hilangnya pigmen di kulit yang terkena sehingga timbul bercak putih seperti warna kapur tanpa keluhan apapun. Daerah yang sering terkena adalah wajah, bibir, lengan dan kaki serta daerah kelamin. Sampai saat ini penyebabnya belum pasti, kemungkinan proses autoimun, dimana tubuh membuat antibodi yang menyerang sel pigmennya sendiri. 
Area Vitiligo - http-//www.antivitiligotablets.com

Vitiligo - http-//www.oddee.com
Bergantung dari usia, lokasi dan luasnya, pilihan terapi yang ada sangat beragam. Untuk vitiligo yang kecil dan terbatas, pengobatan topical berbentuk cairan, salep, atau krim yang mengandung bahan aktif untuk merangsang pertumbuhan pigmen merupakan pilihan utama. Untuk vitiligo yang luas, dapat dikombinasi dengan pengobatan oral berupa obat minum. 
Selain itu dapat dilakukan penyinaran dengan sinar UV tertentu, misalnya UVB. Saat ini yang dipandang paling aman, adalah penyinaran menggunakan Narrow-Band UltraViolet B (NBUVB). Penyinaran dapat dilakukan untuk langsung seluruh tubuh (cabin-NBUVB) atau yang setempat dengan laser Excilite atau Excimer. Apapun jenis terapi yang dipilih, dibutuhkan pengobatan serial yang teratur. Mudah-mudahan membantu ya bu..  

Komentar

  1. bu saya mia usia 24th,,sudah 2th saya terkena vitiligo di dagu,saya sudah berobat ke dokter sana sini tp lum jug ada hasilnya.mohon petunjuk.

    BalasHapus
  2. Bila terapi krim sudah dilakukan 2 bulan tanpa memberikan hasil, maka sebaiknya beralih ke terapi berikutnya, misalnya dengan menggunakan laser Excilite yang bertujuan merangsang produksi pigmen. Laser ini antara lain tersedia di erha clinic Kemangggisan..

    BalasHapus
  3. dok saya rizky 20th kemarin saya sudah berobat didokter spesialis kulit dan kelamin,dan vitiligo saya berada disekitar kelopak mata,menurut dokter tersebut saya harus terapi exicllite laser,apa diklinik dokter bisa melakukannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rizky,
      Laser Excilte dapat dilakukan di erha clinic Kemanggisan.
      Namun sebelumnya harus berkonsultasi dulu dengan dermatologis di klinik ya.. untuk pemeriksaan langsung untuk menentukan dosis dan programnya..
      salam..

      Hapus
  4. Dokter terima kasih sudah menjawab pertanyaan ku lewat email yang saya kirimkan.
    dokter apa penyebab dan ciri-ciri Pitiriasis Alba sama dengan vitiligo? Dan bagaimana cara menghilangkan bercak2 putih yg ada di tangan saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Berkandi,
      Maaf baru balas ya..
      Penyebab dan ciri-ciri PA dengan vitiligo jauh berbeda ya..

      Untuk PA, silakan dibaca di sini ya.. http://kulitsehatku.blogspot.co.id/search/label/Pityriasis%20Alba

      dan berikut untuk tambahan keterangan vitiligo
      http://kulitsehatku.blogspot.co.id/2010/10/vitiligo-si-putih-yang-ditakuti.html

      Semoga membantu ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pityriasis Alba, si putih yang mirip panu..

Menghilangkan bercak merah bekas jerawat

Keratosis Pilaris alias kulit ayam