A to Z Tanya Jawab : Psoriasis

Teman-teman, 
A to Z Tanya Jawab adalah kumpulan tanya jawab yang pernah dimuat di Majalah Health Today dan Urbanites.. 
Siapa tahu bisa membantu teman-teman yang lain juga.. 

---
T: 

Yth. Dr, Dian,
Saya adalah seorang pria berusia 41 tahun, sudah 5 tahun ini saya didiagnosis menderita psoriasis. Selama ini penyakit saya sering kambuh, kadang hanya sedikit/ringan, kadang meluas hingga keseluruh tubuh. Selama ini saya sering mendapat obat minum dari dokter, namun penyakit masih sering kambuh. Sebenarnya, apa saja pencetus penyakit ini yang dapat saya hindari, dan adakah pilihan pengobatan selain obat minum?
Yanto, Bandung

J: 
Yth. Bapak Yanto,
Psoriasis memang merupakan penyakit radang kulit menahun dan bersifat kambuhan. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya bercak merah dengan sisik kasar dan tebal berlapis akibat gangguan pertukaran kulit yang lebih cepat dari normal. Berbagai factor seperti stress, kelelelahan, cuaca dingin, kelembaban rendah, obat-obatan tertentu, infeksi, trauma, alcohol, merokok, juga perubahan hormonal seperti pubertas dan kehamilan dapat mencetuskan kambuhnya penyakit ini. 
Area Psoriasis - http-//www.vnar.es/assets/images
Hingga saat ini pengobatan yang ada belum dapat menyembuhkan psoriasis, dan hanya untuk menekan penyakit ini. Sedapat mungkin hindari factor pencetus untuk mencegah kekambuhan. Untuk psoriasis yang luas, selain kombinasi pengobatan topical (salep, krim) dan oral (obat minum), penyinaran dengan sinar UV tertentu juga merupakan pilihan. Saat ini telah tersedia berbagai pilihan terapi topical, oral dan penyinaran dengan Narrow Band – Ultra Violet B (NB-UVB). Penyinaran dengan NB-UVB merupakan pilihan terapi yang efektif dengan efek samping yang minimal. NB-UVB dapat dilakukan untuk langsung seluruh tubuh (cabin-NBUVB) atau setempat (laser Excilite atau Excimer).  Silahkan berkonsultasi dengan dokter spesialis tentang pengobatan yang tepat untuk anda. 
Psoriasis - http-//www.galderma.com/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pityriasis Alba, si putih yang mirip panu..

Menghilangkan bercak merah bekas jerawat

Keratosis Pilaris alias kulit ayam