A to Z Tanya Jawab : Varises

Teman-teman, 
A to Z Tanya Jawab adalah kumpulan tanya jawab yang pernah dimuat di Majalah Health Today dan Urbanites.. 
Siapa tahu bisa membantu teman-teman yang lain juga.. 
---

T: 

Dear Dokter Dian,
Dok, saya wanita karir yang memiliki aktivitas cukup tinggi. Kulit di kaki saya bermasalah dengan varises sejak satu tahun yang lalu. Saya bingung untuk mengatasinya. Bagaimanakah saran dari dokter untuk mengatasi masalah ini dok? Terima kasih untuk bantuannya.
Yuni, Depok

J: 
Dear Yuni,
Varises merupakan pelebaran pembuluh darah permanen berwarna kebiruan, berkelok, dan dapat menonjol dari permukaan kulit. Selain mengganggu penampilan, varises dapat menimbulkan keluhan nyeri, mulai dari nyeri tumpul, nyeri berdenyut-denyut atau rasa panas seperti terbakar. Makin besar pembuluh darahnya, kemungkinan disertai nyeri semakin tinggi, walaupun terkadang pembuluh darah kecil pun sudah dapat menimbulkan nyeri. Varises paling sering ditemukan di tungkai.
http//s3.amazonaws.com/medicina/25/Figura1
Bila menganggu, varises dapat diterapi dengan laser atau skleroterapi (injeksi obat khusus yang dapat menghilangkan varises). Salah satu laser yang dapat digunakan adalah laser V-beam, laser yang bekerja spesifik untuk pembuluh darah. V-beam terbukti efektif dan aman untuk menghilangkan varises kecil. Untuk varises yang lebih besar, dapat dikerjakan skleroterapi, berupa injeksi bahan aktif khusus langsung ke pembuluh darah yang membesar. 

Selain itu, sebaiknya gunakan kaos kaki khusus untuk membantu mencegah timbulnya varises baru. Tidak lupa pertahankan berat badan normal, olahraga teratur, diet tinggi serat, dan gunakan sepatu tanpa hak atau berhak rendah. Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pityriasis Alba, si putih yang mirip panu..

Menghilangkan bercak merah bekas jerawat

Keratosis Pilaris alias kulit ayam