20110902

Photorejuvenation: Peremajaan kulit dengan laser


Sekarang ini perawatan peremajaan kulit menjadi favorit para wanita (dan juga para pria) untuk selalu tampil segar dan awet muda. Pilihan yang simpel untuk para pekerja kantoran yang sibuk dan waktu terbatas pastinya adalah terapi yang singkat dan minimal down time, sehingga tidak mengganggu aktivitas. Photorejuvenation merupakan terapi yang banyak dipilih pasien. 

Nah, sudah kenal dengan terapi yang satu ini? Kenalan dulu yuk... 

Apa itu Photorejuvenation?
Photorejuvenation adalah tindakan peremajaan kulit dengan merangsang produksi kolagen baru dalam kulit. Photorejuvenation menggunakan laser non-ablatif (tanpa luka), sehingga tidak terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu prosedurnya singkat dan relatif tidak nyeri, serta tanpa pengelupasan.

Apa manfaat Photorejuvenation?
Manfaat utama Photorejuvenation adalah mengembalikan kekencangan kulit dan mempertahankan kulit kencang lebih lama, dan memperlambat timbulnya kendur dan kerut. 
Energi laser Photorejuvenation masuk hingga ke lapisan dalam kulit (dermis), jauh lebih dalam dari Krim atau Peeling. Kemudian terjadilah produksi kolagen baru di lapisan dalam kulit.

Kapan harus mulai melakukan Photorejuvenation?
Photorejuvenation dikerjakan dalam program Rejuvenation, yaitu program peremajaan kulit untuk mengatasi penuaan dini kulit. Umumnya penuaan kulit mulai terjadi di usia 25-30 tahun ke atas. Semakin dini melakukan terapi peremajaan, maka proses penuaan kulit semakin diperlambat, sehingga hasilnya semakin baik.
Revlite Laser
Disadur dari http-//www.skindeep-ma.com

Jenis Photorejuvenation mana yang tepat untuk kulit saya?
Photorejuvenation dapat dilakukan dengan berbagai jenis laser, antara lain:
1.     Photorejuvenation dengan Revlite Laser
Merupakan Photorejuvenation yang tersering dilakukan. Cocok untuk peremajaan pada kulit tanpa masalah, atau dengan masalah flek hitam.
2.     Photorejuvenation dengan V-beam Perfecta Laser
Cocok untuk kulit yang sering/mudah merah, atau dengan masalah telangiektasia (kapiler yang melebar di kulit – dikenal awam sebagai “urat”)

Selain Photorejuvenation, peremajaan dengan laser juga dapat dikerjakan dengan:
1.     Fraxel Laser (FEP – Fractional Epirejuvenation Peeling)
Cocok untuk kulit usia 30-40 tahun ke-atas, dengan masalah kulit yang kasar & kusam, dan pori besar.
Bahasan lengkap tentang FEP, dapat dibaca disini ya...
2.     Smartxide Laser for Rejuvenation
Cocok untuk kulit usia 40-50 tahun ke-atas, dengan masalah kulit yang kendur & kerut, dan skar/lubang bekas jerawat.  



Daerah kulit mana saja yang membutuhkan Photorejuvenation?
Daerah kulit utama tentunya wajah. Daerah kulit lain yang membutuhkan perhatian ekstra juga adalah leher dan tangan. Bila dibutuhkan, Photorejuvenation dapat dikerjakan pada kulit lain seperti punggung, dada, lengan, dan lain-lain.
V beam Perfecta
Disadur dari http-//miomedical.com/

Bagaimana proses Photorejuvenation?
Sebelum tindakan, wajah dioles dengan krim anestesi (krim kebal) selama 30-60 menit. Kemudian laser Photorejuvenation dikerjakan merata keseluruh kulit wajah. Setelah tindakan, kulit wajah tampak pink- kemerahan yang umumnya berlangsung beberapa jam hingga 1-2 hari. 

Berapa kali saya harus melakukan Photorejuvenation?
Untuk mendapatkan hasil optimal, Photorejuvenation dikerjakan 4 (empat) kali, dengan jarak 1 bulan sekali (total proses 4 bulan).
Setelah itu, dikerjakan Photorejuvenation secara berkala untuk mempertahankan hasilnya. Jarak Photorejuvenation ulangan bergantung usia,
Usia 30-40 tahun : Photorejuvenation tiap 3-6 bulan sekali.
Usia 40-50 tahun : Photorejuvenation tiap 2-3 bulan sekali.
Usia 50 tahun keatas : Photorejuvenation tiap 1-2 bulan sekali.

Nah, setelah kenalan.. mudah-mudahan sudah jelas tentang serba serbi Photorejuvenation, sehingga kita dapat memilih secara tepat sesuai dengan kebutuhan kita..

Photorejuvenation juga dapat dikombinasikan dengan Skin Tightening Treatment (STT) yang bekerja di lapisan kulit yang lebih dalam hingga ke otot. Kombinasi Photorejuvenation dan STT akan memberikan hasil yang lebih optimal. Regimen kombinasi akan ditentukan bersama dengan dermatologis, sesuai dengan kondisi kulit masing-masing. Bahasan lengkap tentang STT, dapat dibaca disini ya..

Salam kulit sehat...

14 komentar:

  1. Dear dr.Dian,

    Saya ada bekas jerawat dok, kalau mau melakukan tindakan laser itu pasti mulus sekali/ tidak ya dok? Saya masih umur 22 tahun, tapi untuk laser doker Dian bahwa laser itu cocok untuk 40-50 tahun, apa saya bisa dok? Aman tidak untuk seumuran saya?
    Untuk efek samping laser nya apa ya dok? Bisa menjamin bersih tidak? Bekas jerawat saya sih tidak parah, cuma warna kecoklatan saja, tidak bopeng..
    Terima kasih sebelumnya..

    Fenni

    BalasHapus
  2. Dear Fenni, pengobatan bekas jerawat bergantung dengan jenis bekas jerawatnya. Bila bekas jerawat berupa bercak warna kemerahan, maka terapi terbaik adalah laser Vbeam. Bila berupa bercak warna kecoklatan atau kehitaman, maka terapi yang tepat adalah krim dan chemical peeling. Bila berupa lubang/skar, maka pilihan terapi adalah chemical peeling, dermaroller dan laser. Laser yang tepat untuk lubang/skar adalah Fraxel atau Smartxide.
    Untuk laser peremajaan sendiri, di usia Fenni, biasanya belum diperlukan, kecuali ada hal khusus, misalnya menjelang pernikahan/acara penting, karena laser peremajaan akan membuat kulit tampak segar, cerah dan bercahaya. Apalagi tindakannya relatif singkat dan minimal down time, dengan risiko efek samping amat minimal juga. Yang paling sering dilakukan adalah laser peremajaan menggunakan medlite laser.
    Demikian, mudah-mudahan jelas ya..

    BalasHapus
  3. Salam kenal dok, saya yuki. Usia saya 37 thn, di wajah saya terdapat flek hitam dan pori - pori besar. Bila saya ingin perawatan wajah dengan menggunakan laser, laser apakah yang tepat untuk masalah wajah saya. Dan apakah laser ndyag dan laser revlite itu sama? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Yuki..
      Dengan masalah flek hitam dan pori besar, peremajaan dengan laser yang tepat sepertinya memang menggunakan Revlite Laser. Tentunya untuk memastikan, butuh konsultasi langsung dengan dermatologis ya..
      Ya betul, Revlite laser adalah termasuk jenis q-switched nd-YAG laser.
      nd-YAG merupakan jenis panjang gelombang laser, dan Revlite adalah brand-nya.
      Salam...

      Hapus
  4. halo dokter, saya vira 20 tahun, saya sudah lama menggunakan krim erha untuk jerwat dan karena ktrbatasan waktu dan uang, saya ga rutin kontrol, saya sudah menderita jerawat dari umur 15 tahun dan utk pertama kalinya saya ke erha umur 16 tahun, selama itu saya baru laser vbeam satu kali, mohon maaf dok, kenapa harga kedatangan pertama dan kedua berbeda ? apa yang membuat beda dok ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Vira,
      Maaf apakah Vira berobat dengan saya atau bukan ya?
      Harga tindakan Vbeam tergantung dari jumlah pulsa yang digunakan. Sebelum tindakan Vbeam, sebaiknya Vira tanyakan dulu ya, ke dermatologis nya, berapa pulsa yang rencananya akan digunakan, supaya dapat memperkirakan biaya-nya.
      Mudah-mudahan membantu ya..
      Salam..

      Hapus
  5. hai dokter, saya punya bekas luka semenjak 7 tahun lalu karena kecelakaan, itu bekas knalpot. Saya sudah gunakan berbagai macam krim tp tidak mau hilang. Kira-kira perawatan apa yg pas buat saya dok? dan costnya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nenik,
      Untuk bekas luka knalpot yang lama, memang biasanya sulit hilang sempurna. Tujuan terapi adalah untuk menyamarkan saja. Krim harian dengan bahan aktif akan diberikan dermatologis, selain itu tindakan rutin teratur seperti Chemical Peeling dan Laser QS NdYag dapat dilakukan untuk mempercepat proses penyamarannya.
      Sebaiknya konsultasi dulu dengan dermatologis terdekat untuk dilihat langsung kondisinya dan didiskuksikan terapi yang terbaik ya..
      Salam..

      Hapus
  6. Dok, laser vbeam apakah langsung terlihat hasilnya? Ataukah harus berkali2? Setelah laser apakah kulit menjadi rusak ataukah langsung berubah? Makasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Jessica,
      Umumnya butuh 4x terapi untuk mulai melihat hasil dari terapi.
      Tentunya tidak ada kerusakan kulit.
      Setelah tindakan kulit tampak agak merah yang berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari tergantung jenis kulit pasien.
      Salam..

      Hapus
  7. Dok mau nanya, klo ada urat2 halus di wajah tipis2 itu tindakan apa yg plg efektif untk menghilangkanx dok? Harus brp kali treatment n kira2 biayax hbis brpa klo di erha clinic dok? mkasi byk sblmx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Kinanti,
      untuk urat halus diwajah, umumnya dilakukan laser Vbeam untuk memudarkan nya..
      keterangan lebih lengkap dapat dibaca di sini ya..

      http://kulitsehatku.blogspot.com/search/label/Bercak%20merah%20di%20Wajah

      Untuk harga silakan hubungi erha clinic terdekat ya...

      Salam kulit sehat..

      Hapus
  8. dok saya punya tanda lahir di pipi kanan.
    laser yg tepat untuk menghilangkan menggunakan jenis laser apa ya dok dan kira2 berapa kali terapi bisa hilang. laser pigmen atau photorejuv dok.
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ryzal,
      laser untuk tanda lahir dapat beragam sesuai dengan jenis tanda lahirnya. Bila berupa pigmentasi maka digunakan laser pigmen. Bila berasal dari pembuluh darah, maka digunakan laser vaskular.
      Silakan berkonsultasi dengan dermatologis terdekat untuk menentukan jenis laser yang tepat ya..
      Salam kulit sehat...

      Hapus