LASER/IPL Hair Reduction - prosedur mengurangi bulu/rambut yang tidak diinginkan

Disadur dari http-//www.consultingroom.com/
Prosedur untuk menghilangkan rambut dan bulu termasuk salah satu treatment yang banyak diminati oleh pasien. Dahulu hanya wanita yang tertarik dengan prosedur ini, tetapi dengan perkembangan jaman, kini kaum pria pun juga banyak yang menginginkan treatment ini, terutama para pria yang ingin tampil kelimis rapi tanpa bulu berlebihan di wajah.
Untuk wanita, area yang menjadi favorit adalah ketiak (underarm) dan bikini line.
Berbagai klinik pun marak mempromosikan prosedur hair removal dengan berbagai alat laser ataupun sinar, dengan range harga yang amat lebar, dari murah hingga mahal.
Walaupun relative aman, prosedur ini cukup beresiko apabila dikerjakan dengan tanpa keahlian yang memadai, dan juga apabila persiapan dan post treatmentnya kurang sesuai.
Nah sebelum melakukan prosedur ini, sudahkah teman-teman tahu,
apa saja persiapan yang harus dilakukan, apa saja yang harus ditanyakan ke dokter saat konsultasi, apa saja efek samping yang mungkin terjadi
Yuuuk kita bahas bersama…

Laser/IPL memainkan peran penting dalam mengobati berbagai kondisi pada kulit, rambut, dan kuku. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak kemajuan telah dibuat dalam kedokteran laser.
Salah satu kemajuannya adalah dalam Laser/IPL hair reduction. Di masa lalu, hanya orang-orang dengan rambut gelap/hitam dan kulit terang/putih yang dengan aman bisa melakukan prosedur Laser/IPL hair reduction. Kini, Laser/IPL hair reduction adalah pilihan pengobatan untuk semua jenis kulit dan semua warna rambut. Tentunya aser hair removal harus dilakukan sangat hati-hati pada pasien ini. Dermatologists tahu apa yang harus mengambil tindakan pencegahan untuk memberikan Laser hair removal aman dan efektif.
Sebelum kita memutuskan apakah prosedur ini tepat untuk kita, berikut fakta-fakta yang harus ditinjau :

PENTING untuk diingat :
Laser/IPL hair reduction bisa berbahaya di tangan yang tidak berpengalaman. Luka bakar dan lepuh, perubahan permanen warna kulit area yang dikerjakan, dan bekas luka/skar permanen dapat terjadi.
Risiko kemungkinan efek samping akan sangat berkurang bila prosedur dilakukan oleh seorang dokter yang sudah terampil dalam menggunakan laser/IPL nya dan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang kulit dan rambut.

Kapan harus mulai mempertimbangkan prosedur Laser/IPL hair reduction?
Bila kita memiliki bulu berlebihan, namun sudah bosan mencukur, mencabut, atau waxing. Juga bila mulai timbul benjolan-benjolan kecil seperti jerawat di area yang sering di cabut/cukur/waxing.

Apa yang terjadi dalam prosedur Laser/IPL hair reduction?
Berkat kemajuan teknologi, dermatologis kini umumnya menggunakan laser atai IPL  untuk menghilangkan rambut wajah dan tubuh yang tidak diinginkan dengan aman dan efektif.
Menghilangkan rambut yang tidak diinginkan umumnya membutuhkan beberapa sesi terapi. Kebanyakan pasien membutuhkan antara 2 sampai 6 sesi. Setelah itu, sebagian besar pasien sudah merasa puas. Rambut yang tumbuh jumlahnya sedikit, tumbuhnya lambat,  rambut lebih tipis halus dan warnanya tidak terlalu pekat/hitam. Setelah beberapa tahun, umumnya rambut perlahan tumbuh kembali walaupun tidak seperti awal. Prosedur touch up dapat dilakukan pada fase ini.

Berikut mekanisme menghilangkan rambut dengan Laser/IPL : 

Disadur dari http-//www.purerejuvenation.ca/

Laser/IPL Hair Reduction dapat digunakan untuk area mana saja ya?
Alat-alat ini telah dirancang untuk aman digunakan pada sebagian besar bagian tubuh. Umumnya juga alat aman dan efektif untuk digunakan pada area yang luas. Daerah yang sering dikerjakan adalah:
◦ Punggung
◦ Bikini Line
◦ Dada.
◦ Wajah, terutama bibir atas dan dagu
◦ Leher/Rahang
dan lain-lain

Apa yang terjadi selama Laser/IPL hair reduction?
Sebelum pengobatan, area yang akan diobati akan dibersihkan dan dioleskan krim anestesi (krim kebal/anti sakit). Dibutuhkan sekitar 30 sampai 60 menit untuk krim anestesi diserap kulit dan bekerja.
Perawatan laser/IPL akan berlangsung di ruang khusus untuk perawatan laser/IPL. Semua orang di ruangan tersebut harus memakai kacamata pelindung selama prosedur.
Untuk melakukan prosedur, kulit dibersihkan dari krim anestesi dan dioleskan gel pelindung. Setelah itu dermatologis akan menentukan parameter laser/IPL sesuai kondisi kulit dan rambut area yang dikerjakan. Banyak pasien mengatakan bahwa tembakan laser/IPL terasa seperti di’jepret’ dengan karet gelang. Saat laser/IPL menembak, rambut akan ter-evaporasi dan umumnya ada sedikit asap yang memiliki bau khas seperti belerang.
Berapa lama prosedur berlangsung tergantung pada ukuran daerah yang dikerjakan. Area bibir atas hanya akan memakan waktu beberapa menit. Pada area yang luas seperti punggung atau kaki, prosedur dapat berlangsung lebih dari satu jam.

Apa yang harus dilakukan setelah prosedur Laser/IPL hair reduction?
Untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi, semua pasien harus melindungi kulit dari sinar matahari. Setelah Laser/IPL hair reduction, kita harus:
◦ Hindari sinar matahari langsung pada area kulit yang dilakukan prosedur.
◦ Ikuti petunjuk setelah perawatan dermatologis yang melakukan prosedur.

Umumnya kulit tampak kemerahan dan ada titik-titik bengkak kemerahan kecil di area folikel rambut setelah prosedur. Hal ini sering terlihat seperti kulit yang terbakar ringan. Kompres dingin dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan pada area prosedur.

Apakah ada downtime setelah prosedur Laser/IPL hair reduction?
Tidak ada downtime yang berarti. Laser/IPL hair reduction umumnya tidak ada downtime yang memerlukan pasien untuk membatasi pekerjaannya (kecuali paparan sinar matahari langsung).


Butuh berapa kali sesi Laser/IPL hair reduction untuk mendapatkan hasil?
Untuk mendapatkan hasil yang signifikan, kebanyakan pasien perlu 2 sampai 6 kali prosedur. Setelah menyelesaikan serial prosedur, kebanyakan pasien tidak melihat rambut apapun pada kulit area tersebut selama beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun. Ketika rambut mulai sedikit tumbuh kembali, umumnya rambut tumbuh lebih sedikit, lebih lambat, lebih halus dan tidak terlalu hitam.

Kapan hasil dari prosedur Laser/IPL hair reduction mulai terlihat?
Hasil bervariasi dari pasien ke pasien. Faktor yang mempengaruhi hasil anatara lain : warna dan ketebalan rambut, daerah yang dilakukan, jenis laser/IPL yang digunakan, dan warna kulit pasien. Semua faktor ini  mempengaruhi hasil. Umumnya kita mengharapkan pengurangan 10% sampai 15% pada rambut setelah prosedur pertama dilakukan.

Berapa lama hasil Laser/IPL hair reduction akan bertahan?
Kebanyakan pasien tetap merasa puas dengan hasilnya yang bertahan hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Bila rambut mulai sedikit tumbuh, umumnya dibutuhkan prosedur touch up ringan.

Apa efek samping yang mungkin timbul dari prosedur Laser/IPL hair reduction?
Umumnya efek samping yang muncul adalah ringan dan akan menghilang dalam 1 – 3 hingga 7 hari tergantung kondisi kulit tiap pasien.
Efek yang memang umumnya timbul setelah prosedur adalah :
◦. Rasa tidak nyaman atau perih ringan di area prosedur
  Bintik-bintik kemerahan menimbul di area folikel rambut yang dikerjakan
◦ Kemerahan pada kulit sekitar

Efek samping lain yang jarang timbul namun bisa terjadi adalah :
◦ Lepuh
◦ Kulit di area prosedur menghitam 
◦ Kambuhnya infeksi Herpes simpleks
◦ Infeksi sekunder
◦ Rambut di area prosedur tumbuh lebih lebat dari awalnya

Umumnya semua efek samping ini bersifat sementara akan akan menghilang dengan waktu. Namun walaupun jarang, ada beberapa kondisi yang akan menyisakan bekas yang permanen.

Untuk itu, penting untuk mengikuti petunjuk dermatologis. Dengan mengikuti petunjuk persiapan sebelum prosedur dan petunjuk setelah prosedur akan sangat mengurangi risiko efek samping.

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan terapi Laser/IPL hair reduction yang aman dan efektif :
1.    Carilah informasi mengenai dermatologis yang akan mengerjakan terapi Laser/IPL hair reduction
2.    Aktif bertanya saat konsultasi untuk mendapatkan informasi lengkap tentang tindakan Laser/IPL hair reduction yang akan dilakukan, mulai dari persiapan, prosedur, paska tindakan, risiko efek samping dan pencegahannya, jumlah sesi yang dibutuhkan, dan biaya.  
3.    Berikan informasi lengkap ke dermatologis mengenai kondisi kulit, terutama bila ada riwayat : keloid, mudah memiliki bekas luka, kulit baru saja banyak terpajan matahari langsung dan juga bila minum obat-obatan tertentu (pengencer darah, aspirin, isotretinoin).
4.    Ikuti petunjuk dermatologis untuk terapi paska tindakan Laser/IPL hair reduction
5.    Setelah tindakan Laser/IPL hair reduction, sebaiknya menghindari matahari berlebih dan selalu menggunakan tabir surya 30 menit sebelum terpajan matahari. Pilih tabir surya dengan SPF 30+ dan tahan air.

Demikian penjelasan mengenai prosedur Laser/IPL hair reduction.
Semoga jelas ya…


Salam kulit sehat…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pityriasis Alba, si putih yang mirip panu..

Menghilangkan bercak merah bekas jerawat

Keratosis Pilaris alias kulit ayam