Tiruskan wajah dengan BOTOX

Wajah tirus merupakan bentuk wajah yang dianggap cantik oleh sebagian besar wanita, terutama karena wajah tirus mengesankan si pemilik wajah lebih kurus dan feminin. Kebalikannya, wajah yang 'persegi' dengan bentuk rahang kotak terkesan lebih maskulin, sehingga untuk wanita sering dipandang kurang feminin. 

Sebetulnya banyak sebab yang membuat bentuk rahang seperti 'kotak' sehingga bentuk wajah seperti 'persegi'. Ada 4 penyebabnya, yaitu : 1. Tulang rahang bawah atau mandibula yang memang besar sehingga membentuk wajah menjadi kotak/persegi, 2. Timbunan lemak di rahang bawah, 3. Penuaan sehingga kendur daerah pipi kearah rahang bawah, dan 4. otot rahang (musculus masseter) yang besar (baik karena genetik/keturunan, maupun karena gerakan rahang yang hiper/over sehingga ototnya membesar) 

Otot Masseter - Disadur dari http-//www.skincentral.com/
Dengan demikian, terapi untuk men'tirus'kan wajah bergantung dari penyebabnya. Jika penyebab ke-4, yaitu otot rahang yang besar yang menjadi masalah, maka BOTOX bisa menjadi salah satu pilihan terapi. Sebetulnya, penyuntikan BOTOX untuk otot rahang merupakan indikasi off-label, namun cukup banyak dikerjakan dan dari laporan yang ada, memberikan hasil yang cukup bermakna. 

Sebelum tindakan, tentunya harus berkonsultasi dahulu dengan dermatologis untuk diperiksa secara seksama otot rahangnya. Untuk prosedurnya, cepat dan relatif tidak nyeri, aman dan minimal efek samping. Efek samping yang sering dikeluhkan pasien adalah gerakan mengunyah tidak sekuat sebelum penyuntikan. 

Seperti tindakan BOTOX untuk indikasi lainnya, hasil penyuntikan BOTOX untuk otot rahang tidak permanen, hasilnya bertahan 3 hingga 12 bulan bergantung dari dosis BOTOX, besar otot dan keaktifan kerja otot rahang. Untuk mendapatkan hasil ideal, umumnya dibutuhkan beberapa sesi BOTOX dengan interval 3 bulan/x. Setelah hasil yang diinginkan tercapai, pengulangan dilakukan dengan interval lebih panjang sesuai situasi dan kondisi pasien. 

Jadi, ingin wajah tirus? BOTOX bisa jadi salah satu pilihan anda.. 

Salam kulit sehat..

Komentar

  1. Anonim19.08

    dokter... suntik botox ini selain mengecilkan pipi bisa untuk ngecilkan otot di bawah dagu ga? saya punya double chin padahal badan saya kurus... kalau saya mau sunt

    BalasHapus
  2. Halo.. umumnya double chin tidak disebabkan oleh otot melainkan oleh kulit dan lemak.. sehingga BOTOX bukan pilihan terapi yang ideal.
    Untuk daerah double chin, dapat pertimbangkan smartlipo, mesoterapi, dan tanam benang.
    mudah-mudah2an membantu ya..

    BalasHapus
  3. Halo dokter , apakah terapi ini masih berjalan sampai sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ibnu,
      Ya, terapi ini masih berjalan hingga sekarang.
      Tentunya harus berkonsultasi dulu untuk menentukan apakah kita merupakan kandidat yang tepat untuk terapi ini ya..
      Salam kulit sehat..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pityriasis Alba, si putih yang mirip panu..

Menghilangkan bercak merah bekas jerawat

Keratosis Pilaris alias kulit ayam