A to Z Tanya Jawab : Rosacea

Teman-teman, 
A to Z Tanya Jawab adalah kumpulan tanya jawab yang pernah dimuat di Majalah Health Today dan Urbanites.. 
Siapa tahu bisa membantu teman-teman yang lain juga.. 

---


T: 
Dear Dokter Dian,
Dokter, wajah saya mudah memerah jika kepanasan, terkadang muncul bintil-bintil merah. Daerah tengah wajah (sekitar hidung sampai dagu) kulit saya juga selalu kemerahan dan tidak pernah hilang Saat ini saya berusia 35 tahun. Masalah saya ini diatasi dengan cara apa ya, dok? Terima kasih.
Ayu, Tanggerang

J: 
Dear Mba Ayu,
dalam dunia medis kondisi yang saat ini dikeluhkan disebut sebagai rosasea. Rosacea merupakan kondisi yang sering ditemukan pada pria dan wanita usia 30 – 50 tahun, diawali dengan wajah yang mudah memerah (flushing), yang kemudian menjadi kemerahan menetap terutama di daerah tengah wajah dan mulai tampak pelebaran pembuluh darah kapiler menetap (telangiektasia) dan bintil-bintil merah yang dapat berisi nanah. Pada beberapa pasien, rosacea bahkan dapat mengenai mata. Supaya lebih jelas, saya lampirkan contoh gambarnya berikut area yang sering terkena ya.. 



http-//www.rosacea.org/
http-//www.rosacea.org/




Laser VBeam
http-//www.candelacosmeticlaser.com
Segeralah berobat ke dokter spesialis kulit dan hindari pemakaian krim yang dijual bebas tanpa konsultasi dokter. Dokter akan merekomendasikan kombinasi produk dengan bahan aktif yang tepat sesuai kondisi tiap pasien.  Bila diperlukan dokter akan meresepkan antibiotika oral untuk jangka waktu tertentu. Telangiektasia dapat diatasi dengan laser V-beam yang efektif dan bekerja spesifik pada pembuluh darah yang dituju. 

Hindari pencetus seperti makanan/minuman panas, kafein, alkohol, perubahan temperatur panas/dingin mendadak. Gunakan tabir surya dan hindari produk kosmetik wajah yang mengandung alkohol. Kunci menangani rosasea adalah diganosis dan terapi dini. Ikutilah petunjuk dokter dan berobat secara teratur. Pada fase awal, rosasea dapat diobati. Bila terlambat, rosacea dapat bertambah parah dan sulit diobati. Berikut terlampir pencetus yang harus diperhatikan dan dihindari ya.. 
Tabel Pencetus Rosacea
http-//www.pharmacytimes.com/media/image/RosaceaTable
Semoga penjelasan saya dapat  bermanfaat untuk Mba Ayu ya..




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pityriasis Alba, si putih yang mirip panu..

Menghilangkan bercak merah bekas jerawat

Keratosis Pilaris alias kulit ayam